Mengatasi salah jurusan kuliah
apa yang harus dilakukan jika salah jurusan kuliah

Apa yang Harus Dilakukan Jika Salah Jurusan Kuliah?

Diposting pada

Apa yang harus dilakukan jika salah mengambil jurusan kuliah? – Salah jurusan seringkali menjadi keluhan banyak mahasiswa, terutama mahasiswa yang ikut-ikutan teman.

Ketika masih SMA mreka tidak mempedulikan masalah jurusan secara serius.

Akibatnya jika sudah masuk kuliah dan sudah menjalani perkuliahan setengah smester, disanalah mereka sadar bahwa sebenarnya mereka salah jurusan.

Hal ini sering terjadi, dan bahkan menjadi keluhan banyak mahasiswa diluar sana yang sudah terlanjur mengambil jurusan yang dipilihnya.

Untuk mengatasi hal itu maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan, beberapa diantaranya akan saya uraikan sebagai berikut.

1. Aktif Organisasi

Dengan aktif berorganisasi maka akan menambah semangatmu dalam berkuliah. Disana akan ada banyak teman yang selalu mensuport dan memberikanmu tanggung jawab, sehingga kamu akan merasa dihargai dan dibutuhkan.

Beberapa organisasi yang dapat di ikuti diantaranya adalah organisasi intra kampus seperti BEM, UKM, Himpunan Jurusan, dan lainya. Kemudian organisasi ekstra kampus seperti, HMI,GMNI,PMII, dan masih banyak lagi yang lainya.

Sehingga dengan aktif berorganisasi maka kamu tidak perlu risau jika salah jurusan kuliah.

2. Kuliah Sambil Kerja

Jika kamu merasa bosan menjalani kuliah di jurusanmu, maka kamu bisa mencoba berwirausaha. Belajar berjualan sambil menambah penghasilan, setidaknya akan membuatmu semangat untuk berkuliah.

Kamu bisa memanfaatkan teman-temanmu untuk membeli produk yang kamu jual. Kamu otomatis akan mendapatkan penghasilan, sehingga lama-lama kamu tidak sadar sudah hampir lulus.

Itu merupakan solusi yang baik untuk mengatasi kebosanan mu menjalani kuliah yang kurang kamu minati.

3. Pikirkan Kesusahan Orang Tua

Setiap kali kamu merasa bosan menjalani kuliah di jurusan yang terlanjur kamu masuki, pikirkan kesusahan orang tuamu. Bayangkan bagaimana susahnya mereka mengumpulkan uang untuk membiayai kamu berkuliah.

Jangan sampai kamu mengecewakan mereka hanya karena keegoisan yang tidak ada gunanya. Semua sudah terlanjur dijalani, kamu juga sudah masuk kuliah lumayan lama.

Tidak ada gunanya semua disesali, sebaiknya kamu pikirkan saja bagaimana kedepanya agar kamu segera lulus dan berguna bagi orang tuamu.

Baca juga : 10 Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Cocok dengan Kita

4. Nikmati Prosesnya

Jika sudah terlanjur kuliah dengan jurusan yang mungkin kurang kamu minati, sebaiknya jangan menyesalinya.

Yang lalu biar lah berlalu, sekarang yang harus di pikirkan bagaimana kamu bisa menikmati prosesnya. Jadikan kesalahan ini sebagai pelajaran dan pengalaman hidupmu.

Namun jangan sampai karena merasa salah jurusan kamu tidak ingin berbenah dan melakukan apapun.

Hal itu tentu salah besar, kamu juga sebaiknya harus menjalani hobimu, melakukan apapun yang kamu gemari dan bersifat mengembangkan bakat.

Diluar sana banyak orang yang merasa salah jurusan namun mereka justru tidak memusingkan itu. Mereka tetap melakukan hobinya dan memaksimalkan bakat yang ada dalam dirinya.

Sehingga ketika sudah lulus kuliah, mereka tetap bisa bekerja dan menghasilkan uang sekalipun bukan dari ijasahnya, melainkan dari hobi dan bakat yang diasahnya.

5. Ambil S2 yang Sesuai Minatmu

Jika kamu sudah lama menjalani kuliah dengan jurusan yang kurang diminati, sebaiknya kamu bersabar dulu. Jalani apa adanya sampai kamu lulus.

Setelah lulus S1 maka kamu akan memiliki banyak opsi, salah satu opsinya kamu bisa melanjutkan S2 sesuai dengan minatmu.

Hal ini tentu tidak masalah, meskipun di awal akan ada sedikit kesulitan. Namun setelahnya kamu akan merasa senang, sebab kamu nantinya akan memiliki lebih banyak wawasan dan pengetahuan.

Demikianlah tips jika salah jurusan yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *