Cara Meningkatkan Minat Membaca

Cara Meningkatkan Minat Membaca

Diposting pada

Membaca merupakan kegiatan positif yang baik untuk otak. Dengan banyak membaca, wawasan dan pengetahuan pun akan semakin bertambah. Namun sayangnya, di negara kita tidak banyak orang yang memiliki minat dalam membaca.

Bahkan dari berbagai survey yang dilakukan, ternyata indonesia masih berada di daftar terendah dalam hal minat membaca. Kita sangat ketinggalan jauh dari negara-negara maju seperti jepang dan amerika.

Lantas, apa langkah kita untuk sama-sama membangun negara ini agar semakin baik. Ya langkah sederhananya mulai menumbuhkan minat membaca di dalam diri. Kalaupun tidak bisa menyaingi mereka yang ada di negara maju, setidaknya sudah ada peningkatan yang kita lakukan.

Bagaimana Meningkatkan Minat dalam Membaca?

Terdapat 5 tips yang bisa dilakukan agar minat membaca kita menjadi meningkat. Kelima tips itu sudah saya rangkum dengan penjelasan yang sangat sederhana, insyaallah mudah untuk di pahami.

1. Senantiasa Merasa Haus Akan Ilmu

Untuk menumbuhkan minat dalam membaca, pertama-tama tanamkan mindset yang baik. Katakan bahwa anda butuh ilmu dan anda haus akan ilmu. Dengan ilmu, wawasan akan semakin bertambah dan terus meningkat. Sehingga dengan bertambahnya pengetahuan dan wawasan, maka anda bisa melakukan banyak hal dalam hidup ini.

2. Mulai dari Membaca Apa yang Disukai

Dalam membiasakan diri untuk membaca, sebaiknya jangan terlalu muluk-muluk. Bacalah sesuatu yang anda sukai. Jangan membaca sesuatu karena ikut-ikutan, padahal sejatinya anda tidak suka membaca buku itu.

Hal ini juga pernah saya alami, ketika dulu saya aktif menjadi seorang aktivis mahasiswa. Teman-teman disekitar saya, mereka selalu membaca buku-buku filsafat, saya pun ikut-ikutan padahal saya jauh lebih suka membaca buku pengembangan diri dibanding buku itu.

Hingga pada akhirnya, saya lama-lama bosan dan malas membacanya, sebab apa yang saya baca bukan berdasarkan apa yang saya sukai.

Jadi, belajarlah untuk membiasakan diri membaca sesuatu yang benar-benar di sukai. Maka dengan begitu, kegiatan membaca kita pasti tidak akan membosankan.

3. Berusaha Meluangkan Waktu untuk Membaca

Dalam sehari kita memiliki waktu yang cukup banyak. Coba dihitung berapa waktu yang kita punya untuk kegiatan sehari-hari kita. Pastinya cukup banyak bukan?.

Maka, luangkan waktu itu untuk membaca buku, walaupun hanya sebentar, katakan saja mungkin cuma 15 menitan, itu tidak jadi masalah. Yang terpenting dalam sehari anda sudah membiasakan diri untuk membaca. Nanti lama-lama anda akan terbiasa dan mampu membaca lebih banyak lagi dalam sehari.

4. Bergabung dengan Orang-Orang yang Gemar Membaca

Agar minat membaca anda semakin menggebu-gebu, tidak ada salahnya anda gabung di komunitas. Dengan bergabung di komunitas, anda akan menemukan banyak teman yang memiliki kemauan yang sama, yakni sama-sama ingin hidupnya berkembang.

Di dalam organisasi juga lebih condong untuk saling mendorong. Kegiatan yang dilakukanya sudah pasti produktif, ini baik sekali untuk pribadi dalam meningkatkan kemampuan diri.

Baca Juga : 10 Cara Bergaul yang Baik Agar Punya Banyak Teman

5. Menetapkan Target Bacaan

Tips menumbuhkan minat baca yang terakhir adalah dengan menetapkan target bacaan. Contohnya seperti, misalkan dalam waktu 2 minggu anda harus menghabiskan 1 buku. Dan dalam satu bulan minimal anda menghabiskan 2 buku.

Ini adalah cara efektif untuk mendisiplinkan diri. Selain itu juga akan membuat anda lebih memiliki rasa tanggung jawab untuk menjadikan hidup lebih baik.

Baca Juga : Cara Menetapkan Target Agar Tetap Konsisten Mengejarnya

Demikian artikel saya tentang Cara Meningkatkan Minat Membaca. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, Semoga dapat memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *