Cara Mengubah Kekurangan Diri Menjadi Kelebihan yang Hebat

Cara Mengubah Kekurangan Diri Menjadi Kelebihan yang Hebat

Cara Mengubah Kekurangan Diri Menjadi Kelebihan yang Hebat | Terkadang kita mungkin merasa minder ketika bergaul dengan orang lain. Kita menganggap diri kita tidak memiliki kelebihan, seolah-olah yang ada hanyalah kekurangan saja.

Sahabat pembaca yang budiman, perlu kita sadari, sejatinya di dalam hidup tidak ada manusia yang sempurna. Kita semua pasti punya kelemahan namun juga punya kekuatan. kelemahan yang ada tidak selama-lamanya buruk, tergantung bagaimana kita memposisikannya saja.

Pada artikel saya kali ini, saya akan membahas topik, bagaimana caranya agar bisa mengubah kekurangan yang ada dalam diri menjadi kelebihan yang sangat hebat.

Mengapa Kekurangan Itu Ada?

Kekurangan pasti akan ada dalam diri seseorang, sebab itu merupakan pemberian Tuhan kepada semua orang. Kadang ada yang diberikan kekurangan fisik, kadang ada juga yang diberikan kekurangan non fisik. Semua tergantung kehendaknya.

Tujuan Tuhan memberikan manusia kekurangan, agar manusia dapat mengerti bahwa tidak ada manusia yang sempurna, kesempurnaan hanyalah milik Tuhan.

Sebagai seorang manusia yang baik, tentunya kita harus selalu mensyukuri apa yang dimiliki. Meskipun kita diberikan kekurangan, di sisi lain pasti ada kelebihan yang diberikan kepada kita.

Cara Mengubah Kekurangan Diri Menjadi Kelebihan yang Hebat

1. Menumbuhkan Motivasi dalam Diri

Tips mengubah kelemahan diri menjadi kekuatan yang hebat pertama adalah, menumbuhkan motivasi di dalam diri. Menanamkan sugesti yang positif. Tidak menganggap kekurangan sebagai beban, melainkan menganggapnya sebagai anugrah. Berani membuktikan bahwa orang yang memiliki keterbatasan / kekurangan pun juga mampu semangat dan optimis.

2. Temukan dan Kembangkan Passion Anda

Untuk mengubah kelemahan diri menjadi sebuah kekuatan yang hebat, sebelumnya anda harus menemukan passion anda itu apa. Jika anda belum tahu cara menemukan passion sebaiknya anda membaca artikel saya sebelumnya tentang passion.

Baca artikel terkait:

6 Cara Menemukan Passion Kamu Yang Sebenarnya

5 Cara Agar Menemukan Passion dalam Pekerjaan

Setelah anda berhasil menemukan passion anda, selanjutnya anda harus mengembangkanya, hingga pada akhirnya anda bisa menjadikanya sebagai kelebihan diri. Yang mana, kelebihan itulah yang akan menutupi kekurangan yang ada pada diri anda.

3. Jadilah Berbeda

Untuk mengubah kelemahan diri menjadi kekuatan yang hebat selanjutnya adalah jadilah pribadi yang berbeda. Tidak sama dengan kebanyakan orang pada umumnya. Memiliki sebuah keunikan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Anda dapat berusaha membuat diri anda berbeda dengan cara belajar banyak tentang kedewasaan dan proses hidup. Lihat pengalaman orang lain, jadikan sebagai motivasi anda dalam melangkah.

4. Manfaatkan Kekurangan Diri Menjadi Hal yang Berguna

Jika anda tahu Nick Vujicic, beliau adalah salah satu orang yang berhasil mengubah kekuranganya menjadi kelebihan yang hebat. Dia memiliki kekurangan fisik, namun karena kekuranganya itulah dia dikenal oleh banyak orang dan berhasil menjadi motivator dunia.

Selain Nick, Tonny Iommy juga merupakan salah satu orang yang berhasil sukses mengubah kekuranganya menjadi kelebihan yang hebat.

Tonny Iommy adalah seorang gitaris profesional, walau dia kehilangan ujung jarinya akibat kecelakaan, namun dia bisa membuktikan bahwa dia mampu bermain gitar dengan sangat baik.

Coba anda bayangkan, bagaimana bermain gitar dengan kekurangan tidak memiliki ujung jari, tentunya sangat sulit bukan?. Sehingga karena kekurangan itulah, dia menjadi besar dan dikenal banyak orang. Andai saja dia tidak memiliki kekurangan sperti itu, mungkin dia akan sama dengan yang lainya.

Selanjutnya bukan hanya soal kekurangan fisik saja. Kekurangan non fisik juga bisa dirubah, misalkan seperti orang yang crewet, suka gosip, dan banyak omong, itu semua merupakan kekurangan non fisik. Cara mengubahnya bagaimana?. Yakni dengan mengalih fungsikanya.

Yang semulanya digunakan untuk menghasut, gosipin orang, maka gunakanlah kecakapan berbicara itu untuk hal yang lebih berguna misalkan untuk pemasaran produk, public speaking dan lain sebagainya.

5. Berdoalah Kepada Tuhan

Tips yang terakhir, bagaimana mengubah kekurangan menjadi kelebihan adalah dengan selalu berdoa kepada Tuhan. Minta kepada tuhan agar selalu semangat dan diberikan jalan yang terbaik.

Saya yakin, sebagian besar dari orang-orang yang membaca artikel ini adalah orang yang beragama. Apapun agama itu, pasti selalu mengajarkan untuk tetap berdoa dan selalu meminta kepada Sang Pencipta. Oleh sebab itu jangan sungkan untuk berdoa kepada Tuhan.

Demikian artikel saya tentang Cara Mengubah Kekurangan Diri Menjadi Kelebihan yang Hebat. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

4 KOMENTAR

    • Sudah pernah saya bahas di youtube, kerja cerdas vs kerja keras..
      Kalau ditanya lebih baik yang mana, jawabanya ya kerja cerdas, meski terkadang juga kita membutuhkan kerja keras

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here