Perbedaan hard skill dan soft skill lengkap besertan contohnya

Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill Lengkap Beserta Contohnya

Diposting pada

Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill Beserta Contohnya – Kadang banyak orang keliru dalam mendefinisikan hard skill dan soft skill. Banyak diantara mereka yang tidak bisa membedekan antara keduanya. Padahal kalau kita paham tentang keduanya, mereka ini sama-sama penting namun memiliki definisi yang berbeda.

Dalam dunia kerja kita mungkin sering mendengar, bahwa untuk dapat diterima dalam sebuah perusahaan, harus memenuhi ketentuan misalkan seperti memiliki hard skill dan soft skill.

Hard skill dan soft skill inilah yang akan menjadi tolak ukur karyawan diterima dalam sebuah perusahaan. Smakin baik hard skill dan soft skill yang dimiliki,maka semakin besar peluangnya untuk dapat diterima pada perusahaan tersebut.

Jika anda masih bingung tentang perbedaan antara hard skill dengan soft skill, tidak ada salahnya anda menyimak penjelasan saya berikut.

Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill

Hard Skill

Hard Skill adalah suatu kemampuan utama secara teknis yang harus dimiliki setiap orang dalam sebuah pekerjaan. Biasanya hard skill ini diperoleh dengan cara pendidikan formal, sertifikasi, pelatihan dan lain sebagainya. Yang intinya, dapat dipelajari dan dikuasai apabila dijalani dengan baik.

Soft Skill

Sedangkan soft skill adalah suatu kemampuan non teknis yang secara alami ada pada diri seseorang yang lebih condong kepada emosional, misalnya seperti kemampuan dalam komunikasi, kepemimpinan dan bersosialisasi. Soft skill ini tidak bisa didapat dengan cara di hafal atau dipelajari dalam jangka waktu yang singkat.

Apa Saja Contoh Hard Skill dan Soft Skill?

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita bisa menemukan banyak sekali contoh hard skill dan soft skill. Misalnya seperti :

Contoh Hard Skill :

  1. Keahlian dalam hal keuangan
  2. Keahlian dalam matematika
  3. Keahlian bermain sepak bola
  4. Keahlian bermain musik
  5. Keahlian dalam bernyanyi
  6. Kemampuan dalam menggambar, dan masih banyak lagi lainya

Contoh Soft Skill :

  1. kemampuan beradaptasi dengan orang lain
  2. Kemampuan dalam bernegosiasi
  3. Kemampuan dalam kepemimpinan
  4. Kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah

Demikian perbedaan antara hard skill dan soft skill beserta contohnya yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Terimakasih sudah membaca, Semoga dapat memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *