sumber gambar : www.pexels.com

Cara Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik dan Disegani

Diposting pada

Cara Menjadi Seorang Pemimpin yang Baik dan DiseganiSeorang Pemimpin bertugas sebagai kepala dalam suatu kelompok untuk membawa kelompok tersebut mencapai tujuanya.

Tanggung jawab seorang pemimpin sangatlah besar, bukan hanya sekedar mengelola dan menjalankan, namun juga harus mampu membuat sebuah gebrakan baru untuk mewujudkan visi dan misinya.

Masih ingat dengan pemimpin hebat dunia, seperti George Washington, Abraham Lincoln,
adolf hitler atau bahkan juga presiden kita Soekarno. Mereka memimpin dengan baik, penuh tanggung jawab sehingga mampu bertahan di masanya menjadi yang terbaik.

Apa yang saya jelaskan diatas adalah konteks pemimpin secara umum. Lalu bagaimana dengan pemimpin dalam lingkup yang kecil, misalnya pemimpin kelompok organisasi dan perusahaan kecil. Secara garis besar, untuk menjadi pemimpin yang baik dan disegani sama saja. Ada beberapa kriteria yang harus di implementasikan.

Berikut adalah 5 cara menjadi pemimpin yang baik dan disegani :

  • Memberi contoh yang baik

Seorang pemimpin adalah cerminan dari apa yang di pimpinya. Ketika anda ingin menjadi seorang pemimpin yang baik dan disegani, maka wajib bagi anda untuk memberikan contoh yang baik.

Selama anda menjabat sebagai seorang pemimpin, berusaha dan bekerja keraslah agar bawahan anda dapat termotivasi dengan tindakan yang anda contohkan.

  • Terbuka kepada bawahan

Bersikap terbuka terhadap bawahan, artinya anda bersedia menerima masukan dan saran dari bawahan anda. Di jaman sekarang, gaya kepemimpinan yang paling disukai adalah pemimpin yang demokratis.

Menerima aspirasi dan masukan dari para bawahannya, sehingga dalam mengambil keputusan dapat dimusyawarahkan dengan baik.

  • Memotivasi bawahan

Yang tidak kalah pentingnya juga dalam memimpin adalah memberikan motivasi kepada bawahan. Tidak banyak seorang pemimpin mampu memberikan motivasi kepada bawahanya dengan baik.

Kadang ini mungkin anda spelekan, padahal bawahan anda bekerja berjam-jam dengan tugas yang begitu berat. Mereka juga seorang manusia yang kadang mengalami rasa pesimis, maka disinilah peran anda sebagai pemimpin dapat memberikan dorongan dan motivasi.

Memotivasi sangat berkaitan dengan ilmu public speaking, bagaimana seorang pemimpin dapat berbicara dengan baik, dan dapat memberikan dorongan motivasi.  Saya rekomendasikan anda membaca beberapa artikel saya terkait public speaking disini.

  • Memberikan reward dan punishment

Reward adalah penghargaan dan punishment adalah hukuman. Apa sebenarnya tujuan dari hal ini?, Tidak lain dan tidak bukan, tujuanya adalah untuk meningkatkan kinerja bawahan anda.

Kalau ada bawahan anda yang memiliki prestasi baik, maka jangan disepelekan. Berikan dia hadiah atas pencapaianya, agar dia dapat bekerja lebih baik lagi.

Begitu juga sebaliknya, bila bawahan anda kerjanya tidak baik, dan itu merugikan perusahaan, maka sudah menjadi kewajiban anda memberikan  hukuman dan pembinaan agar dia jera dan tidak melakukan kesalahan lagi.

  • Penyabar

Selain memotivasi maka yang terakhir adalah penyabar. Ada banyak sekali karakter dan sifat dari bawahan anda, kalau saja anda tidak memiliki jiwa penyabar, saya yakin anda tidak akan sanggup dalam memimpin.

Disinilah anda sebagai pemimpin akan diuji emosionalnya, apabila sewaktu-waktu anda mendapatkan sebuah masalah, dan itu terjadi karena ulah bawahan anda, maka anda harus bersikap tenang dan sabar dalam menghadapinya.

Kesimpulan

Menjadi seorang pemimpin bukanlah hal yang mudah, apalagi memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Tantangan dan permasalahan pasti akan selalu ada.

Jangan pernah berharap menjadi sorang pemimpin yang sempurna, karena sebaik-baiknya seorang pemimpin pasti ada saja kekuranganya dimata orang lain.

Lakukanlah apa yang mampu anda lakukan. Berikan kontribusi terbaik anda selama menjadi seorang pemimpin, Insyaallah anda akan dipandang baik dan disegani oleh bawahan anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *