Cara menghilangkan rasa malas yang berlebihan dalm diri

Cara Menghilangkan Rasa Malas yang Berlebihan

Diposting pada

Apakah anda sering malas?, Barangkali ketika anda sedang melakukan sebuah pekerjaan anda mengalami penurunan semangat. Bisa jadi itu adalah salah satu bentuk dari rasa malas anda. Jika anda mengalami hal itu, maka artikel yang saya tulis kali ini sangat tepat untuk anda.

Disini saya akan membagikan beberapa tips tentang cara mengatasi rasa malas di dalam diri. Namun sebelum itu, anda sebaiknya menyimak dulu menjelasan saya tentang rasa malas. Mengapa kita kok bisa malas, apa saja faktor penyebab kita jadi malas, kemudian selanjutkan akan saya jelaskan cara mengatasinya.

Penyebab Rasa Malas dalam Diri?

Rasa malas pada dasarnya pasti dialami oleh semua orang. Setiap orang memiliki kondisi jiwa yang tidak stabil. Kadang bisa semangat, kadang juga bisa lemah. Semua tergantung situasi pengaruh dari lingkungan dan berbagai persoalan lainya.

Penyebab paling umum orang malas adalah tidak memiliki sebuah motivasi atau dorongan untuk bergerak maju. Tidak memiliki motivasi ini bisa dikatakan tidak adanya dasar yang menyebabkanya dia menjadi semangat. Misalkan tidak punya cita-cita, impian, target, goals dan berbagai pencapaian masa depan lainya. Sehingga walau masalah yang dihadapi tidak begitu besar, bisa saja itu akan membuat dia menjadi malas.

Nah, apa yang saya jelaskan diatas merupakan penyebab malas dari aspek yang paling umum. Bukan dari aspek yang spesifik. Karena kalo kita berbicara yang spesifik, mungkin alurnya bisa panjang, oleh sebab itu cukup saya jelaskan secara umum saja, semoga anda mengerti.

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Malas?

Sekarang  kita lanjut membahas solusinya, Nah kira-kira apa saja tipsnya agar kita bisa mengatasi rasa malas dalam diri kita. Berikut saya sudah merangkum 5 tips menghilangkan rasa malas dengan penjelasan yang sederhana dan mudah untuk di pahami.

1. Tentukan Tujuan Hidup Anda

Seperti yang sudah saya singgung diatas, malas ini disebabkan karena faktor anda tidak memiliki motivasi. Tidak adanya motivasi ini bisa jadi karena anda tidak memiliki tujuan di dalam hidup anda. Katakan saja misalkan anda tidak punya cita-cita dan impian yang ingin anda capai di kemudian hari.

Maka dari itu, bila anda saat ini masih merasa belum memiliki cita-cita dan impian, tentukanlah dari sekarang agar motivasi di dalam diri anda terus tumbuh.

2. Buatlah Target dalam Hidup Anda

Target merupakan sebuah tools yang dapat membuat seseorang menjadi gesit dalam melakukan sebuah pekerjaan. Target akan mendorong seseorang untuk bekerja lebih giat dan lebih semangat.

Misalnya anda adalah seorang pelajar, anda memiliki target pencapaian ketika naik kelas harus masuk ranking 10 besar. Dengan begitu anda akan memacu diri anda untuk terus belajar agar target yang ditentukan dapat terecapai. Alhasil rasa malas di dalam diri anda pun dapat teratasi.

3. Lihatlah Orang-Orang yang Harus Anda Perjuangkan

Selain dari aspek yang ada di dalam diri, aspek dari luar diri juga penting. Misalnya seperti keluarga, teman, saudara, dan sahabat. Mereka bisa menjadi bagian dari motivasi anda untuk melangkah kedepan.

Ingatlah!, mereka adalah orang-orang yang harus anda banggakan, dengan mengingat itu anda akan semakin terpacu untuk berjuang, sehingga rasa malas yang menghinggapi anda pun akan hilang dengan sendirinya.

4. Mulailah Sesuatu yang Anda Cintai

Setiap pekerjaan yang dilakukan atas dasar cinta, akan membuat orang tidak pernah bosan untuk melakukanya. Walau anda lelah, capek, belum tentu mendapatkan sesuatu, bahkan seringkali anda berkorban banyak hal untuknya, tapi anda tetap mau dan senang melakukanya, maka itulah yang di sebut dengan passion. Dengan bekerja sesuai dengan passion, anda dapat mengatasi rasa malas yang sering anda alami.

Baca Juga : 6 Cara Menemukan Passion Kamu Yang Sebenarnya

5. Paksa Dirimu dan Jangan Menunda

Yang terakhir sepertinya anda harus berusaha labih keras lagi. Anda harus belajar untuk memaksa diri anda. Memaksa untuk bekerja, tak peduli seberapa malas anda pada saat itu, anda harus segera bekerja. Sebab bila rasa malas dimanjakan, maka selama-lamanya anda akan malas.

Belajarlah untuk melawanya, jangan pernah menunda-nunda pekerjaan. Walaupun jumlah pekerjaan anda tidak banyak, tapi percayalah apabila anda meremehkan dan terus menundanya maka itu akan bertumpuk dan terus bertumpuk, hingga akhirnya anda akan menjadi malas melihat banyaknya pekerjaan yang belum anda kerjakan. Oleh sebab itu segera selsaikan dan jangan menunda.

Demikian artikel saya tentang Cara Menghilangkan Rasa Malas yang Berlebihan. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, Semoga ini bisa menjadi solusi bagi anda untuk mengatasi rasa malas di dalam diri anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *