Cara Mengatasi Grogi Saat Berbicara di Depan Umum

Cara mengatasi grogi saat berbicara di depan umum

Cara Mengatasi Grogi Saat Berbicara di Depan Umum – Saat kita berbicara di hadapan banyak orang, tanpa kita sadari mungkin kita pernah mengalami grogi.

Grogi ini sendiri sebenarnya wajar apabila terjadi pada diri kita. Ketika kita berada dalam kondisi tertentu yang mana tidak sama dengan biasanya, mungkin akan menyebabkan kita mengalaminya.

Pernahkah anda melihat seorang guru / pengajar yang terbiasa berbicara dengan lancer tanpa ada rasa gugup di depan siswa-siswinya?. Pada kondisi tertentu bila dia dihadapkan pada audiens yang berbeda, katakan saja masyarakat umum dan jajaran pemerintahan mungkin akan membuat dia menjadi berbeda dari biasanya, bisa saja dia akan merasa grogi.

Siapapun itu sebenarnya wajar-wajar saja apabila mengalami rasa grogi. Karena seperti yang sudah saya katakan tadi, bila dihadapkan pada kondisi yang berbeda, maka seseorang itu bisa-bisa saja menjadi gugup.

Bagaimana Cara Mengatasi Grogi Saat Berbicara di Depan Umum?

Rasa grogi sebenarnya tidak bisa dihilangkan, melainkan bisa dikurangi. Nah bagaimana cara kita menguranginya, simak penjelasan saya berikut ini.

Mengenal Sistem Saraf Simpatik dan Parasimpatik

Sistem sarap simpatik dan parasimpatik merupakan bagian dari system saraf otonom yang ada di dalam tubuh kita.

Sistem saraf simpatik bekerja pada saat kondisi kita sedang tidak tenang, misalkan ketika jantung berdegup kencang, Tekanan darah meningkat, dan Pernafasan semakin cepat.

Sedangkan system saraf parasimpatik adalah system saraf yang bekerja pada saat kondisi kita sedang tenang dan rileks. Sistem saraf ini cenderung membuat kita menjadi lebih santai dan nyaman.

Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa ketika kita mengalami rasa grogi saat berbicara di depan umum, maka yang bekerja adalah system saraf simpatik. Sedangkan ketika kita berada dalam kondisi tenang, maka yang bekerja adalah system saraf parasimpatik.

Jadi, bila kita ingin mengatasi rasa grogi di dalam diri kita, maka kita harus mengatasinya dengan cara mengaktifkan system saraf parasimpatik kita.

Bagaimana cara mengaktifkanya? anda bisa menerapkan beberapa tips berikut :

1. Memulai dengan Tersenyum

Setiap kali anda memulai public speaking, berusahalah untuk tersenyum. Percaya atau tidak, coba anda buktikan, pengaruhnya ternyata sangat besar. Bisa membuat diri menjadi lebih percaya diri, sehingga rasa grogi pun dapat teratasi.

2. Anggap Diri Anda Lebih Baik

Menganggap diri lebih baik yang saya maksud disini bukan untuk tujuan sombong ya. Jadi tujuan anda menganggap diri anda lebih baik daripada audiens adalah semata-mata untuk mengatasi rasa grogi itu sendiri.

Ingatlah, grogi akan sulit diatasi kalau anda masih saja merasa minder dan merasa diri lebih buruk dari yang lain. Satu langkah pasti untuk mengatasi grogi adalah dengan cara menumbuhkan rasa percaya diri dan meyakini bahwa anda lebih baik.

3. Bisa Karena Terbiasa

Ada sebuah ungkapan menarik yang berbunyi “Orang Bisa Karena Terbiasa”, Nampaknya ungkapan tersebut tepat sekali. Sesungguhnya kalau kita ingin benar-benar lancar berbicara di depan umum tanpa mengalami grogi, maka kita harus sering membiasakan diri kita berbicara di depan banyak orang. Bisa jadi hari ini audiens anda hanya 5 orang, besoknya ditambah 10 orang, 20 orang, dan seterusnya, maka anda pun akan benar-benar bisa mengatasi rasa grogi tersebut.

4. Jangan Terlalu Serius dan Tegang

Anggaplah kegiatan berbicara di depan umum sebagai hal yang menyenangkan. Jangan dianggap terlalu serius sehingga menyebabkan anda menjadi tegang. Anda cukup tenang saja berikan pembawaan yang santai, maka rasa grogi anda dapat anda atasi.

5. Nikmati Prosesnya

Berbicara di depan umum akan menjadi berat, apabila kita jarang melakukanya. Percayalah, kalau anda sering melakukanya dan anda sering mendapat suport dari audiens. Saya jamin anda pasti bakal ketagian berbicara di depan umum.

Nikmati saja prosesnya, jangan berharap terlalu cepat selesai, biarlah berjalan sesuai dengan waktunya, agar anda tidak tergesa-gesa dan grogi saat berbicara.

Demikianlah Cara Mengatasi Grogi Saat Berbicara di Depan Umum yang dapat saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda yang membacanya.

Apakah anda punya cara lain yang lebih efektif untuk mengatasi rasa grogi? Silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here