Cara Bijak Menolak Teman yang Suka Meminjam Uang

Cara Bijak Menolak Teman yang Suka Meminjam Uang

Diposting pada

Cara Bijak Menolak Teman yang Suka Meminjam Uang – Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali mempraktikan aktivitas pinjam-meminjam. Bukan hanya kita saja yang sering di pinjami, namun kita sendiri pun terkadang suka meminjam kepada orang lain.

Banyak hal yang menjadi masalah prihal pinjam-meminjam. Jika kita memberikan pinjaman kepada orang lain, kadang ada yang mudah mengembalikan, kadang ada juga yang sulit mengembalikan.

Nah orang yang sulit mengembalikan inilah yang sering membuat kita menjadi jengkel. Bayangkan saja, anda dipinjami uang, padahal sejatinya anda juga butuh, namun karena dia juga sangat butuh, akhirnya anda berusaha mengalah dan memberinya pinjaman.

Sayangnya, pada waktu kembalinya sudah tiba, eh dia lupa dan tidak mengembalikan uang yang di pinjamnya, alasanya sih dia belum punya uang, walaupun sebenarnya dia punya cuma dia malas untuk mengeluarkanya.

Kita tentu merasa tidak senang dengan sifat orang yang seperti itu, maka ada baiknya ketika dia meminjam sekali lagi, cobalah untuk menolaknya. Namun cara menolaknya haruslah baik, agar hubungan pertemanan anda tidak putus. Sebab diluar sana banyak sekali orang yang hubungan persaudaraan dan pertemananya rusak hanya karena masalah seperti ini.

Bagaimana cara menolak teman yang suka meminjam uang?

Hal yang harus anda ingat terlebih dahulu adalah, jangan berharap uang anda akan kembali jika memang orang yang meminjami anda, seringkali tidak mengembalikan pinjamanya.

Cara menolak orang yang seperti itu adalah, anda harus menolaknya dengan cara yang bijak, yakni gunakan bahasa yang baik, sopan, dan saling menghargai.

Sebagai contoh misalnya, mohon maaf bro bukanya saya tidak mau meminjamkan uang, tapi ya mau bagaimana lagi, posisi saya saat ini juga lagi kurang baik, saya juga sedang membutuhkan uang untuk keperluan pribadi saya.

Nah dengan memberikan alasan, kemudian mengutarakanya dengan cara yang bijak seperti itu, saya rasa dia akan paham dan memakluminya.

Kalau memang anda bisa meminjaminya, ada baiknya berikan sebagian kecil saja dari uang yang anda miliki. Takutnya kalau anda berikan banyak, sewaktu-waktu anda butuh uang, anda akan kesulitan.Sehingga, kalaupun dia tidak mengembalikan, maka anda tidak merasa sakit hati, sebab jumlahnya tidak terlalu besar. Ya anggap saja itu bantuan kecil anda kepada seorang teman.

Coba katakan kepada dia, bro saya hanya bisa memberikan segini saja, saya harap kamu mengerti, saya juga sedang membutuhkan uang. Sisanya silahkan kamu usaha lagi, saya doakan kamu dimudahkan oleh Tuhan.

Nah, kira-kira seperti itulah cara menolak teman yang suka meminjam uang kepada anda. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga ini dapat bermanfaat di dalam hidup anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *