sumber gambar : www.pexels.com

Cara Mudah Menaklukan Hati Orang yang Keras Kepala

Diposting pada

Orang yang keras kepala kerap kali menjengkelkan, inginnya menang sendiri. Gak pernah mau peduli dengan orang lain, yang terpenting hanya tentang dirinya saja.

Nah apa anda yang  saat ini membaca artikel ini pernah bertemu dengan orang yang keras kepala?, ataukah anda sendiri termasuk orang yang sifat nya keras kepala?.

Saya tidak terlalu mempedulikan itu, yang jelas disini saya hanya ingin sedikit sharing kepada anda terkait cara menaklukan / menghadapi orang yang memiliki sifat keras kepala.

#Bonus baca artikel lama : 5 Cara Menghadapi Orang Keras Kepala dan Egois

Beberapa tips yang akan saya bagikan ini, saya dapat dari beberapa buku yang pernah saya baca. Saya mencoba untuk mencocokanya di dalam lingkungan hidup saya kemudian saya simpulkan dan saya tulis di website ini.

Penasaran apa saja tipsnya? Berikut adalah beberapa hal yang harus anda lakukan dalam menaklukan hati orang keras kepala.

1. Pahami kodrat manusia

Ingatlah bahwa manusia itu lebih tertarik pada dirinya sendiri dibanding orang lain, sehebat apapun anda, tetap orang lain 1000 kali lebih tertarik pada dirinya sendiri dibandng anda.

Begitu juga dengan anda, anda jauh lebih tertarik dengan diri anda sendiri dibanding dengan orang lain.

Loh kok bisa? Mari kita buktikan. Pada saat anda berbicara dengan orang lain, apakah anda lebih suka mendengar orang lain bercerita tentang dirinya atau tentang diri anda?.

Tanpa perlu anda jawab pun sudah jelas, anda akan lebih tertarik membicarakan diri anda sendiri, ketimbang membicarakan orang lain tersebut.

Lalu, apa hubunganya dengan menyikapi orang yang keras kepala?

Orang yang keras kepala tidak bisa dibantah dari sudut pandang anda, melainkan anda harus mengubah segala sudut pandang persoalan dari sudut pandang dia. Ingat!, hanya dia.

Dengan anda mengubah sudut pandang dari sudut pandangnya, maka alam bawah sadarnya akan membuka ruang untuk anda, dia akan mulai nyaman bersama dengan anda.

Sehingga pada saat dia merasa nyaman, disanalah moment yang paling tepat untuk memberikan masukan secara halus.

2. Ambilah topik yang paling menarik

Berbicara dengan orang yang keras kepala tidak boleh membahas topik sembarang. Misal saja anda membahas topik yang tidak dia sukai, maka dengan ringanya dia akan berpalin dari anda. Baik itu secara pemikiran maupun tindakan.

Usahakan anda membahas hal-hal yang berkaitan dengan apa yang dia sukai. Contohnya misalkan seperti hobinya, anda membahas hobi yang dia sukai.

Jika anda sudah berhasil membuatnya nyaman dengan membahas hal-hal yang dia sukai, saya ucapkan selamat kepada anda. Anda sudah berhasil menaklukan orang yang keras kepala.

3. Lebih banyak mendengarkan daripada berbicara

Sebenarnya inti sari dari poin yang ketiga ini hampir sama / tidak jauh berbeda dengan apa yang saya jelaskan pada poin pertama tadi. Jadilah seorang pendengar yang baik, dengar semua keluh kesah yang dia rasakan.

Dengarkan curhatanya, lalu berikan dia masukan yang baik. Bicaralah secara perlahan, tanpa meluaki perasaanya.

4. Mengkritik seperti tidak mengkritik

Maksudnya mengkritik seperti tidak mengkritik ini bagaimana?

Yang saya maksud mengkritik seperti tidak mengkritik, ialah seolah-olah anda tidak mengkritik dia, walau sejatinya anda mengkritik dia.

Misalkan anda menggunakan bahasa halus, sehingga kritikan anda akan terlihat samar-samar tanpa dia sadari. Contoh berikut mungkin bisa memberikan gambaran.

“Saya setuju sekali dengan pendapatmu sobat, dengan cara yang seperti itu akan membuat masalah ini semakin baik. Wah kamu hebat ya bisa memiliki pemikiran seperti itu, saya salut, tapi bagaimana kalo kita atasi dengan cara seperti ini juga biar tambah baik”

Nah penggalan ungkapan diatas merupakan sedikit gambaran tentang cara mengkritik namun tidak seperti mengkritik.

Sebelum memberikan kritikan, pendapat, dan saran, sebaiknya anda puji-puji dulu dia. Baru nanti kalau dia sudah klepek-kelepek (alias lengah) baru deh anda keluarkan jurus anda, ups maksud saya kritikan anda.

Nah bagaimana?, apa anda sudah mengerti cara menyikapi orang yang keras kepala. Jika sudah maka saat nya saya ucapkan selamat kepada anda.

Anda sudah berhasil menyerap materi yang saya sampaikan, tinggal selanjutnya ke tahap implementasi.

Silahkan anda implementasikan di dalam kehidupan anda sehari-hari. Jika anda ingin terhubung dengan saya, anda bisa menghubungi saya melalui media sosial di bawah ini :

Facebook : https://www.facebook.com/roli.supiawan.3

Instagram : https://www.instagram.com/supiawanroli/

Youtube : https://www.youtube.com/RoliSupiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *