Penyebab utama banyak mahasiswa salah jurusan

6 Penyebab Utama Banyak Mahasiswa Salah Jurusan

Diposting pada

Penyebab utama mahasiswa salah jurusan disebabkan oleh sikap yang diambil ketika SMA. Di mana masa-masa itu menjadi masa yang membingungkan bagi seorang siswa.

Kira-kira besok mau lanjut kemana, kuliahnya dimana dan ambil jurusan apa. Begitulah kebingungan yang sering dialami, sehingga tak sedikit diantara mereka yang salah dalam memilih jurusan.

Pas awal masuk mungkin belum kelihatan kalau dia salah jurusan, eh pas sudah melewati beberapa smester disitulah baru sadar kalau dia salah masuk jurusan.

Melihat hal itu, saya jadi tertarik untuk membahasnya. Dalam kesempatan ini saya akan membagikan 6 penyebab banyak mahasiswa salah jurusan.

1. Tidak Punya Cita-Cita yang Jelas

Dari awal kita bersekolah bahkan dari TK sekalipun kita selalu diajarkan oleh guru-guru kita untuk memiliki cita-cita. Kira-kira besok kalau sudah dewasa pengen jadi apa. Besok kao sudah dewasa ingin kerja dimana.

Sebenarnya sedari kita kecil pun selalu di ingatkan akan pentingnya cita-cita. Namun yang kadang menjadi masalah adalah walau sudah masuk SMA tetap ada saja siswa yang tidak tahu cita-citanya apa.

Sehingga apabila sudah memasuki detik-detik kelulusan, dia bingung mau lanjut sekolah dimana, dan akhirnya ujung-ujungnya memilih jurusan yang tidak sesuai berdasarkan cita-cita yang di inginkanya.

2. Kuliah Karena Pilihan Orang Tua

Tak jarang juga kita temukan banyak siswa yang lanjut kuliah namun masuk ke kampus dan jurusan bukan atas dasar pilihanya sendiri, melainkan atas pilihan orang tuanya sendiri.

Contoh misalkan anak ini ingin kuliah di jurusan teknik sipil, namun karena orang tuanya tidak setuju akhirnya anak ini dimasukan di jurusan teknik informatika. Disini sudah jelas bersebrangan dengan kehendak anak itu sendiri. Sehingga menyebabkan anak ini salah dalam memilih jurusan.

3. Kuliah Karena Gengsi

Kalo yang ini beda lagi, kuliah hanya mengikuti ego saja. Misalnya masuk di fakultas kedokteran di kampus ternama, walau dia tidak memiliki minat dan bakat dibidang itu dia tetap saja memaksakan dirinya untuk masuk di fakultas kedokteran, semua itu hanya karena dia gengsi dan ingin dipandang oleh teman-temanya.

Memilih jurusan kuliah atau masuk dalam sebuah kampus karena faktor gengsi sangatlah tidak baik. Mungkin awal-awal masuk biasa-biasa saja, tapi kalau sudah lama memasuki beberapa semester, rasa malas untuk sekolah pun akan kelihatan, dia menjalaninya bukan atas dasar minat dia yang sebenarnya.

4. Kuliah Karena Ikut-Ikutan

Kuliah karena ikut-ikutan juga bisa menjadi alasan mengapa banyak mahasiswa salah jurusan. Katakan saja misalkan ada seorang anak yang masuk dalam sebuah kampus, mengambil jurusan tertentu berdasarkan banyak teman-temanya yang masuk kesitu. Padahal kalau dilihat-lihat dia tidak ada minat dibidang itu, hanya saja dia memaksakan diri karena banyak teman-temanya yang masuk kesitu. Maka sudah bisa dipastikan dia kuliah tidak selaras dengan bidangnya yang sebenarnya, sehingga diapun salah masuk jurusan.

5. Belum Menemukan Passion

Saya menganggap masa-masa SMA adalah masa dimana seseorang terkadang sulit menemukan passionya. Banyak mahasiswa yang bingung, sebenarnya dia itu memiliki passion di bidang apa.

Karena tidak menemukan passionya, maka ketika dihadapkan pada pilihan kuliah, dia pun memilihnya dengan cara ngasal alias dipilih saja sembarangan. Sehingga menyebabkan dia salah dalam memilih jurusan.

Baca juga : 5 Cara Agar Menemukan Potensi Diri Sendiri

6. Kurangnya Pengetahuan Tentang Jurusan yang Ingin Dimasuki

Banyak juga siswa yang terkadang malas untuk melakukan riset terhadap jurusan yang ingin dimasukinya. Dia hanya tahunya dari informasi yang diberikan teman-temanya. Barangkali informasi itu kurang akurat menyebabkan ekspektasinya sebelum memasuk kuliah dengan sesudah kuliah menjadi berbeda, tidak sesuai dengan apa yang dibayangkanya.

Oleh sebab itu penting sekali bagi siswa untuk betul-betul mempelajari, melakukan riset terhadap jurusan dan kampus yang ingin dimasuki. Agar dia tidak salah dalam memilih jurusan.

Demikian artikel saya yang berjudul 6 Penyebab Utama Banyak Mahasiswa yang Salah Jurusan, Semoga bisa memberikan manfaat bagi anda sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *