Kuliah Salah Jurusan, Solusinya Gak Harus Pindah Kok

Solusi terbaik untuk mahasiswa yang kuliah salah jurusan

Solusi Mahasiswa yang Kuliah Salah Jurusan – Kemarin malam, saya mengecek beberapa chat yang masuk di media sosial saya. Disana saya menemukan sebuah pertanyaan yang menarik untuk dibahas. Isi dari pertanyaan itu adalah :

“Bang, Gimana solusi bagi mahasiswa yang salah jurusan. Apakah harus pindah? atau ada solusi lain?”

Membaca pertanyaan itu, saya pun kepikiran untuk menjawabnya dengan cara menuliskan artikel singkat di website ini.

Sebelum anda lanjut membaca tulisan ini, saya menyarankan anda untuk membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul 6 Penyebab Utama Banyak Mahasiswa Salah Jurusan.

Jika anda termasuk dalam kategori mahasiswa yang salah masuk jurusan. Jangan risau, gak usah pusing. Dibalik masalah yang dihadapi pasti ada jalanya kok, anda cukup tenang aja dulu, simak artikel saya ini, semoga saja bisa memberikan solusi.

Salah Jurusan itu Biasa !!

Kalau kita melakukan survei terhadap mahasiswa salah jurusan yang ada di seluruh kampus di indonesia, maka jumlahnya sudah pasti sangat banyak sekali. Bahkan sampai-sampai ga bisa dihitung karena saking banyaknya.

Alasan mereka salah jurusan bermacam-macam. Ada yang salah jurusan karena dulu belum tahu apa-apa tentang kuliah yang ingin dimasukinya, ada juga yang beralasan salah jurusan karena dipaksa oleh orang tuanya.

Namun terlepas dari itu semua, banyak kok orang diluar sana yang berhasil sukses, walau dulu semasa kuliah dia salah jurusan.

Sukses dalam pekerjaan itu tidak melulu soal jurusan yang selaras, kadang ada orang yang sukses dalam pekerjaan walaupun dulu kuliahnya tidak singkron dengan bidang pekerjaan yang digelutinya saat ini.

Jadi, buat anda yang hari ini galau dan frustasi karena salah jurusan. Stop prustasi!! Stop Galau !!, Bersemangatlah !! Anda tidak sendiri, banyak orang yang bernasip sama dengan anda, namun bisa menjadi orang yang sukses dan berhasil.

5 Solusi Mahasiswa Bagi Mahasiswa yang Salah Jurusan

1. Anda Bisa Mengembangkan Passion

Masa-masa kuliah adalah masa dimana anda memiliki banyak kesempatan untuk mengekspresikan diri anda. Ada banyak peluang untuk menggali dan mengembangkan potensi diri anda. Walaupun anda salah jurusan, tetaplah gali potensi dan skill anda, sebab inilah yang akan menjadi nilai anda ketika sudah lulus dari kampus nantinya.

Baca Juga : 5 Cara Agar Menemukan Potensi Diri Sendiri

2. Membuat Daftar Impian dan Target Pencapaian

Memiliki daftar impian itu penting. Bagaimana arah langkah anda kedepanya semua ditentukan oleh mimpi dan tujuan anda. Dengan begitu juga anda akan tahu apa yang harus anda lakukan kedepanya.

3. Ikuti Banyak Workshop dan Pelatihan

Semua kampus di indonesia pasti memiliki banyak kegiatan, salah satunya mungkin seperti workshop/pelatihan. Anda bisa mengikuti kegiatan ini untuk meningkatkan skill anda. Dengan memiliki skill, anda akan menjadi mahasiswa yang berkualitas, bukan hanya dari segi akademis saja namun juga dalam bidang lainya.

4. Kuliah Sambil Membangun Aset Masa Depan

Siapa bilang mahasiswa yang salah jurusan tidak bisa berbuat banyak? Ternyata anda bisa juga membangun banyak aset yang bisa anda jadikan peluang dimasa depan sebagai pekejaan yang menghasilkan untuk anda.

Misalkan contohnya membangun aset di dunia internet, seperti Blog dan youtube. Jika blog yang anda bangun memiliki trafik banyak dan youtube yang anda bangun subscribernya banyak, maka itu bisa menjadi aset terbaik anda dimasa depan. Walaupun anda sejatinya salah jurusan kuliah, tidak menutup kemungkinan suatu saat anda menjadi orang sukses.

5. Pindah Jurusan

Solusi terakhir yang mungkin bisa anda lakukan adalah pindah jurusan. Sebenarnya saya tidak terlalu menyarankan anda untuk melakukan ini. Apalagi kalau anda sudah masuk smester tua, menurut saya itu sayang sekali.

Mungkin kalau anda baru masuk kuliah, dan anda merasa diri anda salah masuk jurusan, maka pindah jurusan bisa menjadi pilihan anda.

Pindah jurusan itu tidak mudah, ada berbagai rangkaian proses yang harus dilakukan. Sebaiknya sebelum anda memilih untuk pindah jurusan, pikirkan terlebih dahulu dengan matang.

Kesimpulan

Kita tidak bisa menyalahkan orang yang salah masuk jurusan. Setiap orang memiliki proses nya masing-masing. Kadang ada orang yang mudah dalam menemukan potensi dan jati dirinya, namun kadang ada juga orang yang sulit menemukanya. Jadi intinya hidup itu adalah proses. Bila anda merasa diri anda salah jurusan, jangan pernah berkecil hati, semua pasti ada hikmahnya untuk anda.

Demikian artikel saya tentang solusi terbaik untuk mahasiswa yang kuliah salah jurusan. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here