Tips Public Speaking dalam Kondisi Mendadak atau Tidak Siap

Tips Public Speaking dalam Kondisi Mendadak atau Tidak Siap

Diposting pada

Berbicara di depan umum (public speaking) dalam kondisi mendadak tanpa adanya sebuah persiapan memang tidaklah mengenakan. Pasalnya tidak semua orang mampu berbicara dengan baik dalam kondisi seperti itu.

Ada orang yang rela melakukan apa saja, hanya demi tidak disuruh berbicara di depan umum karena saking takutnya, dan ada juga yang ikhlas menerima, bersedia berbicara di depan umum meskipun kurang maksimal.

Tidak mudah memang berbicara di depan umum dalam kondisi tiba-tiba seperti itu, karena semuanya terjadi tanpa persiapan dan tanpa disadari. Saya pernah mengalaminya, dan menurut saya, semua bisa saja terjadi kapan pun dan dimana pun.

Lantas apa sih tips yang harus dilakukan agar ketika berbicara dalam kondisi mendadak seperti itu, kita jadi lancar dan maksimal. Kebetulan artikel saya kali ini, akan membahas tipsnya. Berikut adalah tips public speaking dalam kondisi mendadak dan terpaksa.

Tips Public Speaking #1 – Mengandalkan Pengalaman dan Insting

Untuk bisa public speaking dalam kondisi mendadak / tiba-tiba, nampaknya memang agak sulit. Tidak semua orang bisa, namun tentu tak ada salahnya jika anda mencoba menerapkan tips yang satu ini.

Berusahalah untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu, yakni dengan cara memperbanyak pengalaman, tentunya agar insting anda semakin baik. Semakin banyak pengalaman yang anda lakukan dalam hal public speaking, semakin membuat anda menjadi terbiasa.

Pengalaman seperti apa yang saya maksud?, Pengalaman yang sesuai dengan lingkungan sekitar anda. Sebagai contoh, anda adalah seorang pelajar, maka perbanyak pengalaman anda untuk aktif berbicara di dalam forum kelas, entah itu sekedar bertanya, atau menjelaskan dan mempresentasikan sesuatu. itu semua terserah anda, yang terpenting anda memiliki banyak pengalaman public speaking.

Sehingga ketika anda berada dalam kondisi mendadak, anda setidaknya tidak terlihat bodoh di depan banyak orang. Meskipun terkadang tidak sempurna, setidaknya anda sudah bisa mencapai standar.

Baca Juga : Cara Agar Lancar Berbicara di Depan Umum

Tips Public Speaking #2 – Berbicaralah Semampu dan Sebisa Anda

Ini merupakan bagian teknik, pada saat ini anda benar-benar harus berusaha maksimal sebisa dan semampu anda. Tunjukan semua kekuatan anda. Mulailah dengan cara tersenyum, ini akan membuat anda sedikit lebih rileks dan tenang. Kemudian selanjutnya mulailah berbicara dengan basa-basi ringan dan tidak terlalu panjang.

Di lima menit awal mungkin terasa kurang percaya diri, namun yakinlah setelah melewati beberapa saat anda akan menjadi lebih tenang, bahkan anda sangat senang berbicara banyak di hadapan banyak orang.

Baca Juga : 7 Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Public Speaking

Penutup

Demikian tips singkat, cara public speaking dalam kondisi mendadak atau sedang tidak siap yang dapat saya sampaikan kali ini. Terimakasih banyak sudah bersedia membacanya, semoga bermanfaat untuk anda.

Simak Juga Versi Videonya !!!

16 thoughts on “Tips Public Speaking dalam Kondisi Mendadak atau Tidak Siap

  1. Kemampuan berbicara mendadak di depan publik seperti ini sepertinya yang sudah punya banyak pengalaman jadi pembicara ya, mas .., kalau pemula pasti bingung juga gelagapan mau menyampaikan apa.
    Di kepala sih sudah tercantum apa yang akan disampaikan ke publik, tapi giliran berbicara mandeg kata-kata yang keluar :).

    Beruntung mas Roli ngasi panduan ngatasinnya.

  2. Iya nih, kadang-kadang suka bingung sendiri kalo tiba-tiba ditunjuk sama guru buat presentasi dadakan. Ane juga bukanlah orang yang bisa dan gampang buat ngomong. Tapi, berkat tekat dan insting seperti yg dipostingan ini sebutkan, ane lumayan bisa ngelewatin itu. Huehehehe.

  3. Tipsnya sederhana tapi menarik.
    Benar banget.
    Kalau di suruh maju ke depan mendadak, lebih baik bicara sebisanya, nggak perlu dipaksakan.
    Tapi, orang-orang masih suka memaksakan.
    Akhirnya jadi berantakan.

    Terima kasih Kak tipsnya.

  4. wah tipsnya menarik, bermanfaat dan bener banget mas. Aku dulu orangnya pendiem, jarang ngomong apalagi didepan umum… eh skarang ditakdirkan untuk jadi dosen yang notabene harus sering ngomong dan banyak ngomong. Kalau ngomong kasih materi sih masih oke, terkadang ngomong dalam acara-acara yang suka dadakan ngasih mic ke dosen, nah itu ikut-ikutan bingung… Bener sih rileks dan tenang adalah kuncinya, karena kalo kita ngomong depan umum, pasti kita akan jadi pusat perhatian, kalau gak tenang, kita juga pasti bingung mau nyampe’in apa.

  5. Dari sekolah SMP saya sudah terbiasa berbicara di depan orang banyak, khususnya dipanggung atau dalam setiap perkumpulan. Yang penting jangan takut salah karena hal itu adalah lumrah. Dan pastinya harus sesekali diselingi humor biar pendengar tidak bosan untuk terus memperhatikannya.

  6. Kalau saya sendiri sih memang tidak pernah mengalami, krn saya kurang pandai bicara. Bahkan sulit untuk percaya diri. Latihanpun juga gak pernah. Kayaknya memang gak bakat saya jadi pembicara di depan umum.

  7. Harus banyak belajar dari kak roli nih.. kebetulan kadang agak sulit memanage deg2an sehingga buyar semua yang udah dipersiapkan.. terkadang kudu pd ya kang kalau pas ada dadakan public speaking gini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *