Peluang Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan

Peluang Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan

Diposting pada

Peluang usaha yang cocok untuk pemula di daerah pedesaan sangatlah banyak. Jika anda adalah seorang pengusaha pemula, kemudian ingin membangun sebuah usaha di daerah pedesaan maka anda mungkin tidak akan terlalu kesulitan, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa anda ambil.

Daerah pedesaan sekarang berbeda jauh dengan kondisi jaman dulu. Yang mana dulu akses masuk terkadang sulit, namun kini akses menuju desa sangatlah mudah, dengan demikian prekonomian di tingkat desa dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga : 5 Peluang Bisnis Menjanjikan Tanpa Resiko untuk Mahasiswa

Sebagai seorang pemula, bukanlah perkara mudah untuk menjadikan sebuah usaha menjadi sukses dan berhasil. Tentu ini butuh proses yang panjang, serta butuh kesabaran dan konsistensi dalam menjalaninya.

Terlepas dari semua itu, anggap saja kita mau menerima dan menjalani prosesnya. Sehingga dengan begitu kita sudah siap untuk memulai sebuah usaha di pedesaan. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang bisa di bangun di daerah pedesaan.

1. Menjual Bensin (POM MINI)

Menjual bensin atau membuka pom bensin mini, mungkin bisa menjadi salah satu usaha menjanjikan di pedesaan. Terlebih lagi bila anda tinggal di pinggir jalan, kemudian itu merupakan akses banyak kendaraan, maka sudah pasti potensial untuk anda buka.

Dengan berbekal memiliki tanah yang strategis, anda tidak perlu repot-repot menyewa atau membeli sebuah lahan untuk dijadikan tempat usaha. Selain itu juga, anda tidak perlu lagi membayar karyawan mahal-mahal, sebab masih ada istri, atau keluarga anda yang bisa membantu memberikan pelayanan.

2. Membuka Jasa Menjahit

Jasa menjahit merupakan salah satu usaha yang menguntungkan untuk jangka panjang. Kebutuhan masyarakat akan sebuah fashion, semakin membuat usaha ini menjadi potensial.

Tidak hanya masyarakat di bagian kota, bahkan masyarakat yang ada di pedesaan pun saat ini tidak main-main soal fashion, banyak diantara mereka yang selalu ingin tampil baik di depan banyak orang. Anda harus mengambil peluang ini sebelum diambil orang lain.

Bila anda tidak memiliki keahlian dalam menjahit, anda bisa mengikuti kursus menjahit. Saya rasa di kota anda pasti banyak yang memberikan pelatihan menjahit. Walau mengeluarkan biaya, itu tidak masalah, nanti juga modal anda akan kembali dengan sendirinya.

3. Warung Makanan dan Jajanan

Usaha yang satu ini merupakan usaha yang paling umum dan terbukti berpeluang. Mari kita amati, kita adalah manusia yang butuh makan. Tanpa makan kita tidak bisa hidup, dengan membuka usaha yang mana itu dibutuhkan oleh banyak orang setiap harinya, akan menjadikan usaha kita berpeluang dan berpotensi.

4. Budidaya Sayuran

Budidaya sayuran juga menjadi salah satu usaha yang menjanjikan di daerah pedesaan. Kita tahu di wilayah desa, ada banyak sekali lahan yang bisa dijadikan tempat budidaya dalam dunia pertanian. Manfaatkan lahan yang ada untuk dijadikan sebagai peluang membangun usaha. Setelah sayur anda panen, anda bisa memasarkanya di kota anda, atau bahkan luar dari kota anda.

5. Beternak Lele

Selain budidaya sayuran, ternak lele juga bisa menjadi alternatif anda. Mengingkat harga lele sangat baik di pasaran, tidak ada salahnya anda mencoba ini. Jika anda memiliki lahan yang kosong, daripada tidak di pakai, lebih baik jadikan itu sebagai tempat anda budidaya lele. Untuk proses bagaimana budidaya yang benar, anda bisa belajar kepada orang yang sudah berpengalaman. Bahkan dijaman sekarang tidak perlu repot-repot, banyak kok di internet edukasinya.

6. Beternak Ayam

Ternak ayam juga bisa menjadi alternatif anda membangun sebuah usaha di pedesaan. Entah itu ayam kampung atau ayam potong, itu semua bisa anda pilih tergantung peluang pasar di tempat anda. Usaha ini juga tidak terlalu menghabiskan banyak modal, jadi potensial sekali untuk anda jalankan.

7. Jasa Pangkas Rambut

Yang satu ini juga potensial untuk dikembangkan, mungkin anda punya keahlian dalam memotong rambut, boleh jadi anda bisa membuka jasa potong rambut di desa anda. Rambut setiap hari semakin panjang, semua orang sudah pasti akan selalu merapikan rambutnya setiap waktu. Silahkan anda manfaatkan peluang ini, semoga saja bisa menjadi jalan anda meraih sukses di kampung anda.

8. Menjual Bibit Tanaman

Wilayah desa merupakan wilayah yang mana masyarakatnya banyak berprofesi sebagai petani. Kebutuhan akan tanaman-tanaman terbaik dengan kualitas baik tentu sangat diperhatikan. Anda bisa memanfaatkan peluang itu, untuk memberikan suplay bibit unggul kepada banyak orang disana. Dengan begitu anda akan memiliki banyak pasar dan menjadi salah satu penyuplai bibit unggul di kampung anda.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Orang Sukses yang Jarang Diketahui

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak sekali macam usaha / bisnis yang bisa anda bangun di wilayah pedesaan. Namun mungkin beberapa diatas dapat memberikan gambaran kepada anda akan banyaknya peluang itu.

Seorang entrepreneur, wirausahawan, dan pembisnis tidaklah harus dari kota saja. Melainkan juga dari wilayah desa. Saat ini wilayah desa sudah banyak yang mulai berkembang, saat nya anda tunjukan diri anda dalam membangun banyak hal mulai dari desa anda.

Demikian artikel saya tentang Peluang Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, Semoga dapat memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *