Review Buku Berpikir dan Berjiwa Besar Bagian #1

Diposting pada

Review buku berpikir dan berjiwa besar bagian #1

Buku berpikir dan berjiwa besar di dterbitkan pada tahun 1959 dan merupakan salah satu buku popular dan terlaris di dunia yang telah mengubah hidup banyak orang. Buku ini ditulis oleh seorang pelatih dan penulis buku motivasi asal amerika bernama David J. Schwartz, beliau juga adalah seorang guru besar di salah satu universitas di amerika serikat.

Mungkin pembahasan saya untuk buku ini akan agak Panjang, jadi masih ada artikel lanjutan sesuai dengan bab/bagian yang ada di dalam buku ini. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagian #1 dari buku ini, yakni berjudul “Jika anda percaya dapat berhasil maka anda pun akan benar-benar berhasil“.

Kekuatan Sebuah Kepercayaan dan Keyakinan !

Menurut David J. Schwartz keberhasilan berarti kesejahtraan, kehormatan, kepemimpinan, disegani, popular dan memiliki kebebasan. Setiap orang pasti menginginkan keberhsilan dan kesuksesan di dalam hidupnya. Tak seorang pun yang menginginkan hidupnya inferior atau rendah dibanding orang lain.

Salah satu cara dalam membangun suatu keberhasilan dalam hidup adalah dengan cara membangun kepercayaan dalam diri. Jika kita percaya kita akan berhasil maka kita pun akan berhasil. Oleh karena itu, kita harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Contoh kepercayaan dalam hal pekerjaan adalah ketika kita mengatakan “saya akan berhasil dalam mengerjakan ini” maka secara otomatis solusi bagaimana cara meraihnya akan muncul dengan sendirinya.

David J. Schwartz pada bagian pertama di dalam buku ini, menceritakan kisah dari salah seorang temanya yang telah berhasil karena memiliki kepercayaan diri. Dikisahkan temanya memutuskan untuk mendirikan agen penjualan mobil karavan, namun dia tidak memiliki cukup tabungan sebagai modal awal membangun bisnisnya.

Karena dia memiliki kepercayaan yang tinggi dan telah mempelajari pesaingnya. Dia percaya skill penjualan yang dia miliki itu sangat baik melebihi orang lain. Singkat cerita, berkat kepercayaanya itu, ia telah berhasil membuat orang lain memberikan kepercayaan kepadanya.

Akhrinya dia mendapat inventaris terbatas tanpa uang muka dari seorang pengusaha pabrik caravan. Dan luar biasanya, dia pun berhasil menjual mobil karavan sesuai targetnya.

Dari sana kita bisa berpikir bahwa kepercayaan yang kuat akan menggerakan pikiran untuk mencari jalan dan sarana serta  cara melakukanya. Dan kepercayaan kita terhadap kemampuan diri kita akan mempengaruhi orang lain untuk menaruh kepercayaan kepada kita.

Tuan Kemenangan dan Tuan Kekalahan !

Selanjutnya poin yang sangat menarik dari bagian pertama di dalam buku ini adalah tentang pabrik pikiran. Produksi di dalam pabrik pikiran kita berada di bawah pengawasan dua mandor. Pertama adalah tuan kemenangan dan kedua adalah tuan kekalahan.

Tuan kemenangan akan bertanggung jawab untuk menghasilkan pikiran yang positif mengapa kita harus berhasil dan bagaimana kita meraihnya. Sedangkan tuan kekalahan sebaliknya, ia akan menghasilkan pikiran yang negatif, yakni alasan-alasan mengapa kita gagal dan tidak berhasil. Dan itu tentu akan menurunkan nilai diri kita.

Kedua mandor itu akan bekerja sesuai dengan perintah pikiran kita. Pikiran kita akan memberikan isyarat kepada kedua mandor itu untuk melakukan pekerjaan, memandu semua aktivitas kita.

Menurut David J. Schwartz jika kita ingin mengetahui bagaimana kedua mandor ini bekerja, maka cobalah katakan “hari ini benar-banar buruk” maka itu akan mengisyaratkan tuan kekalahan untuk bekerja, dan akhirnya hari kita benar-benar buruk.

Sebaliknya jika kita mengatakan “hari ini baik” maka itu akan mengisyaratkan kepada tuan kemenangan untuk bekerja dan menjadikan segala aktivitas kita menjadi baik. Maka untuk bisa berhasil di dalam hidup ini, hal yang perlu kita lakukan adalah memecat tuan kekalahan. Menjadikan tuan kemenangan sebagai mandor terbaik yang membantu langkah hidup kita.

Demikianlah artikel saya tentang pembahasan review buku “Berpikir dan Berjiwa Besar“, terimakasih banyak sudah membaca semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *