Mengatasi Gugup (Grogi) di Lima Menit Pertama dalam Public Speaking

Mengatasi Gugup (Grogi) di Lima Menit Pertama dalam Public Speaking

Kalau sebelumnya saya membahas topik berjudul tips public speaking dalam kondisi mendadak, maka pada kesempatan kali ini, topik yang akan saya bahas berjudul cara mengatasi grogi (gugup) di lima menit pertama dalam public speaking.

Sejatinya semua orang yang berbicara di depan umum, pasti pernah mengalami gugup / grogi. Bahkan saya sendiri pun juga pernah mengalaminya. Ini merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan.

Seorang profesional public speaker pun, terkadang masih merasakan gugup sesekali ketika berhadapan dengan audiens yang berbeda.

Biasanya rasa gugup (grogi) terjadinya itu di awal-awal. Namun setelah berjalan agak lama, rasa gugup itu akan hilang dengan sendirinya.

Mengapa di awal saat pertama kali membuka pembicaraan kita bisa merasa gugup?. Alasanya sangat general, itu merupakan salah satu bentuk dari penyesuaian diri. Apalagi audiens kita kan terkadang berbeda-beda. Bisa jadi mereka adalah orang baru yang sebelumnya kita tidak pernah berbicara di hadapan mereka.

Untuk bisa mengatasi masalah ini, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan. Namun sebelum itu, saya tekankan kepada anda, gugup di awal pembuka itu wajar dan tidak bisa hilang 100% melainkan hanya bisa dikurangi kadarnya. Bagaimana cara mengurangi kadarnya? Simak penjelasan saya berikut.

Tips Mengatasi Gugup (Grogi) di Lima Menit Pertama dalam Public Speaking

Tips Atasi Gugup #1 – Lakukan Pemanasan

Sebelum anda mulai tampil berbicara di hadapan banyak orang. Terlebih dahulu anda lakukan pemanasan, tujuanya agar anda tidak tegang saat berbicara. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah, melatih suara, melatih gestur tubuh (gerakan), dan melatih pernafasan.

Ini bisa anda lakukan di belakang layar dengan cara yang sederhana, sehingga ketika anda tampil nantinya, anda akan merasa lebih ringan dan rileks berbicara menyampaikan isi pembicaraan anda.

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Body Language Dalam Public Speaking

Tips Atasi Gugup #2 – Tanamkan Sugesti Positif

Penting bagi kita untuk menanamkan sugesti positif dalam diri sebelum berbicara di depan umum. Sebagai contoh misalkan, dalam hati mengatakan “Saya pasti bisa, audiens saya pasti akan terpukau, public speaking saya pasti sukses, dan saya pasti akan mendapat apresiasi”, Ini adalah sebuah afirmasi yang baik untuk di lakukan, sehingga dengan begitu anda nantinya akan lebih percaya diri.

Baca Juga : 7 Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Public Speaking

Tips Atasi Gugup #3 – Mulai Membuka dengan Tersenyum

Senyum adalah bahasa universal, bahasa umum kita kepada semua orang. Ketika kita hendak berbicara, pertama kali kita harus memperlihatkan sikap welcome kita, yakni dengan cara tersenyum. Di mana kita menghargai audiens yang sudah bersedia mendengarkan kita berbicara.

Selain itu senyuman juga terbukti ampuh membuat diri menjadi lebih percaya diri saat berbicara di depan umum.

Tips Atasi Gugup #4 – Bicara dengan Santai dan Rileks

Berbicaralah dengan cara perlahan, santai, rileks, dan nikmati setiap alur pembicaraan anda. Ingat!, public speaking itu adalah seni, seni dimana kita mengolah kata, memainkan gestur, dan bagaimana bisa mempengaruhi orang lain.

Maka dengan bersikap rileks, anda akan lebih enjoy menikmati public speaking yang anda lakukan. Dengan begitu grogi di awal pembuka, dapat sedikit dikurangi.

Baca Juga : Cara Agar Lancar Berbicara di Depan Umum

Tips Atasi Gugup #5 – Pelajari Materi dengan Matang Sebelum Tampil

Tips yang terakhir, maksimalkan diri anda dengan mempelajari materi yang ingin di sampaikan secara matang. Tidak ada hasil yang maksimal tanpa persiapan yang maksimal.

Anda bisa mempelajarinya, dari jauh-jauh hari sebelum anda tampil di depan umum. Sesuaikan dengan situasi anda, jika memang materi yang anda bawakan agak sulit, maka butuh waktu yang agak lama untuk bisa mengusainya, namun jika sebaliknya, maka waktu yang anda butuhkan tidak begitu lama.

Penutup

Demikian 5 tips mengatasi gugup / grogi di lima menit pertama dalam public speaking yang dapat saya sampaikan. Terimakasih banyak atas kesediaanya membaca artikel ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here