PELUANG KERJA LULUSAN AGRIBISNIS PERTANIAN

Berikut Peluang Kerja Jurusan Agribisnis yang Menjanjikan

Diposting pada

Peluang Kerja Jurusan Agribisnis yang Menjanjikan – Agribisnis merupakan jurusan kuliah yang mempelajari ilmu bisnis berbasis pertanian, baik itu proses dari hulu maupun hilir.

Semua proses dari pembenihan, pemeliharaan, sampai dengan pemanenan itu di pelajari, bahkan ilmu usaha dan pemasaranya pun termasuk dalam agribisnis.

Banyak orang beranggapan bahwa lulusan agribisnis pasti nantinya akan menjadi petani. Padahal tahukah kita, Ada banyak peluang kerja yang ditawarkan jurusan agribisnis dan itu bukan hanya soal menjadi petani.

Mulai dari pekerjaan swasta sampai dengan pekerjaan yang berhubungan dengan kedinasan, itu semua sangat potensial bagi lulusan agribisnis.

Peluang Kerja Jurusan Agribisnis

Beberapa prospek kerja yang ditawarkan lulusan agribisnis adalah sebagai berikut.

1. Menjadi Pengusaha

Semua jurusan memiliki kesempatan untuk lulusannya menjadi pengusaha. Tak terkecuali lulusan agribisnis, mereka juga memiliki peluang menjadi pengusaha yang sukses. Tentunya bidang usaha yang digeluti akan berhubungan dengan pertanian.

Terlebih lagi lulusan agribisnis sudah dibekali dengan banyak ilmu mengenai pengetahuan seputar tanaman, pengelolaan tanaman yang berkualitas, hingga bagaimana cara pemasaranya pun sudah pernah dipelajari.

Sehingga dengan begitu mahasiswa lulusan agribisnis tak perlu risau jikalau ditolak melamar pekerjaan dalam sebuah instansi. Mereka bisa lebih mandiri menjadi seorang pengusaha.

2. Menjadi Dosen

Selain menjadi seorang pengusaha. Lulusan agribisnis juga memiliki peluang menjadi seorang tenaga pengajar, baik itu sebagai guru di SMK pertanian atau pun menjadi dosen di kampus yang memiliki program studi agribisnis.

Tentunya mereka semua yang mengajar akan mencetak lulusan-lulusan terbaik yang memiliki kapasitas dalam memajukan bidang pertanian di negeri ini.

Baca Juga : 10 Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Cocok dengan Kita

3. Menjadi Penyuluh Pertanian

Melihat kondisi negara yang kaya akan hasil pertanian, dibutuhkan banyak penyuluh pertanian yang mampu mengedukasi para petani agar lebih maju.

Tentunya lulusan agribisnis mampu menjadi seorang penyuluh yang baik. Segala ilmu yang dipelajari di bangku kuliah dapat di implementasikan dalam masyarakat melalui penyuluhan.

4. Bekerja di Pemerintahan

Bagi lulusan agribisnis yang memiliki impian untuk bekerja di pemerintahan, tentu mereka memiliki kesempatan yang luas. Mereka dapat melamar pekerjaan di dinas pertanian atau pun di kementrian pertanian.

Semua ilmu pengetahuan di dunia pertanian dan bisnis yang pernah di pelajari akan sangat berguna bagi pemerintahan di negeri ini.

5. Menjadi Peneliti

Banyak sekali permasalahan kompleks yang dialami pertanian, prikanan, perkebunan, dan kehutanan di negeri ini. Dibutuhkan orang-orang yang mampu berpikir lebih untuk menyelesaikan semua persoalan itu.

Jika seorang lulusan agribisnis bekerja menjadi seorang peneliti, maka semua hasil riset mereka diharapkan mampu memberikan manfaat bagi banyak sektor di negeri ini, khususnya sektor pertanian.

Sehingga lulusan agribisnis sangat berpeluang besar untuk mengabdikan diri di banyak bidang pekerjaan.

Maka tak perlu risau jika kamu adalah lulusan agribisnis, kamu juga memiliki kesempatan yang sama seperti lulusan lain dengan jurusan yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *