10 Cara Mengatasi Minder dalam Pergaulan

10 Cara Mengatasi Minder dalam Pergaulan

Diposting pada

Sebagian dari kita mungkin berpikiran bahwa minder ini merupakan masalah yang sangat sulit untuk diatasi.

Sebelum anda betul-betul meyakini asumsi bahwa minder sulit diatasi, sebaiknya anda mendengar dulu penjelasan saya.

Minder memang alami terjadi pada diri seseorang. Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang menjadi minder adalah karena faktor lingkungan. Dimana pada saat dia berada dalam lingkungan yang tidak suport terhadap sikap percaya diri, dia pun akan menjadi minder seperti orang-orang yang ada di sekitarnya.

Terlepas dari itu, apakah minder dapat diatasi?

Saya mengatakan, Iya bisa!, Diluar sana banyak sekali orang yang dulunya minder, pemalu, dan kurang percaya diri. Skarang mereka berhasil menjadi orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Dalam konteks yang terjadi pada diri kita saat ini, apakah minder kita bisa diatasi?. Semua tergantung pada diri kita, apakah kita mau merubahnya atau tidak. Kalau orang lain bisa mengapa kita tidak.

Bagaimana Cara Mengatasi Minder ?

Seperti judul diatas, disini saya akan membagikan tips kepada anda, bagaimana caranya agar anda bisa mengatasi rasa minder. Menjadi pribadi yang jauh lebih percaya diri dalam bergaul. Simak 10 tips berikut semoga bermanfaat.

1. Memiliki Niat yang Kuat

Segala sesuatu memang harus diawali dari niat. Bila tidak di dasari niat dan rasa kemauan yang tinggi, maka untuk bisa mengatasi minder akan terasa sulit. Tanamkan niat dulu barulah usaha anda dapat berjalan dengan lancar.

2. Menggali Kelebihan Diri

Jika anda sering merasa minder, bisa jadi dengan menggali kelebihan yang ada di dalam diri anda dapat menjadikan anda lebih percaya diri. Setiap orang sejatinya memiliki kelebihanya masing-masing, saya percaya anda pun juga memilikinya. Namun mungkin yang menjadi masalah anda saat ini adalah anda belum menemukanya. Jika anda bingung bagaimana cara menemukan kelebihan diri anda, silahkan baca artikel saya sebelumnya.

Baca Juga : 5 Cara Agar Menemukan Potensi Diri Sendiri

3. Fokus Pada Kelebihan yang Dimiliki

Jangan terlalu berlebihan dalam menilai diri sendiri. Terkadang kita terlalu merendahkan diri kita, seolah-oleh orang lain selalu lebih baik daripada kita. Ingatlah kita memiliki kelebihan, sama dengan orang lain, namun kelebihan kita mungkin berbeda. Jadi sebaiknya kita fokus saja dengan kelebihan kita, bila kita fokus maka kemampuan kita akan jauh semakin meningkat.

Tidak peduli dengan kekurangan yang di miliki, fokuslah kepada kelebihan. Terus berusaha optimalkan kemampuan yang di miliki, maka kita pun akan menjadi orang jauh lebih percaya diri.

Baca Juga : 6 Cara Melatih Fokus dan Konsentrasi dalam Diri

4. Jadilah Diri Anda Sendiri

Setelah anda menemukan potensi diri anda. Jadilah diri anda sendiri. Jangan mencoba meniru orang lain. Jangan berusaha menjadi orang lain. Memaksa diri seperti orang lain akan berdampak kurang baik pada sikap mental anda, sehingga dapat menjadikan anda menjadi semakin minder.

Baca Juga : 5 Cara Menjadi Diri Sendiri yang Apa Adanya

5. Mencontoh Orang yang Lebih Percaya Diri

Tips yang kelima ini adalah anda harus mencontoh orang yang sudah berhasil move on dari rasa mindernya. Salah satu orang yang sudah berhasil berubah dari minder ke percaya diri adalah Mario Teguh. Tentu anda pasti tahu beliau, yang mana kita tahu beliau adalah salah seorang motivator yang banyak memberikan pengaruh kepada banyak orang. Anda bisa menjadikanya sebagai motivasi anda untuk mengubah rasa minder yang anda alami.

6. Memperbaiki Penampilan

Kadang ada saja orang yang tidak memperhatikan penampilanya. Mungkin mereka menganggap penampilan tidak berpengaruh dalam tingkat kepercayaan diri seseorang. Perlu anda ketahui bahwa penampilan bisa menjadi salah satu aspek penting anda untuk menjadi pribadi yang percaya diri. Jadi perhatikanlah penampilan anda, berpakaianlah dengan rapi, cukur rambut supaya lebih rapi, kalau pakai celana usahakan menggunakan ikat pinggang, dan jangan lupa strika baju sebelum di pakai.

7. Temukan Teman yang Percaya Diri

Lingkungan dapat mempengaruhi diri seseorang. Dengan anda memilih teman yang baik dan percaya diri, maka anda pun akan menjadi percaya diri seperti mereka. Biasanya percaya diri itu bisa menular, oleh sebab itu pnting sekali untuk anda memilih lingkungan yang baik yang dapat mensuport anda menjadi pribadi yang percaya diri.

8. Ekspresikan Diri Anda

Jangan ragu untuk mengekspresikan diri. Lakukan apapun yang anda sukai selama itu adalah hal yang baik dan positif. Biasanya seseorang yang terus mengekspresikan dirinya, dia akan mudah dalam menemukan kelebihan terbaik yang dia miliki, sehingga rasa percaya dirinya pun akan tumbuh dengan sendirinya.

9. Selalu Berpikir Positif

Semua tindakan yang kita lakukan bersumber dari apa yang kita pikirkan. Semakin positif pikiran kita maka semakin baik tindakan kita, namun bila sebaliknya maka tindakan pun akan menjadi kurang baik. Tanamkan di dalam mindset anda bahwa anda mampu menjadi yang terbaik, jangan ragu mengatakan bahwa anda memiliki kemampuan. Teruslah berpikir positif, maka rasa percaya diri anda akan semakin meningkat.

10. Rajinlah Beribadah

Yang terakhir tidak lupa saya selalu menyelipkan hubungan antara kita dengan sang pencipta. Tips apapun tanpa kita melibatkan Tuhan di dalamnya, maka tidak akan memberikan dampak yang maksimal bagi diri kita.

Maka dari itu, perbanyak ilmu agama. Dekatkan diri kepada sang pencipta, insyaallah anda akan menjadi orang yang selalu bahagia, rendah diri, dan memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

Kesimpulan

Untuk menjadi pribadi yang percaya diri, semuanya harus dimulai dari diri anda terlebih dahulu. Jika anda meyakini tips diatas dapat berpengaruh bagi hidup anda, maka ia pun benar-benar akan berpengaruh bagi hidup anda. Namun bila anda tidak meyakini, maka ilmu apapun tidak akan pernah bisa berdampak bagi hidup anda. Harapan saya tips yang saya bagikan ini bukan hanya sebatas teori yang sekedar anda baca saja, melainkan sebuah teori yang harus segera anda praktikan di dalam hidup anda.

Demikian 10 Cara Mengatasi Minder dalam Pergaulan yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, semoga saja dapat memberikan manfaat bagi anda.

Apakah anda memiliki cara yang lebih efektif untuk mengatasi rasa minder dan meningkatkan kepercayaan diri? Silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *