Cara mengembangkan skill public speaking untuk mahasiswa
sumber gambar : www.pexels.com

Cara Mengembangkan Skill Public Speaking Untuk Mahasiswa

Diposting pada

Skill Public Speaking / kemampuan berkomunikasi di depan umum, sudah menjadi hal yang wajib di pelajari dan dikuasai oleh seorang mahasiswa.

Banyaknya aktivitas presentasi menuntut seorang mahasiswa untuk bisa public speaking. Walau demikian, kita tidak bisa menyamaratakan semua mahasiswa.

Setiap mahasiswa memiliki kapasitasnya masing-masing, ada yang pandai, ada yang biasa saja, dan ada juga yang kurang pandai. Makanya tidak semua mahasiswa dapat menguasai ilmu public speaking dengan baik.

Dalam kesempatan ini, saya akan berbagi kepada anda, tips mahasiswa dalam mengembangkan skill public speaking. Semoga saja ini bisa menjadi solusi bagi anda yang sering merasa minder karena tidak memiliki kemampuan dalam public speaking.

Manfaat Public Speaking Bagi Mahasiswa

Sebelum saya membahas tipsnya, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu akan pentingnya public speaking bagi seorang mahasiswa.

Bahkan di dalam dunia kerja saat ini, ilmu public speaking banyak dibutuhkan. Tak peduli pekerjaan anda di belakang, atau dimana saja. Kemampuan dalam public sepaking pasti dibutuhkan.

Kita ambil contoh saja karyawan, Mungkin anda mengira seorang karyawan tidak butuh skill public speaking. Dibaik pekerjaanya yang sering dibelakang, sebetulnya dia juga butuh public speaking.

Ketika karyawan memiliki kelebihan, katakan saja memiliki kelebihan dalam hal public speaking, maka swaktu-waktu dia bisa diangkat oleh atasanya, untuk menempati posisi yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

Sebuah nilai tambah yang bagus bukan?

Dan bukan hanya itu saja, kalau anda memiliki skill public speaking, anda juga bisa lebih berani untuk melobi atasan anda, ya barangkali anda ingin gaji anda dinaikan, maka anda berani untuk melakukanya.

Intinya kalau bicara soal manfaat, maka ada banyak sekali manfaat yang di dapat dari skill public speaking ini. Bukan hanya dilingkungan kerja, melainkan dilingkungan masyarakat pun juga demikian.

Sebagai seorang mahasiswa yang ingin memiliki skill public speaking. Maka terdapat lima tips dari saya untuk anda. Apa saja itu? Simak berikut ini !!

Bersikap Kritis di dalam Forum

Kampus adalah tempat menuntut ilmu, sudah jelas anda harus lebih banyak belajar dibanding dengan main-main. Sayang kan, kalau orang tua anda menyekolahkan anda tinggi-tinggi, tapi anda tidak bisa apa-apa.

Belajarlah banyak hal, termasuk juga belajar tentang skill public speaking, percayalah suatu hari pasti akan berguna bagi anda.

Salah satu cara yang bisa anda dilakukan untuk mengasah skill public speaking anda adalah dengan lebih aktif di dalam forum, entah itu kelas atau yang lainya.

Tanyakan saja, apa yang ada di dalam benak anda kepada dosen anda. Selain untuk menambah pemahaman anda, juga akan melatih skill anda dalam berbicara.

Makanya, kalau ada dosen jangan dibiarkan begitu saja. Mereka itu bekerja untuk mendidik anda menjadi lebih baik, jadi manfaatkan waktu itu untuk aktif bertanya dan melatih kemampuan berbicara anda.

Sering Melakukan Presentasi

Bukan hanya bertanya saja, sebagai seorang mahasiswa anda juga dituntut untuk berani melakukan presentasi. Menjelaskan materi yang sudah dipelajari di depan dosen dan teman-teman kelas.

Setiap kali melakukan presentasi, ambil bagian yang paling menonjol. Misalkan sebagai ketua, atau pemateri. Agar nantinya, peluang anda untuk belajar dan melatih kemampuan komunikasi anda semakin besar.

Ikuti Banyak Organisasi

Di dalam kampus ada banyak organisasi yang bisa di ikluti. Mulai dari organisasi intra kamus maupun organisasi ekstra kampus. Saya tidak memaksa anda untuk memilih yang mana, semua tergantung diri anda. Yang terpenting anda mengikuti salah satunya.

Di dalamnya anda akan belajar banyak hal, mulai dari ilmu kepemimpinan, sosial, sampai dengan ilmu public speaking yang ingin anda pelajari saat ini.

Sering Melakukan Diskusi di Luar Kampus

Belajar public speaking sebenarnya tidak hanya dilakukan di dalam lingkup formal kampus saja. Anda juga bisa belajar di waktu luar dari kegiatan formal anda. Misalnya seperti waktu sepulang sekolah, anda bertemu dengan tema-teman anda, kemudian anda diskusi disana, maka itu juga termasuk dari kegiatan belajar public speaking.

Miliki Impian / Cita-Cita

Wajib bagi setiap orang untuk memiliki impian dan cita-cita. Dengan adanya impian dan cita-cita, anda akan tahu arah kedepanya anda mau kemana. Misalnya, suatu hari anda ingin menjadi seorang pemimpin, maka sedini mungkin dari sekarang anda mempersiapkan diri anda.

Dan karena seorang pemimpin wajib memiliki skill public speaking, maka mau tidak mau, anda harus belajar public speaking dari sekarang.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips mengembangkan skill untuk mahasiswa yang dapat saya bagikan kali ini. Jika anda adalah seorang mahasiswa yang ingin belajar public speaking. Harapan saya, anda bukan hanya sebatas membaca artikel ini, melainkan juga berusaha untuk mengimplementasikanya di dalam kehidupan anda sehari-hari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *