Cara Mengubah Karakter dan Kepribadian Diri Menjadi Lebih Baik

Diposting pada

Menurut sebagian orang, karakter dan kepribadian tidak dapat dirubah. Ia merupakan faktor yang memberikan keunikan tersendiri terhadap setiap orang.

Karakter dan kepribadian terbentuk sejak kita dilahirkan. Tentunya yang membentuk itu adalah lingkungan dan orang-orang disekitar kita.

Nah, pertanyaanya, apakah karakter dan kepribadian diri seseorang benar-benar tidak bisa dirubah? Jawabanya tentu saja bisa temen-temen.

Namun hal itu bukanlah perkara yang mudah melainkan butuh proses yang sangat Panjang serta konsistensi yang maksimal.

Di sekolah kita mungkin mengenal dengan Pendidikan karakter, dimana seorang siswa diajarkan karakter-karakter baik agar tertanam di dalam dirinya.

Sebenarnya karakter buruk itu tidak hilang sepenuhnya, melainkan dimasukan karakter baik agar ia bisa menutupi karakter buruk itu. Maka butuh pembiasaan-pembiasaan agar karakter baru yang baik itu bisa melekat dalam diri seseorang. Berikut ini adalah beberapa tips yang setidaknya dapat membantu kamu dalam mewujudkanya!

Tips pertama : Ketahui kelemahan dirimu sebelumnya

Intropeksi diri adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kelemahan diri kita sebelumnya. Kira-kira apa keburukan / kesalahan yang sering kita lakukan, namun kita sering menganggap itu biasa padahal dimata orang lain itu adalah hal yang buruk.

Contohnya misalkan kamu egois, kamu suka marah-marah, atau kamu suka mendendam. Maka dengan mengetahui itu semua setidaknya kamu tahu hal-hal apa saja yang akan kamu rubah.

Tips kedua : Tentukan siapa panutanmu

Panutan adalah seseorang yang kamu tokohkan, atau orang yang sering membuat kamu terinspirasi dengan kepribadianya yang luar biasa. Sehingga mendorong kamu untuk bisa bersikap seperti dia. Misalkan saja orang itu memiliki kepribadian yang bijak, sopan dan ramah, kamu bisa meniru semua karakter-karakter baik itu sehingga kamu pun juga bisa menjadi lebih baik.

Tips ketiga : Hilangkan pikiran negatif

Pikiran negatif seringkali menjadi masalah dalam segala usaha yang kita lakukan. Pikiran negatif ini akan terus mendorong kita untuk bersikap pesimis. Misalkan kita menganggap itu tidak mungkin dan tidak akan pernah bisa kita lakukan. Maka pikiran itulah yang cenderung membuat kita gagal dalam mencapai tujuan kita. Sederhanya, kita tidak akan bisa mengubah karakter kita kalau kita selalu saja tidak yakin dengan apa yang kita lakukan.

Tips keempat : Lakukan pembiasaan / berlatih

Tanpa berlatih, kita tidak akan pernah bisa merubah karakter dan kepribadian diri kita. Jika sebelumnya kita adalah orang yang tidak sabaran, selalu gegabah, dan melakukan sesuatu tanpa berpikir Panjang, maka mulailah untuk latihan sabar dan menahan diri, serta berpikir Panjang dulu sebelum bertindak.

Jika kita terus melakukan itu secara berulang-ulang setiap hari, lama semakin lama karakter penyabar akan melekat pada diri kita dan terus membawa diri kita lebih positif.

Tips kelima : Sabar dan pantang menyerah

Dalam segala usaha yang kita lakukan, kita tidak bisa mendapatkan hasil secara instan atau cepat. Kita butuh proses yang Panjang untuk mengubahnya, maka disanalah dibutuhkan kesabaran dan konsistensi untuk tidak menyerah melakukanya. Jadi jangan pernah berputus asa karena setiap usaha pasti akan ada hasilnya.

Itu saja beberapa tips yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *