5 Cara Menjadi Diri Sendiri yang Apa Adanya

Cara Paling Ampuh untuk Menjadi Diri Sendiri yang Apa Adanya

Bagi sebagian orang, mungkin menjadi diri sendiri itu sulit. Terlebih lagi ketika melihat fakta banyaknya kekurangan yang dimiliki, maka itu semakin membuat diri menjadi minder dihadapan orang lain.

Saya sendiri pun pernah berada pada posisi itu. Saya tidak yakin dengan diri saya, saya tidak yakin dengan potensi yang ada dalam diri saya, hingga pada akhirnya sikap saya yang seperti itu membuat saya menjadi semakin minder bahkan malu bertemu dengan orang lain.

Para pembaca yang budiman, saya percaya bukan hanya saya yang pernah mengalami hal semacam itu, mungkin anda yang saat ini membaca artikel ini pun juga pernah mengalaminya.

Walau demikian, bukan berarti kita tidak bisa mengatasinya. Semua masalah dalam hidup pasti bisa diatasi. Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, akhirnya saya pun menemukan formula yang tepat untuk mengatsi rasa minder agar kita bisa menjadi diri kita sendiri.

Bagaimana Cara untuk Menjadi Diri Sendiri yang Apa Adanya?

Ada lima tips yang bisa diterapkan bila ingin menjadi diri sendiri. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengenali Kekurangan dan kelebihan Diri

Untuk menjadi diri sendiri yang apa adanya, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah kenali dulu kelebihan dan kekurangan yang anda miliki. Setelah anda mengetahui kekurangan dan kelebihan anda, maka anda bisa mengidentifikasi apa yang sekiranya anda kembangkan.

2. Jangan Malu Menerima Kekurangan Diri

Banyak orang yang ketika dia sudah tahu kekurangan yang dia miliki, eh justru membuat dia semakin pesimis. Katakan saja anda memiliki kulit yang hitam. Nah anda minder dengan kulit anda yang hitam itu, akhirnya karena anda minder, andapun mencoba menjauh dari lingkungan teman anda.

Pada saat itu tidak ada yang bisa disalahkan, itu semua adalah takdir tuhan. Sebagai manusia yang baik, ya anda harus mensyukurinya. Jangan bertingkah konyol dengan tidak mau bergaul, justru itu tidak akan bisa mengubah keadaan, jadi ya enjoy aja, yakin dibalik kekurangan itu ada kelebihan luar biasa yang anda miliki.

3. Fokus Pada Kekuatan yang Dimiliki

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, sekalipun anda tahu kekurangan anda, jangan pernah anda ambil pusing soal itu. Sejatinya manusia pasti punya kekurangan masing-masing, Emangnya malaika gak punya kekurangan?.

Tugas anda adalah fokus saja dengan kelebihan anda, semakin anda memikirkan kekurangan anda, maka semakin barat langkah anda meraih impian dalam hidup, namun semakin anda fokus dengan kelebihan anda, maka semakin cepat anda menggapai impian anda.

4. Jangan Membandingkan Diri Anda dengan Orang Lain

Salah satu masalah yang juga seringkali kita lakukan, kita terkadang terlalu membandingkan diri kita dengan orang lain. Padahal kita tahu antara diri kita dengan yang lain jelas-jelas berbeda. Kalau kita mencoba membandingkan diri kita dengan orang lain maka sampai kapan pun tidak akan ada habisnya, karena diatas kita masih ada orang yang jauh lebih tinggi dari kita.

5. Jangan Terlalu Mendengarkan Omongan Orang Lain

Apapun kata orang terhadap diri kita, jangan didengar, biarkan saja. Karena kalau kita mendengar omongan-omongan mereka, maka itu tidak akan pernah ada habisnya.

Kesimpulan

Ada banyak manfaatnya ketika kita menjadi diri kita sendiri, salah satunya adalah semangat dan rasa percaya diri kita akan semakin meningkat, sehingga kita pun dapat dengan mudah meraih mimpi-mimpi kita kedepanya nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here