Cara Presentasi yang Baik dan Menarik untuk Mahasiswa

Diposting pada

Presentasi bagi seorang mahasiswa merupakan hal yang lazim dilakukan. Bagaimana tidak, Hampir setiap hari selalu dihadapkan dengan mata pelajaran dan tugas-tugas yang harus di presentasikan di hadapan teman dan dosen.

Presentasi umumnya bisa menjadi tolak ukur kemampuan mahasiswa dalam menguasai suatu materi, sehingga dosen dapat mengetahui sejauh mana penguasaan mahasiswa terhadap materi yang diserap mahasiswa.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila ingin presentasi menjadi sangat baik, bahkan dikagumi oleh teman-teman dan dosen. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Lakukan Persiapan Materi

Sebelum melakukan presentasi, wajib bagi anda untuk mempersiapkan materi. Lancar atau tidaknya presentasi anda, bagus atau tidaknya presentasi anda, itu ditentukan dari sebagaimana persiapan anda terhadap materi presentasi.

Bacalah berbagai sumber terkait dengan meteri yang akan anda presentasikan. Misalnya seperti membaca banyak buku, mencari data di internet, dan bertanya kepada orang-orang yang sudah ekspert di bidang itu.

2. Latihan Sesering Mungkin

Usahakan latihanlah sesering mungkin, minimal anda harus latihan selama enam kali dulu baru presentasi anda akan terlihat baik. Namun apabila hasil latihan belum terlihat maksimal dimata anda, maka anda bisa latihan lagi sebanyak mungkin, sampai anda benar-benar puas dengan hasil anda.

3. Mintalah Bantuan Teman dalam Belajar

Saya yakin anda pasti memiliki banyak teman, sahabat, atau saudara disekitar anda. Cobalah untuk mengikut sertakan mereka dalam proses anda belajar.

Seperti misalnya, melakukan tanya jawab. Anggap teman anda sebagai audiens yang akan menilai presentasi anda, baik itu dari segi materi yang dibawakan dan presentasi yang disimulasikan.

Dengan begitu, materi yang anda praktikan dapat anda ingat dengan cepat, dan akan masuk ke alam bawah sadar anda melalui tanya jawab yang anda lakukan.

4. Pelajari Ilmu Public Speaking

Presentasi sebetulnya termasuk dalam ilmu public speaking. Anda mencoba berbicara dan menjelaskan sesuatu di hadapan banyak orang.

Apabila anda ingin belajar bagaimana presentasi yang baik, maka anda juga belajar cara public speaking yang baik.

Saya merekomendasikan anda untuk membaca artikel saya sebelumnya terkait belajar dasar public speaking.

Baca disini : Cara Belajar Public Speaking yang Baik dan Benar

5. Awali Presentasi dengan Pikiran yang Positif

Pikiran yang positif akan membentuk tindakan yang positif. Saya berikan contoh, misalnya sebelum presentasi anda memikirkan keberhasilan tentang presentasi anda, saya yakin di dalam implementasinya pun anda akan berhasil.

Sebaliknya bila anda memikirkan kgagalan tentang presentasi anda, maka hal itupun akan terjadi dalam presentasi anda.

Segala tindakan yang anda lakukan, semua bersumber dari apa yang anda pikirkan. Oleh karenanya latihlah diri anda untuk selalu berpikiran positif, yakin dengan kemampuan yang anda miliki bahwa anda bisa.

Kesimpulan

Apa yang saya sampaikan diatas, hanyalah sebagian kecil dari banyaknya tips dan trik terkait presentasi yang bisa anda temukan di berbagai media di internet.

Saya menulis ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, dan juga dari berbagai refrensi yang sudah saya pelajari.

Harapan saya anda tetap semangat dalam belajar, jangan pernah berputus asa. Kalau orang lain mampu presentasi dengan baik, anda pun juga mampu seperti mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *