Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri

Diposting pada

Pembahasan kita kali ini mungkin agak singkat / tidak terlalu panjang, semoga anda bisa memahaminya dengan baik. Topik yang akan saya bahas kali ini berjudul “Bagaimana Cara Mengenal Diri Sendiri“.

Banyak orang tidak mengenal diri mereka sendiri. Mengenal diri yang saya maksud disini, bukanlah mengenal diri dari aspek biodata diri. Melainkan mengenal diri sendiri dari keunikan dan kemampuan yang dimiliki. Siapapun anda saya percaya bahwa anda 100% pasti memiliki keunikan. Keunikan-keunikan itu tentu berbeda dengan orang-orang lainya.

Walaupun kita terkadang memiliki kemampuan yang sama, namun tentu ada saja keunikan yang bisa menjadikan diri kita berbeda. Keunikan itu akan memberikan nilai tersendiri bagi setiap individu. Keunikan itu akan menjadikan pribadi lebih berharga dan dikenal.

Contohnya misalkan begini, saya memiliki kemampuan berbicara, kemudian orang lain pun juga ada yang sama dengan saya, yakni sama-sama memiliki kemampuan berbicara. Namun yang membedakan saya dengan dia adalah bagaimana cara saya berbicara menyampaikan gagasan.

Antara saya dan dia tentu ada keunikan masing-masing, tidak mungkin sama persis gaya saya berbicara dengan dia. Gaya saya menyampaikan, intonasi, body language, dan lain sbegainya pasti ada bedanya.

Itu adalah sedikit gambaran tentang diri sendiri, lantas bagaimana kita bisa mengenal diri sendiri? Untuk menjawabnya, kita harus menjawab terlebih dahulu beberapa pertanyaan berikut.

1. Apa talenta anda?

Disini anda akan berusaha menggali talenta yanga anda miliki. Anda bisa menggalinya dengan cara bertanya kepada orang-orang disekitar anda lalu dengan sendirinya anda mulai menyadari apa yang anda miliki.

2. Apa keunikan yang anda miliki sehingga anda berbeda dari yang lain?

Disini anda pasti akan mencari tahu apa keunikan yang membedakan diri anda dengan yang lainya. Sehingga anda nantinya akan focus untuk mengembangkanya.

3. Apa keterampilan yang anda sukai?

Disini anda akan lebih kepada keseharian anda. Apa informasi yang anda konsumsi setiap harinya. Apa buku yang sering anda baca, apa video yang sering anda tonton, dan apa skill orang lain yang senang dan sering anda lihat.

4. Pengetahuan apa saja yang anda miliki?

Disinilah anda akan memetakan diri anda. Seberapa besar persentase wawasan anda tentang suatu bidang tertentu. Maka anda akan menfokuskan diri anda untuk mengembangkanya dan menjadikanya luar biasa.

Demikian artikel saya tentang bagaimana cara mengenal diri sendiri. Semoga bisa memberikan manfaat kepada anda. Untuk lebih jelasnya lagi anda bisa menyimak video berikut ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *