Cara Menjadi Dewasa dalam Berpikir dan Bertindak

Cara Menjadi Dewasa dalam Berpikir dan Bertindak

Diposting pada

Untuk bisa menjadi pribadi yang dewasa, bukanlah suatu hal yang mudah yang didapatkan hanya dalam jangka waktu satu malam saja. Dibutuhkan sebuah proses yang panjang hingga seseorang bisa menjadi pribadi yang dewasa.

Tolak ukur seseorang dikatakan dewasa tidak dilihat dari berapa jumlah umurnya, melainkan dilihat dari seberapa matang mindsetnya dalam berpikir serta tindakan dia sehari-hari.

Apabila anda merasa diri anda masih belum dewasa?, masih bersikap kekanak-kanakan?. Mungkin artikel ini cocok untuk anda. Disini anda akan mendapatkan solusi untuk mengatasinya.

Saya sudah merangkum beberapa tips menjadi pribadi yang dewasa. Tips ini saya kemas dengan cara yang sederhana, insyaallah mudah di untuk pahami. Berikut Adalah 5 Cara Menjadi Dewasa dalam Berpikir dan Bertindak !!

1. Belajarlah dari Pengalaman

Guru terbaik adalah pengalaman. Begitulah ungkapan bijak yang mungkin sering kita dengar dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa sadar kita setiap detik, setiap menit, bahkan setiap jam melangkah menjalani sebuah proses. Di dalamnya terdapat banyak sekali pengalaman-pengalaman berharga yang dapat menjadikan kita lebih dewasa.

Bila anda mendapat sebuah masalah jangan menghindar darinya, sebab masalah itulah yang akan menjadi guru anda, mengajarkan anda tentang kedewasaan.

2. Bergaulah dengan Orang yang Dewasa

Pergaulan sangat berperan penting terhadap perkembangan diri seseorang. Biasanya lingkungan akan mencerminkan diri setiap orang. Cerminan itu tidak jauh dari apa yang ada dilingkunganya. Bila anda sering bergaul dengan anak-anak yang belum dewasa, sudah pasti anda pun akan bersikap sama seperti mereka. Namun bila anda bergaul dengan orang-orang yang dewasa, anda pun juga akan menjadi dewasa seperti orang-orang dilingkungan anda. Oleh sebab itu, jika ingin menjadi lebih dewasa, perbaikilah lingkungan anda.

3. Belajar Menjadi Pribadi Mandiri

Mungkin saja anda adalah seorang remaja yang berharap menjadi pribadi yang lebih dewasa, berusahalah untuk belajar mandiri. Yang semulanya anda selalu mengandalkan uang dari orang tua, mulai sekarang berusaha untuk belajar mencari uang sendiri. Ini adalah sikap mandiri yang bisa menjadikan anda lebih dewasa.

4. Siap Menghadapi Masalah

Anda suka atau tidak suka, tetap yang namanya masalah pasti akan menghampiri anda. Entah itu masalah apapun pasti akan selalu menghampiri setiap langkah anda. Untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa, manfaatkan masalah itu sebagai peluang anda belajar mendewasakan diri. Jangan menganggap masalah tidak memiliki arti, namun sebetulnya masalahlah yang memiliki banyak makna hingga bisa mendewasakan seseorang.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Rasa Galau dan Stres

5. Berpikir Sebelum Bertindak

Orang yang dewasa tidak akan bertindak sembarang. Dia cenderung lebih banyak berpikir sebelum melakukan sesuatu. Sebab dalam setiap langkah yang dia lakukan ada berbagai strategi supaya tidak menimbulkan hal buruk yang tidak di inginkan.

Kesimpulan

Menjadi pribadi yang dewasa butuh proses. Kadang ada yang cepat kadang ada juga yang lambat. Semuanya tergantung dari pribadi masing-masing. Umur tidak menjadi patokan seseorang dikatakan dewasa, toh diluar sana banyak yang sudah dewasa walau umurnya masih muda, dan banyak juga yang sudah tua tapi tetap saja belum dewasa. Jadi intinya kembali kepada pribadi masing-masing.

Demikian Cara Menjadi Dewasa dalam Berpikir dan Bertindak yang dapat saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, semoga dapat memberikan manfaat.

Apakah anda memiliki cara yang lebih efektif untuk menjadi pribadi yang dewasa? Silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *