Perbedaan Kampus Politeknik dengan Universitas

Berikut Perbedaan Kampus Politeknik dengan Universitas

Diposting pada

Banyak pelajar yang hampir lulus SMA/SMK kebingungan menentukan tempat mereka melanjutkan kuliah. Apakah kampus universitas atau politeknik.

Mereka kadang tidak tahu apa bedanya universitas dan politeknik, maka dari itu disini saya akan mencoba menjelaskan perbedaanya secara sederhana.

Perbedaan Politeknik dengan Universitas

Beberapa perbedaan ini akan menjadi dasar bagi calon mahasiswa dalam menentukan kampus. Beberapa perbedaan itu antara lain sebagai berikut.

Secara Umum

Kampus universitas adalah penyelenggara pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu tanpa batas. Universitas memiliki ruang lingkup yang bersifat umum, ia dapat menyelenggarakan pendidikan dalam banyak jurusan.

Beberapa contohnya misalkan, ilmu agama, ilmu sosial, ilmu alam dan masih banyak lagi ilmu-ilmu lainya.

Sedangkan kampus politeknik adalah penyelenggara pendidikan yang memiliki ruang lingkup bersifat khusus. Politeknik adalah kampus / sekolah tinggi pendidikan vokasi bukan pendidikan akademik.

Beberapa contoh rumpun ilmunya misalkan, teknik sipil, teknik informatika, teknik pengolahan hasil ternak dan masih banyak lagi lainya.

Jalur Masuk

Antara universitas dan politeknik memiliki perbedaan jalur masuk. Universitas memiliki jalur masuk yang namanya SNMPTN dan SBMPTN.

SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksinya dengan nilai raport smester 1 sampai 5, sedangkan SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan merupakan jalur masuk perguruan tinggi (PTN) menggunakan ujian tulisan berbasis komputer (UTBK) yang di gunakan untuk proses seleksinya.

Politeknik memiliki jalur masuk yang namanya PMDK-PN dan SB-UMPN. Jalur PMDK-PN sering disebut dengan jalur undangan. Setiap sekolah akan membantu siswanya dalam proses pendaftaran secara online. Data nilai raport juga akan menjadi syarat kelulusan masuk melalui jalur ini.

Sedangkan SB-UMPN akan dinilai langsung dari hasil ujian yang berbentuk Paper Based Test (PBT) yang kemudian LJKnya juga diperiksa dengan proses scanning melalui komputer.

Baca Juga : Apa yang Harus Dilakukan Jika Salah Jurusan Kuliah?

Sistem Pendidikan

Mengenai sistem pendidikan, antara universitas dan politeknik akan berbeda. Yang mana dalam peroses pengajaran universitas akan lebih banyak teori dibanding praktik, sedangkan politeknik akan lebih banyak prakriknya dibanding teori.

Itulah alasan mengapa lulusan universitas lebih banyak menjadi tenaga pengajar dan lulusan politeknik lebih banyak menjadi tenaga ahli di bidangnya.

Gelar

Yang terakhir adalah perbedaan gelar. Program pendidikan universitas terdiri dari Sarjana (S1), Master (S2), dan Doktor (S3). Sedangkan politeknik terdiri dari Diploma 1 (DI), Diploma 2 (DII), Diploma 3 (DIII), dan Diploma 4 (DIV).

Demikian infromasi tentang perbedaan universitas dengan politeknik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para calon mahasiswa nantinya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *