Cara Merubah Diri Menjadi Lebih Baik

10 Cara Paling Ampuh Merubah Diri Menjadi Lebih Baik

Diposting pada

Perubahan di dalam hidup itu penting, sejatinya semua orang harus berubah. Perubahan itu pun arahnya harus positif. Anda tentu tidak mau kan, kalau hidup anda flat atau malah semakin buruk. Maka dari itu, disini kita akan belajar bersama-sama, bagaimana caranya agar bisa merubah diri kita menjadi lebih baik.

Merubah diri memang tidaklah mudah, namun bila kita beromitmen dan terus konsisten untuk melakukannya, apapun bisa terjadi, termasuk juga merubah hidup kita.

Kebetulan disini saya sudah mengumpulkan, beberapa daftar tindakan yang harus dilakukan agar hidup menjadi lebih baik. Apa saja daftarnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Hadapi masalah yang datang

Kita tidak bisa menghindar dari masalah, bahkan dari waktu ke waktu, masalah ini kian banyak berdatangan. Namun langkah yang seharusnya di ambil, bukanlah menjauhinya, melainkan sebaliknya, kita harus menghadapinya.

Dengan menghadapi masalah, kita akan mendapat banyak pengalaman yang dapat menjadikan kita lebih baik dari sebelumnya. Pengalaman itu penting, semua orang butuh pengalaman, begitupun juga dengan kita.

2. Pelajari hal positif dari setiap hal yang dialami

Dari sekian banyaknya aktivitas yang anda lakukan setiap hari, anda harus mampu mengambil hal positifnya. Saya percaya bahwa, segala aktivitas kita di dalam hidup ini, pasti ada sisi positif dan negatifnya. Namun sebagai manusia yang baik, tentunya kita haruslah cerdas, mampu mengambil sisi baiknya saja dan membuang sisi negatifnya.

3. Jangan terlalu banyak membuang waktu untuk hal-hal yang tidak produktif

Sadarkah anda, bahwa ternyata dalam aktivitas anda sehari-hari, anda telah membuang banyak waktu anda. Coba di ingat, mungkin anda sering menyepelekan waktu. Seperti misalnya, anda mengatakan “alah nanti saja, saya mau main-main dulu”, dan hingga akhirnya pekerjaan anda yang paling penting menjadi terbengkalai.

Untuk menjadikan hidup lebih baik, anda harus menetapkan produktivitas di dalam hidup anda. Buat sebuah komitmen untuk menata aktivitas sehari-hari. Sebagai contoh, anda sudah menuliskan jadawal kegiatan yang harus anda lakukan setiap harinya, maka ini tentu akan membuat hidup anda menjadi lebih baik.

Baca Juga : 7 Cara Manajemen Waktu Agar Hidup Lebih Produktif

4. Berusaha untuk mendisiplinkan diri

Prilaku disiplin merupakan tindakan memaksa diri menjadi lebih baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendisiplinkan diri, termasuk juga memberikan reward dan punishmet kepada diri sendiri atas prestasi atau kelalaian yang dilakukan.

5. Hargai dirimu sendiri, Kamu juga memiliki kelebihan seperti orang lain

Kadang mungkin anda sering merasa minder, kurang percaya diri, merasa diri lebih buruk dari yang lain. Saya mengerti akan hal itu, tentu sangat tidak mengenakan bagi anda.

Namun pernahkah anda berpikir, bila anda terus-terusan seperti itu, apakah hidup anda akan semakin baik?

Sahabat pembaca yang budiman, jangan terlalu merendahkan diri anda sendiri. Sejatinya setiap orang memilki kelebihan, dan kelebihan itu tidaklah sama.

Baca Juga : 5 Cara Agar Menemukan Potensi Diri Sendiri

6. Selalu berusaha bahagia dan tersenyum, walau kondisi sedang sedih

Kadang pada kondisi tertentu hati kita merasa down. Melihat kondisi masalah yang begitu memberatkan hidup, semakin membuat kita menjadi sedih. Bila kita mengalami masa itu, hendaklah untuk berusaha sabar, tersenyum, dan bahagia.

Seberat apapun masalah yang kita terima, semua pasti akan berlalu. Masalah itu tidak akan selama-lamanya menerpa kita, pasti suatu hari ada masanya kita akan mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

7. Berusaha hidup mandiri, tidak tergantung orang lain

Untuk menjadi pribadi yang semakin baik, anda jangan terlalu bergantung dengan orang lain. Berusahalah untuk menjadi pribadi yang mandiri.

Coba buat sebuah tantangan dalam hidup anda, misalkan tantangan untuk menjadi lebih mandiri. Mencoba menolak bantuan orang lain, kemudian anda berusaha dan bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri.

8. Selalu membuat goals dan target

Orang yang besar diluar sana, mereka terlahir dari titi 0, titik terendah. Mengapa mereka bisa menjadi orang sukses? Jawabanya satu, mereka selalu menetapkan goals dan target sehingga dengan goals dan target itulah, mereka tidak pernah lelah untuk terus bekerja, berusaha mencapai mimpi-mimpinya.

9. Selalu dekat dengan Sang Pencipta (Tuhan)

Dalam hidup, jangan sekali-kali anda melupakan Tuhan. Berbagai kenikmatan hidup yang kita rasakan semuanya bersumber dari Sang Pencipta. Maka dengan terus menjalin hubungan denganya, kita akan dimudahkan jalan hidup, termasuk dalam proses memperbaiki diri menjadi lebih baik.

10. Selalu menjalin hubungan baik dengan orang-orang disekitar

Selain menjalin hubungan baik dengan sang pencipta, menjalin hubungan baik dengan sesama juga sangat penting. Banyak teman banyak maka banyak saudara, anda akan mendapat dukungan dari banyak orang disekitar anda.

Penutup

Demikian artikel saya tentang 10 Cara Paling Ampuh Merubah Diri Menjadi Lebih Baik. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan Salam Inspirasi !!!

Apakah anda punya cara lain yang lebih efektif? Silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini !!

3 thoughts on “10 Cara Paling Ampuh Merubah Diri Menjadi Lebih Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *