7 Tips Menjadi Orang yang Tegas dan Bijaksana

7 Tips Menjadi Orang yang Tegas dan Bijaksana

Diposting pada

7 Tips Menjadi Orang yang Tegas dan Bijaksana | Menjadi pribadi yang tegas bukan berarti seseorang akan menjadi keras dan kasar. Tegas yang saya maksud disini adalah tegas dalam hal positif.

Misalnya seseorang yang tegas kepada dirinya untuk disiplin agar menjadi pribadi yang lebih baik. Orang tua yang tegas kepada anaknya agar anak-anaknya bisa lebih menghargai orang tuanya. Seorang pemimpin yang bersikap tegas kepada bawahanya demi mencapai tujuan organisasinya, dan masih banyak lagi contoh lainya.

Sikap tegas bisa memberikan banyak keuntungan bagi diri seseorang. Pada saat seseorang mampu bersikap tegas dalam keseharianya, dia akan lebih di pandang, berwibawa, dan tentunya bijaksana oleh orang lain.

Jika anda sudah mengerti tentang ketegasan, mengapa kita harus tegas dan manfaatnya apa bagi diri kita, maka sekarang kita lanjut pada tipsnya. Kira-kira bagaimana sih caranya agar kita bisa menjadi tegas dan bijaksana.

Dalam artikel yang saya tulis kali ini, saya telah mengupas ada sekitar 7 tips yang bisa diterapkan untuk bisa menjadi pribadi yang lebih tegas dan bijaksana. Penasaran dengan tipsnya? Simak penjelasan berikut !

1. Berani untuk Terus Terang

Terus terang saja, ungkapkan pada diri sendiri tentang apa yang anda inginkan. Jika anda ingin pribadi anda menjadi lebih baik, maka katakan “saya harus tegas dalam menetapkan target, impian saya dengan cara meningkatkan produktivitas diri saya”

Jika masalahnya adalah diluar dari diri anda, misalnya seperti sikap kepada orang lain, maka terus terang saja, ungkapkan persoalan anda kepada orang lain, katakan dengan penuh keyakinan maka anda sudah bisa menjadi pribadi yang lebih tegas.

2. Berbicara dengan Tegas tanpa Ragu

Masalah ketegasan yang sering kita temui terkadang selalu berhubungan dengan orang lain. Katakan saja contohnya misalkan ada orang yang ingin meminjam sesuatu kepada kita, namun kita tidak bisa karena alasan yang sangat penting, maka kita bisa mengutarakan alasan dengan tegas, tanpa sebuah keraguan, saya yakin secara perlahan kita akan terbiasa menjadi pribadi yang lebih tegas.

3. Pahami Situasi

Kadang dalam situasi tertentu ada saja orang yang membutuhkan diri kita. Misalkan saja ada salah seorang yang ingin meminjam uang kepada kita. Pada saat itu kita juga sedang butuh-butuhnya, atau bahkan kita jauh lebih butuh. Disitulah ketegasan kita dibutuhkan, jangan hanya melihat faktor sungkan, namun kita juga harus melihat kondisi kita, bahwa kita juga sangat butuh dan jauh lebih membutuhkan dibanding dia.

4. Jangan Mudah Terpengaruh Orang Lain

Mudah terpengaruh dengan omongan orang tidak mencerminkan diri anda tegas. Anda akan terlihat seperti boneka yang diatur dan dikendalikan oleh orang lain. Ingatlah anda adalah manusia yang memiliki jiwa, di mana anda bisa menentukan banyak kebijakan di dalam diri anda, termasuk juga rasa tanggung jawab anda dalam bersikap tegas.

Baca Juga : 5 Cara Mempengaruhi Orang Lain Dalam Hal Apapun

5.  Selalu Berpikir Sebelum Bertindak

Sebelum anda bertindak, biasakan diri untuk berpikir terlebih dahulu. Jangan sampai anda menyesal dengan kebijakan yang anda ambil tanpa memikirkan dengan matang akibat yang bisa saja ditimbulkan.

6.  Bicara Tanpa Menyakiti

Jika memang anda menolak untuk membantu orang lain dikarenakan anda benar-benar tidak bisa. Maka belajarlah untuk mengungkapkanya dengan cara yang baik. Usahakan hubungan anda dengan orang lain tetap terjalin, tanpa terjadi sebuah konflik yang sia-sia.

7. Temukan Solusi

Tips yang terakhir, berusaha untuk memberikan sebuah solusi dari segala macam masalah yang ada. Ketika kita menolak sesuatu dengan tegas, tentu harus ada opsi lain yang mana itu merupakan sebuah solusi yang tepat dalam kebijakan yang diambil. Sehingga dengan demikian, kita akan dipandang bijaksana dalam bertindak.

Demikianlah 7 Tips Menjadi Orang yang Tegas dan Bijaksana. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga apa yang anda baca ini, bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan anda kedepanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *