3 Kisah Inspiratif yang Dapat Menyentuh Hati Anda

3 Kisah inspiratif yang dapat menyentuh hati anda

3 Kisah Inspiratif yang Dapat Menyentuh Hati Anda – Ada banyak sekali hal yang bisa menginspirasi dan memotivasi diri seseorang di dalam hidup ini. Bisa jadi apa yang anda lihat dan anda baca hari ini bisa menjadi sumber motivasi bagi hidup anda.

Dalam kesempatan yang baik ini, saya akan membagikan beberapa kumpulan kisah inspiratif, sebuah cerita yang dapat memberikan motivasi kepada anda.

Cerita ini saya sajikan dengan cara yang sederhana, namun tetap tidak meninggalkan esensinya serta dapat memberikan pemahaman secara jelas kepada anda.

Baca Juga : Kumpulan Kata-Kata Motivasi Terbaik Sepanjang Masa

Berikut Adalah 3 Kisah Inspiratif yang Dapat Menyentuh Hati Anda !!

1. Kisah Seekor Tikus

Suatu hari ada seekor tikus yang masuk kedalam rumah. Di dalam rumah dia menemukan perangkap tikus. Sontak kemudian tikus itu berteriak “Tolong-tolong ada perangkap tikus” sambil berlari keluar dari rumah.

Diluar rumah dia bertemu dengan ayam lalu menceritakan apa yang dia temui, ayam pun tidak mempedulilaknya, seolah-olah itu masalah dia yang tidak ada kaitanya dengan dirinya.

Tikus kemudian datang kearah kambing, lalu menceritakan hal yang sama kepada si kambing. Sikap yang dia terima dari si kambing pun tidak jauh berbeda dengan sikap si ayam kepadanya, dia seolah-olah tidak di pedulikan.

Setelah dari tempat si kambing, tikus itupun menuju ke arah lembu. Ketika bertemu dengan lembu pun juga demikian, dia tidak di pedulikan bahkan dia di tertawakan.

Sampai pada akhirnya sang tikus memberanikan diri untuk masuk kedalam rumah, melawan rasa takutnya. Beberapa saat setelah dia masuk, terdengar suara perangkap tikus yang berhasil menangkap mangsanya.

Istri sang pemilik rumah pun bergegas melihat perangkap tersebut, kagetnya yang terkena perangkap itu bukanya seekor tikus melainkan seekor ular yang sangat berbisa. Dan secara tidak sengaja dia pun terkena gigitan ular yang berbisa itu, hingga menyebabkanya sakit parah.

Sang pemilik rumah pun kaget mengetahui istrinya di gigit ular, dia kemudian membawa istrinya beristirahat ke dalam kamar. Kemudian dia membuatkan sup ayam segar untuk istrinya, dia mengambil ayam di depan rumahnya dan memotongnya untuk dijadikan sup.

Setelah beberapa hari, ternyata penyakit sang istri tak kunjung sembuh. Banyak tetangga dan keluarganya yang berdatangan, mau tidak mau si pemilik rumah harus menyiapkan makanan yang banyak untuk para tamu yang datang.

Bergegaslah si pemilik rumah untuk menyembelih kambing yang ada di depan rumahnya. Kambing itu dimasak kemudian disajikan kepada para tamu yang datang menjenguk istrinya.

Setelah beberapa minggi, ternyata penyakit sang istri semakin parah, bekas luka gigitan ular itu semakin membengkak. Hingga pada akhirnya, dia pun meninggal dunia.

Ketika proses acara pemakamanya, dibutuhkan makanan yang banyak, maka dimasaklah lembu yang ada di depan rumahnya.

Sahabat pembaca, apa kira-kira inspirasi yang bisa kita ambil dari kisah diatas?. Mungkin seringkali ketika kita melihat orang lain mendapat sebuah masalah, seolah-olah tidak ada kaitanya dengan diri kita.

Lihatlah perangkap tikus dalam kisah diatas, semua menanggung akibatnya. Ayam, kambing dan lembu yang semulanya tidak peduli, berpikir tidak akan berdampak bagi dirinya pun juga terkena dampak dari masalah yang dihadapi si tikus itu.

Baca Juga : 5 Cerita Pendek Motivasi yang Akan Menginspirasi Hidup Anda

2. Kisah Lalat dan Semut

Pada suatu hari nampak segerobolan lalat sedang menikmati pesta di depan rumah. Kala itu pemilik rumah sedang menghidangkan makanan yang lezat di meja makanya. Hidangan-hidangan itu nampak terlihat jelas dari luar. Hingga membuat salah seekor lalat terpikat untuk bisa memakan makanan yang sangat lezat itu.

Sang lalat pun mencoba berpikir bagaimana caranya bisa masuk kedalam rumah kemudian bisa menikmati hidangan itu. Selang beberapa saat, sang lalat melihat pintu rumah itu terbuka, pemilik rumah ternyata keluar dari rumah. Sang lalat tidak mau menyia-nyiakan kesempatan itu, dia pun berusaha masuk dan berhasil.

Sang lalat pun sangat bahagia, di dalam rumah itu dia bisa menikmati hidangan yang begitu nikmat nan lezat. Setelah dia sudah kenyang, dia pun melihat keluar kearah teman-temanya sedang asik bermain diluar.

Dia bergegas keluar, namun sampai di depan pintu dia melihat bahwa pintunya tertutup. Pintu ini terbuat dari kaca, dia berusaha menerobos keluar tetap tidak bisa. Berulang kali dia berusaha mencoba keluar tetap saja tidak bisa.

Hingga pada akhirnya dia menyerah, sudah berjam-jam tidak bisa menerobos keluar, dia pun tergeletak dibawah pintu dengan lemasnya. Setelah beberapa saat, munculah segerombolan semut yang datang kearahnya. Semut itu datang untuk membawa lalat kedalam sarangnya dijadikan sebagai santapan para semut.

Semut membawa lalat itu beramai-ramai. Ditengah perjaanan, seekor semut kecil bertanya kepada semut dewasa. “Mengapa ya kok lalat ini bisa mati?”, Semut dewasa menjawab “Lalat ini mati karena dia tidak bisa keluar dari dalam rumah, walaupun dia sudah berusaha keras tapi tetap saja tidak bisa, makanya dia jadi santapan kita hari ini”

Semut kecil bertanya lagi, “Loh kan dia sudah berusaha keras dan berjuang keras, tapi kenapa tetap saja tidak bisa keluar?”. Semut dewasa menjawab lantang “Semut ini tidak bisa keluar dari rumah sebab usaha yang dilakukanya tidak pernah berubah, cara yang dia gunakan untuk keluar tetap saja sama, makanya dia tetap tidak bisa keluar. Dengarkanlah!! Jangan pernah berharap mendapatkan hasil yang berbeda, jika cara yang digunakan masih saja tetap sama”

Sahabat pembaca, kira-kira apa motivasi yang bisa kita ambil dari kisah diatas?, Ternyata motivasi yang bisa kita ambil adalah kita mungkin seringkali mengharapkan hasil yang berbeda terhadap pencapaian, kita berharap mendapatkan hasil yang lebih baik, namun kita tetap saja gagal, maka itu pertanda kita harus merubah cara kita dalam mencapai apa yang kita inginkan.

3. Kisah Anak Elang

Suatu ketika nampak diatas pohon seekor induk elang sedang mengerami telur-telurnya. Sedikit demi sedikit telur itu mulai menetas dan menampakan isi dalamnya. Terihat jelas tiga ekor anak elang yang berhasil keluar dari cangkang telur itu.

Induk elang pun sangat bahagia melihat anak-anaknya yang menetas dengan keadaan yang baik.

Pada suatu hari ketika anak-anak elang ini sudah bisa berbicara, ada salah satu diantaranya yang berkata kepada induknya, ibu apakah saya suatu saat bisa terbang jauh seperti ibu?, Induk elang pun menjawab dengan senyuman, pasti donk nak, suatu saat kamu juga akan bisa terbang tinggi seperti ibu.

Tepat pada saat ketiga anak elang ini dilatih untuk terbang, anak elang tadi tanpa sengaja terjatuh terperosot dari atas. Karena kejadian itu, menyebabkan anak elang tadi menjadi trauma untuk belajar terbang.

Ketika saudara-saudara nya sudah bisa terbang, cuma dia yang belum bisa terbang. Dia pun berkta kepada ibunya, menurut ibu apakah aku benar-benar bisa terbang?, Ibunya menjawab, Anakku kalau kamu tidak pernah mencoba merentangkan sayapmu dari sekarang, kapan kamu akan bisa terbang?, lawanlah rasa takut yang ada di dalam dirimu itu.

Ibu tidak akan pernah tahu apakah kamu benar-benar bisa terbang atau tidak kalau kamu tidak pernah mencobanya, yang tahu itu semua hanyalah dirimu sendiri. Mulailah dari sekarang, karena langkah kecil yang kamu lakukan saat ini akan menjadi awal perubahan dalam hidupmu.

Anak elang itupun mulai berusaha dan belajar untuk memberanikan dirinya, sampai pada akhirnya dia mampu terbang tinggi seperti saudara-saudaranya yang lain.

Sahabat pembaca, kira-kira apa motivasi yang dapat kita ambil dari kisah diatas?, motivasi yang bisa kita ambil adalah  sebuah kesuksesan itu tidak akan pernah ada kalau hanya sebatas tekat semata, semuanya harus dimulai dari sebuah tindakan, walapun tindakan itu mungkin sangat kecil.

Demikian 3 Kisah Inspiratif yang Dapat Menyentuh Hati Anda yang dapat saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Terimakasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here