5 Tips Berpidato dengan Baik dan Menarik

Cara berpidato dengan baik dan menarik

Cara Berpidato yang Baik dan Menarik – Sebetulnya dalam berpidato tidak ada yang spesifik untuk di pelajari. Semuanya standar saja, apa yang dikira penting dan tidak penting itulah yang diperhatikan.

Namun, dalam implementasinya, masih saja banyak orang yang kebingungan. Bagaimana sih caranya berpidato yang baik?, Saya disuruh sama guru saya untuk membawakan sebuah pidato dihadapan teman-teman saya, tapi sampai hari ini saya masih belum paham bagaimana berpidato yang baik dan menarik.

Jika anda adalah salah satu orang yang merasa kesulitan dalam berpidato, maka anda datang ke leman yang tepat. Disini saya akan sharing kepada anda, lebih tepatnya mengajak anda untuk bersama-sama belajar tentang cara berpidato yang baik.

Pidato yang baik, adalah pidato yang mampu dilakukan dengan lancar, tanpa kendala dan dapat memberikan kepuasan kepada audiens yang mendengarkanya. Sepertinya simple bukan?

Betul sekali, ini memang simpel, cukup bicara lancar dan bawakan sebuah materi maka anda sudah bisa berpidato dengan baik.

Namun seperti yang sudah saya katakan diatas, dalam pengaplikasianya yang ternyata agak sulit. Tidak semua orang bisa membawakan pidato dengan baik.

Dalam berpidato, terdapat dua cara. Ada yang menggunakan teks dan ada juga yang tanpa menggunakan teks. Saran saya kalau ingin pidato menjadi menarik dan memukau, sebaiknya jangan menggunakan teks.

Mungkin boleh lah sekali atau dua kali menggunakan teks, tapi hanya pada saat tertentu saja, misalkan seperti dalam keadaan mendesak.

Sampai sini, sudah cukup pengenalan tentang pidatonya? Jika sudah, kita akan lanjut membahas bagian terpenting dari artikel yang saya tulis ini.

Bagaimana Cara Berpidato dengan Baik dan Menarik?

1. Kenali Audiens Anda

Sebelum berpidato, anda pastinya memiliki waktu untuk belajar. Entah itu satu minggu, tiga hari, atau mungkin satu hari. Yang jelas pasti ada waktu untuk mempelajarinya.

Yang paling mendasar disini yang harus anda perhatikan adalah, siapa kira-kira audiens anda. Berapa jumlahnya, usia nya rata-rata berapa, kemudian gendernya bagaimana, apakah di dominasi kaum pria atau wanita.

Dengan anda mengetahui audiens anda, maka anda lebih enak dalam menentukan gaya pembawaan seperti apa. Misalkan audiens anda di dominasi anak muda, ya pasti donk anda akan membawakan gaya pidato yang friendly dengan anak muda.

Begitupun dengan yang lainya, anda harus menyesuaikan diri dengan kondisi audiens anda pada saat pidato nantinya.

2. Pilihlah Tema Pidato yang Relevan

Tema pidato tidak bisa ditentukan se enaknya saja. Perlu untuk diketahui, pada saat itu anda membawakan pidato dalam rangka apa. Apakah ada kaitanya dengan hari-hari besar, atau acara-acara tertentu?, Silahkan anda sesuaikan tema anda dengan kondisi yang relevan pada saat itu.

3. Menyusun Kerangka Pidato

Setelah anda sudah menentukan tema apa yang akan anda bawakan dalam pidato anda, maka sesegera mungkin anda menyusun kerangka pidato yang akan anda bawakan. Pertama buatlah kerangka pembukanya, dilanjutkan dengan isinya, kemudian yang terakhir adalah penutupnya.

Sekedar tambahan, dalam menyusun kerangka pidato ini, anda bisa menambahkan selingan jokes atau apa saja yang dirasa perlu untuk disampaikan. Bukan hanya yang wajib saja, melainkan yang sifatnya menghibur sepeti jokes juga patut anda pertimbangkan untuk dimasukan dalam kerangka pidato yang anda buat.

4. Perhatikan Suara dengan Baik

Setelah kerangka pidato sudah jadi, maka lanjut ke bagian actionya. Ini adalah bagian terpenting dari pidato anda. Sukses atau tidaknya pidato anda, sangat ditentukan oleh bagian ini.

Anda harus berbicara dengan baik. Perhatikan suara anda, jangan sampai suara anda kecil hingga tidak terdengar oleh audiens.

Bukanya audiens menjadi semangat mendengar anda berpidato, nanti malah takutnya audiens bakal ketiduran karena tidak mendengar suara anda saat berpidato.

Baca juga artikel terkait : Cara Mengatur Intonasi Suara Dalam Public Speaking

5. Gunakan Body language

Body language disini juga penting, sebagai pelengkap kegiatan komunikasi anda. Berikan gerakan yang sesuai dan singkron dengan apa yang anda sampaikan. Supaya pidato yang anda bawakan akan terlihat lebih hidup.

Baca juga artikel terkait : 6 Cara Mengatur Body Language Dalam Public Speaking

Kesimpulan

Dari kelima tips berpidato baik dan menarik yang saya uraikan diatas, apakah masih ada yang anda bingungkan? Semoga saja tidak ada. Namun jika ada, maka tidak ada salah nya anda menonton video tips Public Speaking di channel youtube saya, agar informasi yang anda dapatkan lebih lengkap lagi.

Channel Youtube Public Speaking : HowToSpeak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here