Cara Mudah Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan Dalam Diri

Diposting pada

Kita pasti pernah mengalami yang namanya rasa takut. Terkadang rasa takut itu muncul begitu saja dalam diri kita. Entah itu takut akan kegagalan, takut akan tidak bisa menyelesaikan suatu hal, takut tidak bisa membahagiakan orang-orang di sekitar, dan rasa takut lainnya.

Sehingga terkadang itu membuat kita menjadi berpikir dua kali untuk berbuat sesuatu. Oleh sebab itu, kita tentu harus segara mengatasinya.

Dari berbagai sumber yang saya dapat, berikut ini saya kumpulkan secara singkat bagaimana cara / tips untuk menghilangkan rasa takut yang berlebihan di dalam diri kita.

1. Paksa diri untuk melawan apa yang ditakutkan

Rasa takut sebenarnya harus kita hadapi. Jangan mencoba untuk menghindarinya. Karena jika kita semakin takut untuk melawan rasa takut itu, maka kita akan semakin sulit bisa terbebas dari rasa takut itu.

Barbara Streisand, merupakan seorang penyanyi sekaligus aktris Hollywood, pernah mengalamai ketakutan / kecemasan berlebihan lantaran ketika bernyanyi di pangung dia pernah salah lirik. Hal itu membuatnya stress dan selalu membayangkan hal-hal negatif terjadi pada dirinya ketika bernyanyi di atas panggung lagi. Sehingga dia pun hanya berani bernyanyi di bilik rekaman suara saja.

Namun, setelah sekian lama akhirnya dia mencoba untuk melawan rasa takut itu kemudian dia pun sudah normal dan berani bernyanyi dengan optimis di depan banyak orang. Dari cerita itu kita bisa tahu bahwa, rasa takut kalau tidak di lawan maka sampai kapan pun akan terus menghantui kita.

Baca Juga : Lakukan 5 Langkah ini untuk Memulai Hari yang Bahagia

2 Jangan memandang kehidupan seperti jalan yang lurus

Maksudnya adalah, kita harus menyadari bahwa kehidupan pasti ada lika-likunya, persis seperti sebuah jalan. Kadang kita berada diatas kadang kita berada di bawah, kadang kita mendapat kesulitan kadang kita juga mendapat kemudahan.

Jika kita mengalami rasa takut karena kegagagalan yang pernah kita alami, maka bercerminlah pada diri sendiri ketika masih bayi dulu. Apakah kita baru lahir langsung bisa berjalan dan bisa berlari?, Tentu tidak!.

Kita pasti berproses dulu, melakukan repetisi untuk bisa melangkah, berdiri, sampai kita bisa berjalan bahkan berlari.

3 Percayalah pada diri sendiri

Kalau kita bisa sangat percaya dengan orang lain, tentu kita juga bisa jauh lebih percaya kepada diri kita sendiri. Ingatlah! Kadang seseorang salah dalam membandingkan dirinya, misalkan dia memiliki skill atau mahir di bidang musik, namun membandingkan dirinya dengan orang yang mahir di bidang menggambar, maka itu tentu tidak relevan.

Inilah yang menjadikan diri menjadi down, tidak percaya diri, karena menganggap dirinya tidak bisa seperti orang lain. Olehnya, kita harus memfokuskan diri dengan apa yang kita kuasai bukan dengan apa yang tidak kita kuasai. Manusia itu memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing, berusahalah untuk menyesuaikan diri.

Baca Juga : 5 Tips Agar Kamu Bisa Menjadi Orang yang Percaya Diri

Demikian artikel kali ini yang berjudul “Cara mudah menghilangkan rasa takut berlebihan dalam diri”. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *