Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Agar Selalu Berpikir Positif

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Agar Selalu Berpikir Positif

Diposting pada

Pikiran Negatif seringkali menjadi penghambat kemajuan kita di dalam hidup ini. Pikiran negatif bisa datang secara tiba-tiba tanpa kita sadari. Semua orang pasti pernah mengalaminya, dan ini seringkali menjadi masalah terbesar semua orang.

Penyebab Pikiran Negatif

Pikiran negatif tentu memiliki sebab, diantaranya bisa datang dari dalam diri (internal) dan juga bisa datang dari luar diri (eksternal).

Contoh penyebab dari dalam diri seperti : sikap yang terlalu merendahkan diri sendiri, misalkan menganggap diri kurang baik, kurang tampan/cantik, dan berbagai macam rasa pesimis lainya.

Kemudian pengaruh dari luar diri seperti : keluarga, lingkungan, media, dan teman. Pengaruh dari luar biasanya dapat membuat diri menjadi berpikir negatif secara perlahan, misalkan kebiasaan menonton televisi, membaca artikel bebas di internet, dan menonton video bebas di internet. Bila semua itu mengandung unsur negatif maka dapat menjadikan pikiran menjadi negatif secara perlahan.

Cara Untuk Menghilangkan Pikiran Negatif

Setelah kita mengetahui penyebab pikiran negatif, maka muncul sebuah pertanyaan di benak kita. Bagaimanakah cara mengatasi pikiran negatif di dalam diri kita?

Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing kepada anda tentang beberapa tips agar selalu menjadi pribadi yang berpikir positif. Apa saja tips-tips itu, berikut adalah penjelasan saya.

1. Jangan Biarkan Pikiran Negatif Menguasai Anda

Meskipun pikiran negatif bisa datang secara tiba-tiba, tetap kita masih memiliki kesempatan untuk mencegahnya. Kalaupun memang sudah beripir negatif, maka berusahalah untuk melawanya, jangan membiarkan pikiran negatif itu menguasai anda. Yakinlah anda lebih besar dari pikiran negatif anda, yakinlah anda mampu mengatasinya. Maka dengan begitu pikiran negatif anda akan semakin menghilang dalam diri anda.

2. Jadikan Pikiran Selalu Berpikir Positif

Ada banyak cara untuk menjadikan diri tetap berpikir positif, misalkan seperti membaca buku yang positif, Menonton video yang positif, Bergaul dengan teman-teman yang positif. Intinya berusaha untuk menghidupkan aura positif dalam diri. Dengan begitu, pikiran negatif tidak akan muncul di dalam diri anda.

Baca Juga : 7 Cara Manajemen Waktu Agar Hidup Lebih Produktif

3. Bergaul dengan Teman yang Positif

Teman sangat berperan penting dalam perkembangan diri. Teman pun dapat mencerminkan diri kita. Sebagaimana kebiasaan teman, begitulah kebiasaan yang biasanya kita lakukan. Bergaulah dengan teman-teman yang baik, mereka pun akan menjadikan anda menjadi baik seperti mereka. Seperti kata banyak orang “Bila bergaul dengan penjual minyak wangi, maka kita pun akan kena wanginya, dan bila bergaul dengan tukang pandai besi, kita pun akan kena bau dan asapnya”, Begitulah perumpamaan tentang pentingnya menentukan teman.

4. Lakukan Meditasi

Belajarlah untuk membiasakan diri membersihkan pikiran di dalam diri dengan cara meditasi. Luangkan waktu anda untuk sejenak melakukan meditasi. Durasi waktu bisa satu jam, dua jam, tiga jam, atau lebih, tergantung diri anda, sesuaikan dengan waktu yang anda miliki. Cara ini akan menjernihkan otak anda, sehingga dapat membuat pikiran negatif anda teratasi.

5. Mintalah Pertolongan Kepada Tuhan

Yang terakhir merupakan solusi terbaik. Kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan. Seberapa besar masalah yang kita hadapi semua akan menjadi kecil bila kita berserah diri kepada Tuhan. Pikiran negatif yang selalu menghantui kita tentu juga dapat teratasi apabila kita senantiasa dekat kepadanya dan tidak pernah lupa untuk mememinta prtolongan kepadanya.

Demikian Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Agar Selalu Berpikir Positif yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *