5 Cara Menghafal Dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Menghafal Dengan Cepat dan Mudah

Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa – Dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu dunia pendidikan maupun yang lainya, kita mungkin sering kali di tuntut untuk menghafal. Entah menghafal materi pelajaran atau menghafal hal-hal lain untuk kepentingan pribadi maupun kelompok, yang jelas itu adalah kegiatan menghafal. Namun yang seringkali menjadi masalah adalah kita seringkali kesulitan dalam menghafal sesuatu.

Mengapa menghafal itu sulit?

Tahukah anda, bahwa menghafal ternyata ada dua cara. Yang pertama menghafal menggunakan otak kiri dan yang kedua menghafal menggunakan otak kanan.

Jika anda adalah seorang siswa / pelajar. Sebelum ulangan atau ujian biasanya anda pasti belajar dengan menghafal materi terlebih dahulu, benar bukan? namun terdapat sebuah masalah disitu. Masalahnya adalah semulanya anda hafal dengan materinya,tapi ketika sudah selsai ujian atau beberapa hari setelah itu, semua yang anda  hafal itu kok tiba-tiba hilang, seolah-olah sulit sekali untuk di ingat kembali.

Nah mengapa hal itu terjadi? Ternyata itu disebabkan karena anda menghafal menggunakan otak kiri, anda tidak menghafal menggunakan otak kanan.

Menghafal menggunakan otak kiri adalah menghafal sesuatu dengan memaksa otak untuk melakukan penyimpanan. Sedangkan menghafal menggunakan otak kanan adalah menghafal dengan cara yang  mudah diterima oleh alam bawah sadar, seperti menghafal dengan cara yang menyenangkan dan tidak terlalu memaksa, misalnya seperti menghafal dengan cara bermain. Intinya menghafal dengan cara yang dapat memancing kreatifitas anda.

Jadi solusi agar dapat menghafal dengan cepat dan mudah, anda haruslah menghafal menggunakan otak kanan. Bagaimana caranya? Berikut adalah cara menghafal menggunakan otak kanan agar cepat ingat dan tidak mudah lupa :

1. Fokuslah dan berkonsentrasi

Yang paling mendasar adalah anda harus fokus terlebih dahulu. Fokus dengan niat benar-benar ingin menghafal. Niat bisa jadi cerminan hasil, kalau niat nya sudah sungguh-sungguh maka kemungkinan hasil yang akan di dapat pun menjadi baik.

2. Menghafal dengan media menulis

Secara tidak sadar anda mungkin sering menulis sesuatu sambil membaca apa yang anda tulis. Kebiasaan ini mungkin sering anda lakukan ketika menjadi seorang pelajar.

Tahukah anda bahwa menulis bisa membuat kita cepat hafal. Seperti yang sudah saya katakan tadi, dengan menulis sebenarnya kita membaca dan menyimpan materi yang kita baca ke alam bawah sadar kita dengan cara perlahan. Sehingga kita mudah sekali untuk mengingatnya.

3. Menghafal dengan media menggambar

Kalau tadi sebelumnya menghafal dengan media menulis, maka berikutnya menghafal dengan media membaca.

Prinsipnya masih sama, yakni kita menanamkan di alam bawah sadar kita suatu hal secara perlahan. Cuman yang membedakan, kalau tadi dengan media tulisan maka sekarang dengan media menggambar.

4. Menghafal dengan membuat mind mapping

Buat anda yang mungkin belum tahu apa itu mind mapping, Jadi begini, mind mapping itu adalah cara menyederhanakan materi yang ingin di hafal, contoh nya dengan membuat peta, garis, dan tulisan.

Berikut ini adalah contoh gambar mind mapping :

 

5. Menghafal dengan cara bernyanyi

Yang terakhir adalah menghafal dengan cara bernyanyi. Kalau cara yang ini mungkin lebih seru ya, atau mungkin anda menganggapnya aneh.

Tenang, saya disini tidak menyuruh anda menjadi seorang penyanyi kok, saya hanya menyarankan anda bermain, bermain dengan merubah lirik lagu yang akan anda nyanyikan dengan memasukan materi yang ingin di hafal.

Cara seperti ini biasanya banyak dilakukan oleh anak-anak yang ingin menghafal sesuatu, bisa juga diterapkan oleh orang dewasa sesuai dengan kesenangan masing-masin, sekali-sekali dilakukan untuk hiburan he.

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan tentang bagaimana cara menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa, semoga dapat memberikan manfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here