5 Cara Terbaik Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

5 Cara Terbaik Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Diposting pada

Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi – Apakah anda mengalami masalah dengan daya ingat dan konsentrasi anda?, jika iya maka artikel ini sangat tepat untuk anda. Disini saya akan menjelaskan secara lengkap apa saja yang harus anda lakukan agar daya ingat anda semakin meningkat.

Namun sebelum itu, ada baiknya anda mendengarkan dulu penjelasan saya tentang otak. Otak merupakan organ terpenting yang dimiliki manusia. Otak memiliki beragam fungsi yang unik, semua hal yang kita lakukan itu dikendalikan oleh otak.

Mulai dari berbicara, berpikir, bertindak, semua dikendalikan oleh otak kita. Coba bayangkan, kalau saja otak kita sedikit bermasalah, maka akan berpengaruh buruk bagi kehidupan kita.

Fakta Tentang Otak yang Harus Diketahui

Semakin tua seseorang maka semakin menurun daya ingat otaknya. Ia akan sulit berkonsentrasi dan mengingat sesuatu.

Namun nampaknya, bukan hanya orang yang tua saja yang mengalami masalah seperti itu. Bahkan orang yang masih muda pun, kadang bisa mengalami penurunan daya ingat apabila otaknya tidak dijaga dan dirawat dengan baik.

Untuk mengantisipasi ataupun mengatasi hal itu, maka berikut akan saya jelaskan tips dan solusi bagaimana cara ampuh meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

1. Perhatikan Asupan Makanan yang Masuk dalam Tubuh Anda

Makanan bisa menjadi faktor terpenting untuk meningkatkan daya ingat otak kita. Memilih makanan untuk dikonsumsi sebenarnya tidak boleh sembarangan, sebab bila makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak jelas, maka akan bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Beberapa pilihan makanan yang baik untuk otak seperti sayur-sayuran, buah-buahan, makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, dan juga telur. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang rekomendasi makanan peningkat daya ingat dan konesentrasi di blog lain, silahkan searching saja di google banyak.

2. Senantiasa Menjaga Kesehatan dengan Berolahraga

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh American Academy of Neurology, rutin melakukan olahraga ternyata sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak, khususnya mengasah memori agar lebih tajam.

Dari Penelitian tersebut menunjukkan bahwa olahraga memang sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami gangguan kognitif, kondisi di mana kemampuan berpikir dan daya ingat memburuk.

Oleh sebab itu, bila kita ingin otak kita tetap terjaga dengan baik, sering-seringlah berolahraga. Dengan berolahraga, bukan hanya otak saja yang menjadi sehat, melainkan organ tubuh yang lain pun juga akan ikut sehat.

Baca Juga : 6 Rahasia Menjadi Cerdas Seperti Albert Einstein

3. Menjaga Pola Tidur dan Istirahat

Kita tentu harus sadar bahwa kita bukanlah robot yang mampu bekerja dengan durasi waktu yang begitu lama. Kita hanyalah sebatas manusia biasa, yang tentunya banyak membutuhkan waktu untuk tidur / beristirahat.

Lama waktu yang baik untuk beristirahat setidaknya sekitar 7 sampai 8 jam. Ingat ini hanya untuk yang dewasa, namun jikalau itu anak-anak maka durasi waktu istirahatnya menjadi berbeda.

Dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan, kurang tidur / kurang istirahat dapat menyebabkan bahaya serius bagi tubuh, tentunya ini bukan hanya berdampak untuk otak saja, melainkan juga berdampak bagi organ yang lainya juga. Oleh sebab itu, penting bagi kita selalu menata waktu istirahat kita dengan baik.

4. Selalu Melakukan Repetisi atau Pengulangan

Agar daya ingat menjadi semakin meningkat, mungkin dengan melakukan repetisi / pengulangan bisa menjadi cara ampuh anda dalam mengingat sesuatu.

Antoni Robins pernah mengatakan “Repetition is the mother of skill” Pengulangan adalah ibu dari skill. Skill akan terbentuk bila kita sering melakukanya, begitupun dengan daya ingat, ia akan terbentuk apabila kita sering melakukanya juga.

Bila kita sering membaca sebuah kisah dalam buku secara berulang-ulang, maka sudah pasti kita akan tetap mengingat kisah itu sampai kapanpun, sehingga itulah yang menjadi alasan mengapa anda harus melakukan repetisi/pengulangan jika ingin meningkatkan daya ingat.

5. Hindari Multitasking, Berusahalah untuk Fokus Bila Mengerjakan Sesuatu

Kebiasaan yang seringkali kita lakukan dan bahkan kadang kita melakukanya tanpa kita sadari adalah kebiasaan “Multitasking”. Apa itu multitasking?, Multitasking adalah kebiasaan dimana kita melakukan dua hal yang berbeda secara bersamaan.

Misalkan anda belajar sambil menonton TV, anda memasak sambil bermain game, anda berjalan sambil membaca. Itu semua merupakan contoh dari kebiasaan multitasking.

Kebiasaan ini bisa menjadi kendala anda berkonsentrasi dan fokus dalam mengingat sesuatu. Oleh sebab itu, jika anda merasa anda sering melakukanya, hindarilah dari sekarang, fokuslah untuk mengerjakan satu hal.

Demikian artikel saya tentang 5 cara terbaik meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, besar harapan saya ini dapat memberikan manfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *