Cara Efektif Menghadapi Orang yang Pemarah

5 Cara Efektif Menghadapi Orang yang Pemarah

Diposting pada

Jika anda melakukan sebuah kesalahan, kemudian berhadapan dengan orang yang pemarah, maka tidak cukup bagi anda hanya sekedar mengucapkan kata maaf.

Orang dengan sifat pemarah seperti itu, cenderung tidak bisa mengontrol dirinya ketika sedang emosi. Dia tidak akan memaafkan orang lain dengan cara yang begitu mudah.

Tak heran bila banyak orang yang malas ketika disuruh berhadapan dengan orang yang memiliki sifat pemarah.

Bisa jadi anda pun demikian, anda mengetikan kata kunci “cara menghadapi orang pemarah” di google, kemudian menemukan artikel ini. Mungkin karena anda sedang berhadapan dengan orang yang pemarah, dan anda sedang mencari solusi untuk menghadapinya.

Jika memang demikian, maka anda sedang berada di artikel yang tepat, disini saya akan menjelaskan secara sederhana dan mudah, bagaimana tips menghadapi orang yang pemarah. Bagaimana tipsnya, langsung saja simak berikut ini.

1. Jangan berharap masalahmu akan selesai, jika kamu juga ikut marah seperti dia

Tips menghadapi orang yang pemarah pertama adalah, berusahalah untuk bersikap tenang. Ketika orang lain sedang marah , usahakan jangan membalas amarahnya. Anda pasti paham bahwa marah bertemu marah, tidak akan pernah bisa menyelesaikan masalah. Marah harus dilawan dengan cara yang dingin.

2. Berikan kesempatan kepada dia untuk meluapkan amarahnya, sampai dia benar-benar merasa tenang

Orang marah memang tidak bisa diatasi dengan mudah, kecuali dengan membiarkan dia marah, sampai dia benar-benar merasa puas dan tenang. Dengan begitu, kesalahan yang anda lakukan, bisa dimaklumi dan dimaafkan.

3. Cobalah untuk memahami situasi dan perasaan orang yang pemarah

Tidak melulu orang yang marah itu salah. Terkadang marah juga karena alasan yang jelas. Mungkin bisa jadi, anda melakukan sebuah kesalahan sehingga menyebabkan dia memarahi anda. Jadi sudah sepatutnya anda mencoba untuk memahami orang tersebut, bayangkan bagaimana perasaan anda jika berada pada posisi dia.

4. Jangan pernah memotong pembicaraan orang yang sedang marah

Tips ke empat ini mungkin sering kita lakukan. Kita tanpa sadar terkadang suka memotong pembicaraan orang lain, terlebih itu adalah orang yang sedang marah.

Niat kita mungkin baik, kita ingin menjelaskan permasaahan yang sebenarnya, namun bila anda menjelaskanya dengan cara memotong pembicaraan dia, maka anda pasti akan menjadi serba salah. Jadi cobalah untuk menjelaskan permasalahan pada waktu yang tepat.

5. Beri penjelasan dengan bahasa yang sederhana, sopan dan baik

Ketika anda diberikan kesempatan untuk berbicara, gunakan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya. Cobalah untuk mulai menjelaskan masalah dengan bahasa yang sederhana, sopan dan baik.

Saya yakin dengan anda bersikap seperti itu, orang yang pemarah dapat menerima alasan anda. Dia pun akan menjadi lebih tenang, amarahnya bisa teratasi.

Kesimpulan

Menghadapi orang yang pemarah memang tidaklah mudah, dibutuhkan usaha yang maksimal agar dapat menaklukan orang yang pemarah. Namun, saya yakin bila anda menerapkan kelima tips diatas, maka anda bisa menghadapi orang yang pemarah di sekitar anda.

Demikian artikel saya tentang cara menghadapi orang yang pemarah. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *