3 Tahapan Mudah Belajar Public Speaking Dijamin Pasti Bisa

Diposting pada

Belajar public speaking merupakan hal yang sebenarnya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, walaupun terkadang masih banyak orang yang menyepelekanya. Kendati demikian, ada juga beberapa orang yang mau mempelajarinya. Bahkan anda yang membaca artikel ini pun juga mungkin salah satu diantaranya.

Banyak orang merasa kesulitan ketika disuruh berbicara di depan umum. Mulai dari masyarakat umum sampai dengan kelas mahasiswa yang terkadang setiap harinya selalu berhadapan dengan presentasi juga kadang merasa kesulitan saat disuruh berbicara di depan umum.

Berbicara di depan umum atau dalam bahasa keren nya public speaking merupakan salah satu skill yang tidak dimiliki oleh semua orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menguasai ilmu public speaking.

Walau begitu sebenarnya ilmu public speaking juga bisa di pelajari oleh siapa pun. Yang sebelumnya mungkin tidak bisa, tidak menutut kemungkinan setelah melakukan pembelajaran ia bisa menguasai ilmu public speaking.

Beberapa tahun yang lalu saya masih ingat, Ketika itu saya disuruh menyampaikan sesuatu di hadapan umum, saya seperti tidak bisa berbicara. Bicara saya seperti terbata-bata, itu mungkin karena saking takutnya saya dengan audiens.

Namun, seiring dengan berjalanya waktu dan seiring dengan banyaknya pengalaman yang sudah saya alami, sedikit-demi sedikit saya memberanikan diri untuk memulai public speaking, hingga akhirnya saya pun bisa dan kini sudah sedikit terbiasa.

Belajar public speaking itu butuh proses, tidak secepat kita membalikan telapak tangan, jadi butuh waktu untuk menguasainya. Ada beberapa tahapan yang bisa di terapkan bila ingin belajar public speaking. Tahapan ini saya ambil dari pengalaman yang sudah pernah saya alami sebelumnya.

1. Ikuti Perkumpulan

Saya belajar public speaking dari mengikuti perkumpulan atau organisasi yang ada di sekitar saya, jadi selama saya menjadi mahasiswa, saya aktif dalam berorganisasi sehingga disana banyak peluang yang bisa saya lakukan dalam belajar public speking. Contohnya misalkan seperti bisa memberikan argument dan opini pada saat rapat, bisa menjadi MC pada saat mengadakan kegiatan, dan masih banyak lagi peluang lainya.

Bisa juga dengan mengikuti organisasi non mahasiswa yang ada di masyarakat, misalnya keremajaan dan lain sebagainya. Jadi buat anda yang ingin public speaking nya baik, wadah yang paling tepat untuk praktik adalah perkumpulan / organisasi.

Baca Juga : Belajar Public Speaking Gratis

2. Perbanyak Latihan

Saya belajar public speaking dengan cara latihan. Biasanya dipagi hari sebelum saya mandi saya melakukan latihan belajar berbicara. Ini memang terkesan aneh tapi ya inilah cara saya belajar dan setelah saya rutin melakukan hal ini saya merasakan dampak yang luar biasa dalam public sepaking saya.

Terjadi sebuah peningkatan daripada sebelumnya, mulai dari gaya saya berbicara, intonasi suara sampai dengan susunan kata-kata yang saya gunakan sudah lebih baik. Saya menyarankan anda untuk melakukan cara yang ini, manfaatnya sudah saya rasakan.

Baca Juga : Cara Belajar Public Speaking dalam 5 Langkah

3. Rekam Diri Anda

Menurut saya yang ketiga ini adalah cara yang paling ampuh untuk menjadikan diri anda pembicara yang baik. Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan merekam diri sendiri saat berbicara. Cobalah rekam diri anda saat berbicara, setelah merekam anda bisa menonton kembali video yang anda rekam tadi, nah disana anda akan bisa mengoreksi diri anda sendiri, sehingga anda pun bisa memperbaiki gaya berbicara anda, intonasi suara anda, body language anda, dan bahkan bagaimana ekspresi anda saat berbicara pun juga bisa anda evaluasi disana.

Jadi kalo orang jaman dulu belajarnya di depan cermin maka anda sekarang kan hidup di jaman modern, anda harus bisa menyesuaikan belajar dengan cara masa kini yakni memanfaatkan gadget yang anda punya.

Demikian artikel saya yang berjudul “3 Tahap Mudah Belajar Public Speaking Dijamin Pasti Bisa” semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *