5 Ciri Orang Bermental Lemah dan Cara Mengatasinya

5 Ciri Orang Bermental Lemah dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Ciri Orang Bermental Lemah dan Cara Mengatasinya | Orang Bermental Lemah biasanya tidak bisa berhadapan dengan situasi yang sulit. Berkumpul, berorganisasi, dan terhubung dengan banyak orang, merupakan hal yang tidak bisa dilakukanya. Mereka cenderung lebih senang untuk hidup menyendiri, berada dalam kondisi nyamanya.

Karena mentalnya yang lemah, menyebabkan pribadinya tidak memiliki peningkatan kualitas hidup. Hidupnya terasa stagnan, begitu-begitu saja, bahkan bisa saja mengalami kemunduran.

Nah, sahabat pembaca yang budiman. Coba anda cek ciri / tanda di bawah ini, apakah salah satunya ada pada diri anda?. Jika iya, maka bisa jadi anda termasuk orang yang bermental lemah. Berikut adalah ciri / tanda orang yang bermental lemah.

1. Mudah merasa tersinggung

Orang bermental lemah mudah sekali merasa tersinggung. Ketika ada salah seorang temannya yang membicarakan sesuatu dengan berbisik-bisik. Maka dia langsung menganggap temanya itu membicarakan dirinya. Padahal sejatinya temanya tidak membicarakan dia.

2. Mudah menyerah dan putus asa

Namanya juga orang bermental lemah, sudah jelas dia akan mudah menyerah dalam menghadapi permasalahan hidup. Bila datang masalah bukanya menyelsaikan, eh malah menjauhinya.

3. Suka membandingkan diri dengan orang lain

Orang bermental lemah juga suka membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Dia menganggap dirinya kurang inilah, kurang itulah, seolah-olah dirinya penuh dengan kekurangan, sedang orang lain selalu dianggapnya paling baik.

4. Tidak suka bergaul / suka menyendiri

Orang bermental lemah juga ternyata adalah orang yang sulit bergaul. Makanya tak heran bila dia lebih memilih untuk menyendiri dibanding berbaur dengan banyak orang.

5. Hidup di zona nyaman

Selain ke-empat hal diatas, orang bermental lemah juga lebih senang pada kondisi yang flat. Kondisi di mana dia merasa dirinya hidup tenang, tanpa ada gangguan dan beban. Kondisi ini sering kita kenal dengan zona nyaman.

Setelah anda mengetahui ciri / tanda orang yang bermental lemah diatas. Maka selanjutnya anda juga harus tahu, bagaimana cara mengatasinya. Nah, disini saya sudah menyiapkan tipsnya, silahkan anda simak dengan baik.

1. Cari tahu keunggulan Anda

Setiap orang pada dasarnya adalah unik. Memiliki beragam kelebihan yang berbeda antar satu dengan lainya. Mulai dari kelebihan dalam hal pendidikan, seni, agama dan berbagai macam bidang lainya.

Namun kelebihan yang ada itu tidak akan pernah menjadi kelebihan yang baik, bila tidak dikembangkan dan ditingkatkan.

Oleh sebab itu, jika anda adalah orang yang bemental lemah, temukanlah kelebihan anda. Kemudian tingkatkan dan kembangkanlah, sampai akhirnya kelebihan anda akan menuntun anda pada kesuksesan di masa depan.

Baca Juga : 5 Cara Agar Menemukan Potensi Diri Sendiri

2. Fokus pada keuntungan Anda

Banyak orang yang ingin merubah diri. Katakan saja, ingin merubah diri menjadi lebih percaya diri. Namun satu hal yang seringkali menjadi kendalanya, dia tidak bisa fokus pada kelebihanya.

Dia selalu berada dalam bayang-bayang kerugian yang dia miliki, jadi semua keuntungannya, seolah-olah itu tidak ada artinya.

Jika memang anda adalah orang yang bermental lemah. Saya tekankan kepada anda, fokuslah pada kelebihan anda, jangan fokus pada kekurangan anda.

Ingat!!!, semua orang pasti punya kekurangan, tidak ada manusia yang sempurna. Jika hari ini anda hanya fokus pada kekurangan anda, maka anda hanya akan diam di tempat dan tetap menjadi orang yang bermental lemah.

3. Tuiiskan impian anda

Ternyata menulis itu juga penting jika ingin mengatasi mental yang lemah. Tapi menulisnya bukan menulis hal-hal sembarangan. Yang ditulis itu harus baik, misalkan menuliskan impian yang ingin di capai.

Dengan menuliskan impian yang ingin di capai, anda akan berusaha terbuka dan berjuang lebih keras lagi demi mencapai impian anda.

Apapun dan bagaimanapun caranya, anda akan tetap berusaha melakukanya, meski dengan cara memaksa diri untuk bergaul dan terbuka dengan banyak orang.

4. Mulailah untuk peduli dengan lingkungan sosial

Untuk mengatasi metal lemah, anda juga harus belajar membiasakan diri untuk bersosial, berbaur dengan orang lain. Kebiasaan ini bisa anda lakukan dilingkungan anda sehari hari.

Bersikaplah ramah terhadap orang lain, lama-semakin lama anda akan merasa nyaman, dan anda pun akan berhasil mengubah diri yang semulanya bermental lemah menjadi bermental kuat.

5. Jangan sia-siakan waktumu

Untuk mengatasi mental lemah dalam diri, juga dapat dilakukan dengan berpikir dan merenung. Pikirkan bahwa waktu ini singkat, waktu ini berjalan dengan sangat cepat, dan waktu juga tidak akan pernah bisa berhenti.

Maka dengan begitu, anda akan berusaha untuk memanfaatkan waktu dengan baik. Terutama digunakan untuk mencapai hal yang baik, tentunya meningkatkan kualitas, dari yang semulanya hanya mementingkan diri sendiri menjadi mementingkan banyak orang (berguna bagi banyak orang).

Demikian pembahasan saya yang berjudul “5 Ciri Orang Bermental Lemah dan Cara Mengatasinya“. Terimakasih banyak sudah menyempatkan diri untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat, salam inspirasi !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *