Cara Merubah Sifat Pemalu dalam Dirimu Menjadi Percaya Diri

Diposting pada

Saya pernah membaca sebuah buku berjudul, THE ART OF DEALING WITH PEOPLE, Bagaimana membina hubungan untuk meraih sukses dan Bahagia.

Dalam buku tersbut digambarkan tentang pentingnya bersosial, berhubungan dengan banyak orang dan menjadi orang yang lebih terbuka, tentu itu akan menjadi kunci seseorang bisa mendapatkan kebahagian dan kesuksesan dalam hidupnya.

Misalnya kita adalah seorang pengusaha, katakanlah kita membuka sebuah usaha makanan. Namun karena mental kita yang sangat buruk, kita minder bertemu pelanggan, kita malu dilihat sebagai seorang penjual, bahkan kita malu dan gugup berbicara sambil melayani konsumen kita. Maka itu sudah pasti akan merugikan diri kita.

Ingat! Tidak semua orang bisa optimis dengan mudah, tidak semua orang memiliki kepercayaan diri yang kuat untuk berkomunikasi dengan orang lain, oleh sebab itu berikut ini adalah hal yang bisa kita lakukan untuk melawan sifat pemalu kita agar lebih berani dan menjadi percaya diri.

#1 Hialngkan Mental Block dalam Diri kita

Percayalah bahwa kita pasti bisa!, Jika orang lain bisa maka semua orang punya kesempatan juga untuk bisa. Inilah yang menjadi dasar kita bisa merubah diri dari pesimis menuju optimis.

Logika sederhana, sebuah batu yang keras ditengah sungai kenapa bisa terkikis oleh air yang lemah? Itu bukan karena airnya terbuat dari besi atau dari cairan panas, melainkan karena air itu konsisten terus menerus menitiskan diri kepada batu itu, maka secara otomatis lambat laun batu akan terkikis sedikt demi sedikit.

Begitu pula dengan diri kita, sebodoh bodohnya kita, seminder mindernya kita, tentu masih ada jalan untuk bisa menjadi lebih baik, asalkan ada kemauan dan usaha yang dilakukan secara konsisten.

#2 Mulailah dari Hal yang Sederhana

Katakanlah kita bergaul dengan 1 orang teman kita, belajarlah mendominasi, belajarlah berargumen, belajarlah berbicara dengan baik. Kemudian jika sudah terbiasa dengan satu orang teman, tambah lagi menjadi 2, 3, 4, dan seterusnya.

Maka secara tidak langsung skill sosial kita akan mulai terbentuk.Seanjutnya, belajarlah berorganisasi atau berkomunitas, tentunya agar jangkauan sosial kita semakin luas, teman kita semakin banyak, bahkan mental kita akan semakin kuat.

Dari yang semulanya minder akan menjadi percaya diri, dari semulanya gak berani bicara akan menjadi orang yang mendominasi pembicaraan.

#3 Jangan Pernah Takut Salah

Jika ada kesempatan berbicara dihadapan banyak orang jangan disia siakan, maksimalkan kesempatan itu dengan sebaik mungkin. Contohnya misalkan kita diberikan kesempatan untuk menjadi seorang pembicara atau public speaker dalam acara tertentu, maka terimalah.

Lakukan dengan sebaik mungkin, tidak peduli kita akan salah atau tidak yang terpenting kita punya kesempatan untuk belajar, dan mencari pengalaman lebih banyak lagi.

Jika hal itu sering kita lakukan, saya percaya kita akan menjadi orang yang sangat percaya diri. Apapun yang kita lakukan, kita akan bermental optimis, sebab kita sudah terbiasa sejak lama dari pengalaman belajar kita sebelumnya.

Demikianlah tips bagaimana mengubah diri kita lebih percaya diri dalam bersosial, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *