sumber gambar : www.pexels.com

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Berbicara

Diposting pada

Bagaimana tips Menjadi orang yang percaya diri dalam berbicara?, ini merupakan salah satu pertanyaan yang banyak tertuju kepada saya di media sosial, baik itu facebook maupun instagram.

Saya sudah pernah membagikan video cara menjadi orang yang percaya diri di youtube, namun nampaknya itu tidak cukup. Saya sepertinya harus membagikanya juga dalam bentuk tulisan seperti ini, tentunya agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Oh ya, buat teman-teman yang mungkin belum tahu. Saya sebenarnya berbagi ilmu pengembangan diri dan motivasi bukan hanya di website saja, melainkan saya juga aktif berbagi di youtube. Anda bisa mengunjungi channel saya disini.

Kembali ke topik awal, gimana caranya menjadi orang yang percaya diri dalam berbicara?.

Untuk dapat percaya diri dalam berbicara, terdapat beberapa tips yang perlu diterapkan. Tips-tips ini saya rasa sederhana, akan tetapi dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam menjalaninya. Insyaallah kalau dilakukan berdasarkan tekat dan kemauan yang tinggi pasti bisa kok.

Berikut adalah beberapa tips agar percaya diri dalam public speaking!

1. Mulailah berbicara dengan senyuman

Pembuka adalah momen terbaik untuk menciptakan suasana yang baik. Usahakan kalau membuka pembicaraan di depan umum, berikan senyuman ikhlas anda.

Senyum bukan saja agar dilihat baik oleh audiens, namun senyum juga secara tidak sadar dapat menenangkan diri. Membuat diri menjadi rebih rileks dan menikmati suasana dari pembicaraan.

2. Jangan terlalu lebay dalam memikirkan kekurangan

Kadang banyak orang yang terlalu berlebihan dalam memikirkan kekuranganya. Sehingga pada akhirnya dia merendahkan dirinya sendiri, dan tanpa sadar menenggelamkan diri nya kedalam rasa pesimis (tidak percaya diri).

Ayolah!!!, semua orang pasti punya kekurangan. Tidak ada manusia yang tidak punya kekurangan. Dibalik semua kekurangan itu pasti ada kelebihan.

Nah tugas kita agar lebih percaya diri, ya harus fokus dengan kelebihan yang kita miliki, bukan kekurangan kita.

3. Berikan audiens persepsi positif

Sebelum mulai berbicara, hendaknya untuk tidak mebayangkan hal-hal yang negaif. Misalkan seperti membayangkan diri akan ditertawakan lah, di remehkan lah, di hiraukan lah. Jadi fokus saja dengan tujuan awal, tanamkan pikiran yang baik dan positif.

Ingatlah bahwa, audiens adalah apa yang kita pikirkan. Kalau kita memikirkan hal yang buruk tentang audiens maka itu bisa saja menjadi buruk, begitupun sebaliknya.

4. Ditertawakan itu biasa, hiraukan saja!

Walaupun kita pernah salah anggaplah itu sebagai pembelajaran, toh juga itu bukan akhir dari hidup kita. Kalau kita sering membiasakan diri untuk tampil berbicara di depan banyak orang, lambat laun percaya diri itu pun akan muncul.

5. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan

Berdoa kepada Tuhan itu sangat penting. Segala aktivitas yang kita lakukan setiap hari juga ada campur tangan dari sang pencipta.

Maka sudah sepatutnya kita harus selalu berdoa, tentunya agar dilancarkan segala urusan kita oleh Tuhan.

Itulah beberapa tips / cara agar menjadi orang yang percaya diri dalam berbicara, public speaking, atau presentasi. Terimakasih banyak sudah membaca, semoga bermanfaat.

Salam Inspirasi!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *