Cara mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab

Cara Mengambil Keputusan yang Tepat dan Bertanggung Jawab

Diposting pada

Cara Bertanggung Jawab dalam Mengambil Keputusan yang Tepat – Tak bisa dipungkiri, seringkali kita dihadapkan dengan berbagai macam pilihan di dalam hidup ini. Mulai dari pilihan dalam keluarga, pekerjaan, hingga lingkungan masyarakat.

Kita tidak bisa menghindar dan menjauhkan diri kita dari berbagai pilihan tersebut. Sebagai manusia yang baik, kita harus memilih yang terbaik, mana yang sekiranya dapat memberikan kebermanfaatan.

Dalam kesempatan yang baik ini, barangkali anda secara tidak sengaja menemukan artikel ini, mencoba mencari tahu cara menentukan keputusan yang tepat, bijaksana, dan bertanggung jawab. Maka anda sedang membaca artikel yang tepat, artikel ini sesuai dengan permasalahan anda saat ini.

5 Cara Mengambil Keputusan yang Tepat dan Bertanggung Jawab

Ada beberapa langkah yang bisa anda ambil dalam menentukan keputusan yang baik, tepat dan bertanggung jawab. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pelajari Permasalahanya

Untuk dapat menentukan keputusan yang tepat, langkah awal yang bisa anda lakukan adalah mempelajari terlebih dahulu akar dari permasalahan yang anda alami. Pikirkan dampak baik dan buruk yang sewaktu-waktu bisa terjadi saat anda menentukan sebuah keputusan. Saya percaya anda memiliki insting yang baik untuk ini, gunakanlah pemikiran anda dengan maksimal dalam mempertimbangkan keputusan anda.

2. Mencari Data Pendukung Lalu Analisis

Setelah anda mengetahui permasalahanya, selanjutnya anda bisa mencari data-data yang mendukung solusi permasalahan anda. Dalam memilih keputusan, anda harus melihat dan mempertimbangkan pilihan yang lebih menguntungkan, dengan melihat perkiraan dampak serta berdasarkan data yang ada.

Contohnya misalkan, anda dihadapkan pada dua pilihan calon pendamping hidup. Nah diantara kedua calon ini, tentu anda harus mencari data-data pribadinya dulu dong.

Kalau calon si A data nya lebih sesuai dengan diri anda dibanding calon si B, maka anda dapat mempertimbangkan keputusan anda untuk memilih calon A, begitupun sebaliknya. jadi prinsipnya, lihat dulu datanya dan pelajari, kemudian tentukan pilihan anda.

3. Diskusikan dengan Orang yang Berpengalaman

Selain dengan cara memikirkan sendiri, anda juga bisa meminta bantuan orang yang sudah berpengalaman. Anda bisa mengajukan pertanyaan kepada dia, curhat kepada dia tentang persoalan yang anda hadapi. Percayalah ini jauh akan lebih bijak daripada hanya mengikuti ego diri sendiri.

4. Ambil Keputusan dengan Kepala Dingin

Untuk menentukan keputusan yang benar-benar tepat, berusahalah mengambil keputusan pada saat kondisi anda sangat baik (tenang). Jangan coba-coba untuk mengambil keputusan pada saat kondisi anda sedang marah, nanti takutnya keputusan anda hanya akan menjadi pelampiasan dari rasa amarah anda, sehingga khawatirnya anda akan menyesal dikemudian hari.

5. Berani Bertanggung Jawab 100% Atas Keputusan yang Dibuat

Poin penting selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah beranikan diri untuk mengambil keputusan dan bertanggung jawablah. Apa yang anda pilih itu semua harus berdasar pertimbangan anda, bukan karena faktor tertekan oleh pihak lain, semua betul-betul murni dari diri anda sendiri.

Sehingga apabila keputusan itu murni dari diri anda sendiri, anda akan lebih mantab dan siap dalam menentukan pilihan yang tepat, dan juga anda lebih berani bertanggung jawab terhadap kemungkinan apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Kesimpulan

Sebenarnya di dalam hidup ini tidak ada keputusan terbaik tanpa adanya resiko, semua pasti akan ada resikonya, walau mungkin persentasenya tidak besar. Jadi, tidak ada salahnya bila anda mempelajari dan menerapkan beberapa tips mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab, yang sudah saya jelaskan diatas. Saya berharap ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam melangkah, semoga pilihan anda dapat sesuai dengan yang anda harapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *