Cara untuk Mengetahui Bakat Terpendam Dalam Dirimu

Diposting pada

Bakat sebenarnya adalah bentuk keahlian yang pasti dimiliki oleh semua orang namun dalam bentuk yang berbeda-beda. Misalkan anda punya teman, dia berbakat dalam bidang music, dia suka bernyanyi dan memiliki suara yang sangat bagus.

Di sisi lain anda juga punya teman yang berbeda, dia suka skali olahraga basket, bahkan dia sangat jago untuk memainkanya. Itulah yang disebut dengan bakat, yakni sebuah keahlian yang tidak dimiliki oleh semua orang.

Nah saya pun percaya, anda juga tentu punya bakat atau keahlian tersendiri. Namun mungkin saja saat ini anda masih belum menyadari atau mengetahuinya. Maka dari itu, tulisan ini dibuat agar para pembaca dapat menemukan bakat yang terpendam dalam dirinya.

1# Lakukan Banyak Hal

Bakat itu biasanya bersumber dari hobi, artinya anda harus menghabiskan banyak waktu anda untuk mencoba banyak jenis hobi, bisa itu menggambar, menulis, olahraga, music dan lain sebagainya.

Orang kalo belum pernah mencoba, dia tidak akan pernah tahu prosesnya, dia tidak akan mengerti apakah dia menikmatinya atau tidak. Jadi kalo sudah pernah mencoba setidaknya dia paham apakah kegiatan itu membuat dia senang atau tidak.

Banyak sekali orang yang mungkin berkata, ah saya gak ada bakat, saya gak punya skill, lah bagaimana mreka mau punya skill kalo malas mencoba melakukan sesuatu.

Ingat semua keahlian terbaik yang dimiliki oleh orang-orang besar itu dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu mencoba. Jadi jangan pernah malas untuk mencoba.

2# Rasakan Prosesnya

Setelah anda mencoba sebuah kegiatan, katakanlah menulis misalkan, anda senang, anda sangat tertarik membaca tulisan yang pernah anda tulis. Nah bisa jadi itu merupakan bakat anda, anda bakat dalam bidang jurnalistik ataupun menulis sebuah cerita dan opini.

3# Tanyakan Pada Diri Sendiri

Cobalah untuk merenungkan, dari sekian banyak kegiatan yang pernah anda coba. Baik itu menggambar, menulis, bermain music, olahraga dan lainnya.

Kira-kira kegiatan yang mana yang benar-benar seuai dengan kemampuan anda menurut hati Nurani anda. Jangan memaksakan diri hanya berdasarkan nafsu ingin seperti orang lain, sedangkan kita tahu bahwa kita tidaklah sama dengan mereka.

Mungkin saja mereka jago bermain music karena mereka ikut kursus dan punya alat lengkap dirumahnya. Sedangkan kita hanya bermodalkan nafsu saj agar terlihat keren seperti mereka.

4# Tanyakan Pada Orang Lain

Selain diri sendiri, sebenarnya orang lain juga bisa menentukan bakat kita. Ketika kita melakukan sesuatu kemudian orang lain melihatnya, disanalah mereka dapat menilai sejauh mana kemampuan kita dalam bidang tersebut.

Jangan pernah ragu untuk menanyakan bakat anda kepada orang lain, baik itu teman, sahabat, maupun keluarga anda.

5# Asah dan Teruslah Berlatih

Meskipun kita memiliki hobby namun kalo kita tidak pernah mengasahnya maka itu tidak akan pernah bisa menjadi sebuah bakat.

Bakat adalah keahlian, sedangkan kita tahu bahwa keahlian itu di dapat dari hasil repetisi yaitu suatu hal yang dilakukan secara berulang-ulang. Jadi teruslah berlatih sampai anda benar-benar ahli di bidang yang ingin anda kuasai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *