Cerita Pendek Motivasi yang Akan Menginspirasi Hidup Anda

5 Cerita Pendek Motivasi yang Akan Menginspirasi Hidup Anda

Diposting pada

Membaca kumpulan cerita pendek motivasi tentu akan menginspirasi hidup kita. Terlebih cerita yang kita baca memiliki makna yang baik, maka bisa jadi itu akan menumbuhkan motivasi di dalam diri kita.

Nah, sahabat pembaca yang budiman. Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menceritakan beberapa kisah inspiratif, yang semoga saja bisa menginspirasi hidup anda. Seperti apa ceritanya?, Simak berikut ini 5 Cerita Pendek Motivasi yang Dapat Menginspirasi Hidup.

Cerita Motivasi #1 – Kisah Semut dan Tupai

Suatu hari ada seorang petani yang sedang duduk di pinggir sawah. Disamping sawahnya dia juga memiliki sepetak lahan yang ia tanami berbagai macam tanaman buah. Namun pemandangan kurang mengenakan yang sering dia temukan adalah dia sering melihat tupai meloncat di tanaman buah milikinya.

Tupai itu telah banyak merusak hasil panen tanaman buahnya. Petani sangat sedih melihat hal itu. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengatasinya, namun tak jua membuat tupai berhenti mengganggu tanamanya.

Hingga suatu ketika, terlihat seekor semut hitam merasa prihatin terhadap apa yang dirsakan oleh si petani itu. Semut hitam pun mengajak segerombolan kawanya untuk naik ke atas pohon menuju tempat yang paling tinggi. Sampai diatas, tupai pun melihat segerombolan semut hitam itu kemudian pergi menjauh, konon katanya tupai takut dengan semut hitam.

Petani nampak heran mengapa tanamanya sudah tidak diganggu tupai lagi. Setelah diamati ternyata semua karena bantuan dari semut hitam itu.

Motivasi yang bisa kita ambil dari kisah diatas adalah, sepandai-pandainya tupai dalam melompat, pasti akan ada kelemahanya. Dan bahkan kelemahanya terkadang tidak kita sangka-sangka. Bukan singa, bungan harimau yang mengusir tupai, namun hanya segerombolan semut hitam yang ukuranya sangat kecil.

Sesuatu yang kecil akan menjadi hal yang berdampak bila dia berjumlah banyak. Oleh sebab itu jangan pernah menyepelekan hal kecil di dalam hidup, sebab itu bisa menjadi hal yang hebat bila dilakukan secara terus menerus.

Cerita Motivasi #2 – Kisah Belalang yang Selalu Meremehkan Sesuatu

Dahulu kala, hidup seekor belalang yang riang dan gembira. Keseharianya dihabiskan untuk bersenang-senang. Sambil menikmati harinya, terkadang dia melihat teman-temanya yang lain sedang sibuk mengumpulkan makanan untuk persiapan di musim kemarau.

Salah seekor semut manyapanya “Wahai belalang, mengapa engkau tidak mempersiapkan makanan sebagai bekal dimusim kemarau nantinya?” Belalang menjawab dengan enteng “Santai saja, saya tidak terlalu memikirkan itu”.

Singkat cerita, musim kemarau pun tiba. Semua serba kering, tanaman yang dulunya hijau dan banyak menghasilkan buah, sekarang menjadi kering tanpa tersisa apa-apa. Belalang kebingungan harus mencari makan kemana lagi, dia teringat dengan ungkapan samut waktu itu kepadanya, dia sangat menyesal tidak melakukan persiapan sebelumnya.

Tak lama setelah itu, belalang tergeletak pingsan karena tak sanggup menahan rasa lapar dan hausnya. Akhirnya, dia pun diselamatkan oleh semut dan diberikan makanan agar kondisinya membaik.

Apa motivasi yang bisa kita ambil dari kisah diatas? Motivasinya adalah jangan pernah meremehkan segalal sesuatu. Teradang musibah tidak langsung datang begitu saja, oleh sebab itu dibutuhkan persiapan dalam segala kemungkinan yang terjadi. Dengarkan juga nasehat dari teman, terkadang itu baik untuk diri kita.

Cerita Motivasi #3 – Belajar dari Sebuah Kepompong

Suatu hari ada seorang anak sedang bermain, dia melihat sebuah kepompong. Di dalamnya terdapat seekor kupu-kupu munyil yang sedang berjuang mengeluarkan dirinya dari lubang ujung kepompong yang sangat kecil.

Melihat fenomena itu, sang anak merasa kasihan, dia pun membantu kupu-kupu untuk keluar dari lubang yang sangat kecil itu. Dia mengambil gunting lalu memperlebar lubang di ujung kepomong agar kupu-kupu itu bisa keluar.

Setelah kupu-kupu berhasil keluar, nampaknya ekspetasi anak itu tidak seusai dengan yang diharapkan. Anak itu berharap kupu-kupu bisa terbang, sayangnya ternyata kupu-kupu itu tidak bisa terbang. Sayapnya masih rapuh, dia masih belum siap menghadapi dunia luar, dia dipaksa keluar sebelum waktunya, akhirnya dia pun tidak sanggup menghadapi lingkungan barunya.

Motivasi yang bisa kita ambil dari cerita diatas adalah, dalam hidup kita harus berjuang sendiri, jangan pernah membiasakan diri hidup manja. Berusahalah jadi orang yang mandiri. Jika kita terbiasa manja, apa-apa semua serba dibantu orang lain, maka kita akan menjadi seperti kepompong tadi, kita tidak akan sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungan baru nantinya.

Cerita Motivasi #4 – Kisah Kerjasama Tim Kancil dan Kera

Dahulu kala, seekor kera menantang kancil untuk berlomba mengadu siapa yang terbaik diantara mereka. Dengan meminta bantuan tupai sebagai jurinya, mereka pun memulai perlombaan.

Lomba pertama adalah mencapai ujung pohon, siapa yang lebih dulu sampai diatas dialah pemenangnya. Lomba pun dimulai dan jelas pemenangnya adalah kera. Lanjut ke lomba kedua, siapa yang lebih dulu sampai puncak gunung dialah pemenangnya. Perlombaan dimulai dan pemenangnya adalah kancil.

Antara kancil dan kera, mereka sama-sama mengeluh, kancil mengeluhkan bahwa dia mana mungkin bisa memanjat secepat kera. Kera pun juga mengeluhkan, mana mungkin dia bisa berlari secepat kancil.

Lanjut kepada perlombaan ketiga, mereka harus bisa sampai puncak gunung kemudian memetik buah yang ada di pohon tertinggi disana. Mereka berdua memulai perlombaan.

Kera ketinggalan di belakang, si kancil berlari dengan sangat cepat dan akhirnya dia sampai di puncak gunung, namun dia kebingungan, dia tidak bisa memanjat dan memetik buah diatas pohon. Singkat cerita akhirnya dia bekerja sama dengan si kera supaya sama-sama imbang.

Kancil membantu kera melewati medan untuk naik ke puncak, sedangkan si kera membantu kancil memanjat dan mengabil buah diatas pohon.

Motivasi yang bisa kita ambil dari kisah diatas adalah, antara kancil dan kera memiliki kelebihan yang berbeda-beda, namun apabila kelebihan itu disatukan, maka dapat mencapai sebuah keberhasilan.

Begitupun dengan kita, setiap pribadi kita pasti memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Ketika kita sibuk saling menjatuhkan dan menjelekan maka kelebihan itu tidak akan menghasilkan apa-apa, namun bila kita gunakan perbedaan kelebihan itu untuk bersatu maka kita akan bisa berhasil dalam meraih segala hal.

Cerita Motivasi #5 – Sifat Kepiting

Kita semua pasti tahu kepiting, bahkan kita seringkali menangkapnya, namun tidak semua diantara kita tahu akan sifat yang dimiliki oleh kepiting.

Di Filipina banyak sekali masyarakat desa yang gemar menangkap kepiting untuk dijadikan santapanya. Ketika mereka mancari kepiting, pasti hasil yang di dapatnya akan dimasukan ke dalam bak atau baskom.

Para penangkap kepiting itu tidak pernah khawatir kalau kepitingnya akan keluar dari baskom walau mereka tidak menutupinya. Meskipun mereka tahu kepiting akan berusaha keras untuk bisa keluar, tetapi si penangkap selalu saja santai dan tidak khawatir.

Mengapa bisa begitu? semua itu karena mereka tahu akan sifat dari kepiting. Ketika ada temanya yang berusaha keluar dari baskom, maka teman-temanya yang lain akan berusaha menariknya kembali, begitulah seterusnya, hingga dari sekumpulan kepiting yang ditangkap itu tidak ada yang berhasil keluar.

Apa motivasi yang bisa kita ambil dari cerita diatas? motivasinya adalah, kita mungkin sering seperti segerombolan kepiting itu. Ketika ada salah seorang teman kita yang mencoba untuk berhasil, kita berusaha dengki denganya. Seolah-olah kita berherap dia tidak akan pernah bisa berhasil di dalam hidupnya.

Sahabat pembaca yang budiman, rasa dengki dalam diri ini haruslah kita buang, karena tidak ada manfaatnya bagi diri kita, itu hanya akan membuat diri kita tambah sakit melihat kenyataan teman kita jauh lebih baik dibanding kita. Percayalah semua orang memiliki kesempatan dan peluangnya masing-masing, tentunya itu sesuai dengan proses hidup yang dialami.

Baca Juga : 3 Kisah Inspiratif yang Dapat Menyentuh Hati Anda

Demikian artikel saya tentang 5 kisah motivasi yang dapat menginspirasi hidup. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya, semoga bermanfaat.

 

One thought on “5 Cerita Pendek Motivasi yang Akan Menginspirasi Hidup Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *