Kumpulan Kata-Kata Motivasi Terbaik Sepanjang Masa

Kata-Kata Motivasi Terbaik Sepanjang Masa – Perbedaan yang paling mendasar antara orang yang memiliki semangat tinggi dengan orang yang tidak memiliki semangat tinggi, terletak pada seberapa besar motivasi yang dia miliki.

Tak heran bila banyak yang mengatakan motivasi merupakan bahan bakar seseorang untuk menjalani hidup yang lebih semangat.

Namun walau motivasi sangatlah berperan penting dalam diri seseorang, motivasi tetaplah hal yang swaktu-waktu bisa datang dan pergi. Artinya motivasi dalam diri seseorang bisa tiba-tiba ada dan juga bisa tiba-tiba hilang.

Maka penting disini, peran seseorang untuk tetap menjaga dan mempertahankan motivasi di dalam dirinya agar selalu menjadi pribadi yang semangat.

Ada banyak cara seseorang untuk mendapatkan motivasi di dalam hidup. Beberapa diantaranya adalah dengan cara membaca kata-kata motivasi penyemangat hidup dan menonton video-video motivasi.

Kebetulan pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi kata-kata bijak dan motivasi kepada anda. Saya sudah merangkum dengan cara yang sederhana beserta penjelasan yang mudah dimengerti.

Berikut ini kumpulan kata-kata mutiara dan motivasi terbaik sepanjang masa !

Jangan pernah menyalahkan orang lain

“Setiap orang akan bertanggung jawab terhadap pribadinya masing-masing. Tidak ada perbuatan baik tanpa ada perbuatan buruk. Mungkin hari ini kita sering berbuat salah, maka akuilah itu, bertanggung jawablah kepada diri sendiri. Jangan pernah menyalahkan orang lain. Seseungguhnya itu tidak berat, dan akan mendidik diri menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab”

Kita semua sama-sama memiliki waktu 24 jam

“Apakah kita menganggap waktu yang dimiliki orang sukses dan orang gagal itu berbeda?, Jawabanya tentu tidak. Kita semua memiliki waktu yang sama, akan tetapi yang membedakan kita adalah bagaimana kita memanfaatkanya. Orang sukses menggunakan waktunya untuk bekerja keras, dan orang gagal sebaliknya, menggunakan waktunya untuk bermalas-malasan”

Jangan menyesali sesuatu yang sudah terjadi

“Dalam hidup kita pasti pernah melakukan kesalahan, namun itu bukan berarti akhir dari segalanya. Tidak ada gunanya bersedih, tidak ada gunanya menyesali, sebab sesuatu yang sudah terjadi tidak akan pernah bisa kembali. Sikap terbaik yang harus kita ambil adalah melangkah kedepan dengan penuh rasa syukur, Ingatlah masih ada kesemptan untuk menata hidup yang lebih baik”

Rahasia menaklukan pekerjaan terbesar

“Andai saja, masalah itu sebesar gunung, maka semua akan bisa diatasi kalau didasari dengan rasa cinta dan sayang. Sayangi dan cintailah pekerjaan, tanpa rasa sayang dan cinta maka pekerjaan kecil akan terasa besar. Namun, bila disertai rasa cinta dan sayang pekerjaan sebesar gunung pun akan menjadi ringan bak batu krikil yang ada di pantai”

Kita bukanlah boneka

“Entah mengapa terkadang dalam hidup kita merasa diatur oleh orang-orang disekitar kita. Padahal sebetulnya mereka tidak memiliki hak untuk mengatur hidup kita. Dengan sikap kita yang mudah mendengarkan ocehan dan nyinyiran mereka, secara tidak sadar kita telah diatur oleh mereka. Semua pekerjaan yang kita lakukan, kita landaskan atas dasar komentar-komentar mereka kepada kita. Wahai kawan, sadarlah bahwa yang berhak mengatur diri kita bukanlah orang lain, tetapi diri kita sendiri. Jangan pernah mendengar perkataan-perkataan pesimis orang lain, sebab yang menjalani hidup bukanlah mereka melainan diri kita sendiri”

Siapakah musuh terbesar?

“Satu hal yang tidak banyak disadari manusia di dalam hidup. Yakni terlalu banyak melihat keluar daripada melihat kedalam. Untuk belajar tentang arti kehidupan, lebih banyaklah melihat kedalam. Sesungguhnya musuh terberat yang sampai saat ini begitu sulit terkalahkan ialah, ego dan kesombongan diri kita. Bukan pedang yang tajam yang mampu menusuk hati orang lain dengan keji, tetapi rasa ego dan kesombongan di dalam diri kita ini mampu menjadi pedang yang paling tajam yang dapat menyakiti hati setiap orang”

Ketentuan dan takdir tuhan

“Tidak kah kita berfikir, Tuhan memberikan manusia takdir berdasarkan usaha dan langkah yang dilakukan? Pantaskah kita berharap takdir baik, kalau kita hanya duduk dan diam saja? Pantaskah kita meminta kesuksesan kalau rasa malas masih menyelimuti kita. Wahai sahabat, percayalah Tuhan akan memberikan yang terbaik, bila kita memberikan yang terbaik kepadanya. Bila hari ini kita jatuh, itu bukanlah akhir, itu hanyalah segelintir cobaan saja untuk mengetahui apakah kita pantas mendapatan takdir yang baik atau tidak”

Guru yang sebenarnya ada dalam diri

“Tak perlu jauh-jauh mencari seorang guru, kalau di dalam diri kita saja masih ada guru yang selalu setia membimbing kita. Siapa dia, dialah pengalaman hidup. Pengalaman telah menempa kita dengan berbagai masalah yang ada, dan kalau kita hari ini berputus asa, maka kita sudah menyia-nyiakan dan mengecewakan diri kita sendiri”

Seperti bayi yang baru belajar merangkak

“Bila kita dihadapkan pada situasi yang sulit, mengalami berbagai tantangan sehingga membuat kita jatuh. Maka bercerminlah dari seorang bayi. Sadarkah kita bahwa sedari kecil kita dilatih untuk terus bangun walau terjatuh berulang kali. Sehingga pada akhirnya seorang bayi yang sering terjatuh menjadi mahir merangkak hingga ia bisa belari. Kita semua mengalaminya, sesungguhnya kita mampu untuk bangkit dari keterpurukan ini”

Kesalahan yang banyak dilakukan setiap orang

“Mungkin kita seringkali sibuk menatap orang lain, sibuk memperhatikan orang lain, sibuk membicarakan kesalahan-kesalahan orang lain. Tidak kah kita sadar kita sama dengan mereka. Tidak memiliki kesempurnaan, hanya memiliki asumsi semata. Wahai saudara, sudah saatnya lebih banyak melihat diri sendiri daripada melihat orang lain. Sudahkah hidup kita berkembang hari ini? Sudahkah kita melakukan yang terbaik hari ini?. Percayalah setiap orang akan menerima hasil dari apa yang sudah dia lakukan sebelumnya”

Perbedaan orang sukses dan gagal

“Antara orang gagal dan orang sukses, semuanya sama-sama memiliki tantangan yang sama. Namun sikap mereka dalam menyikapi tantangan inilah yang akan membedakan mereka. Orang gagal selalu menghindar dari masalah, sedangkan orang sukses selalu menghadapi masalah. Orang gagal menganggap masalah sebagai akhir dari segalanya, sedangkan orang sukses menganggap masalah sebagai langkah awal meraih kesuksesan”

Hidup harus berfikir jauh kedepan

“Perjuangan tidak sampai disini saja, bila kita letih karena banyaknya tantangan yang kita hadapi. Impian masih terkubur, belum bisa terealisasi. Percayalah akan tali kesuksesan, setidaknya kita adalah orang pertama yang memulai membawa ujung tali dalam meraih impian itu. Jangan berputus asa, masih ada anak-anak kita / generasi penerus kita yang akan tetap melanjutkan tali mimpi yang sudah kita perjuangkan sebelumnya”

Biarkan mereka tertawa puas

“Hinaan dan cacian dari mereka yang menertawai kita bagaikan roda yang membawa mobil melaju dengan cepat. Biarlah mereka hari ini tertawa puas, namun satu hal yang mereka tidak tahu. Banyak usaha dan kerja keras yang kita lakukan pada saat mereka asyik tertawa. Ketika semua sudah tercapai, maka tertawa itu akan hilang dengan sekejab kemudian berbalik menjadi sebuah pujian yang hebat”

Menjadi diri sendiri itu lebih baik

“Tidak usah merasa minder dengan kekurangan yang ada di dalam diri. Sebab kekurangan bukan hanya dimiliki oleh kita semata. Melainka ada jutaan bahkan triliunan orang diluar sana, juga memiliki kekurangan yang beragam. Namun sebagai seorang mahluk sosial, pastinya kita saling melengkapi dengan kekurangan yang ada di masing-masing kita. Akuilah kekurangan, jangan disembunyikan. Tunjukan kepada orang lain, maka orang lain akan menerima kita apa adanya, sehingga kasih sayang diantara sesama mahluk soial akan tercapai”

Prestasi yang besar dimulai dari titik yang kecil

“Jangan menganggap apa yang diraih oleh orang hebat diluar sana, dicapai karena memulainya dari hal yang besar. Bayangkan berapa lama mereka konsisten berjuang demi mencapai kesuksesan mereka. Satu hal yang mungkin tidak kita sadari, mereka memulai semuanya dari titik terkecil di dalam hidupnya. Itulah mengapa, jika kita memandang orang sukses jangan hanya memandang dari apa yang sudah di dapat, melainkan bagaimana proses mereka mendapatkanya”

Ketika kita gagal dan tak juga berhasil

“Mungkin kita sering memandang sesuatu dari kaca mata yang sempit. Sehingga ketika kita mendapat sebuah masalah, kita menyerah. Seolah-olah tidak ada titik penyelesaianya. Mari kita perhatikan, sebetulnya masalah itu tidak dapat terselesaikan bukan karena sebab kesalahan cara kita melakukanya, melainkan kesalahan pada cara pandang kita dalam melakukanya”

Pendidikan sekolah dan kesuksesan

“Sekolah itu harus, walau pada kenyataanya terkadang kita lebih banyak mendapatkan banyak ilmu dari lingkungan diluar pelajaran sekolah. Banyak orang drop out keluar dari sekolah tapi berhasil. Itu semua bukan salah sekolahnya, karena tanpa ia pernah sekolah mungkin dia tidak menemukan jati dirinya. Itulah mengapa kita tidak harus sepenuhnya menyalahkan sekolah. Walaupun pelajaran sekolah tidak begitu berdampak dalam hidup kita, namun pengalaman dilingkungan sekolah membentuk kita”

Masa muda dan masa tua

“Mereka yang hari ini sibuk membeli barang yang tidak berguna di masa muda, maka dimasa tua dia akan sibuk menjual barang yang tidak berguna. Belilah sesuatu berdasarkan fungsi, bukan gengsi. Jangan sampai kita menyesal setelah terlalu banyak membuang-buang uang”

Jangan salah fokus!

“Mengapa banyak orang gagal, mengapa banyak orang tidak berhasil. Jawaban yang tepat atas pertanyaan itu adalah, mereka yang telah gagal adalah mereka yang salah dalam melangkah, salah fokus, salah target. Sesuatu yang tidak penting difokuskan, sedang sesuatu yang penting dihiraukan. Apa hal penting saya maksud? Dialah kelebihan kita. Jangan terlalu terobsesi dengan kelebihan orang lain, sehingga memaksa diri kita untuk menjadi orang lain. Fokuslah pada kelebihan kita, niscaya kegagalan itu akan menjadi hal yang indah sebab dia telah mendidik kita menjadi lebih baik”

Tidak ada sukses yang pasti tanpa kerja keras yang pasti

“Sukses membutuhkan kepastian, bukan hanya sekedar bermimpi, melainkan lebih kepada action / tindakan. Segala tindakan yang kita lakukan hari ini, akan memberikan kepastian di masa depan. Bila tindakan kita hari ini salah, maka kepastian di masa depan adalah kegagalan. Bila tindakan kita hari ini benar, maka kepastian di masa depan adalah kesuksesan”

Kesimpulan

Semua kata-kata mutiara / motivasi yang saya tulis diatas, berdasarkan pemikiran saya secara pribadi yang saya kaitkan dengan kehidupan yang saya rasakan selama ini.

Saya percaya, kita semua memiliki keinginan untuk menjadi orang yang jauh lebih berhasil dari sebelumnya. Harapan saya, motivasi di dalam diri ini bukan hanya sebatas membaca kumpulan kata-kata bijak semata, melainka segera memulai dan bertindak.

Bila anda mengutip beberapa penggalan kata-kata bijakĀ  dan motivasi yang saya tulis diatas, mohon untuk anda menyertakan nama saya atau link sumbernya.

Terimakasih, Saya Roli Supiawan

Salam Inspirasi !!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here