Cara Mengatasi BLANK Saat Berbicara di Depan Umum

Cara mengatasi blank saat berbicara di depan umum
sumber gambar : www.pexels.com

Cara Mengatasi BLANK Saat Berbicara di Depan Umum – Masalah umum yang terkadang dialami oleh seorang public speaker adalah BLANK. Blank adalah kondisi dimana seseorang lupa terhadap materi yang akan disampaikanya.

Bila anda mengalaminya, maka anda jangan khawatir. Disini saya akan memandu anda untuk mengatasinya.

Blank / Lupa pada saat melakukan public speaking merupakan suatu kewajaran. Kita adalah manusia biasa yang tidak luput dari salah dan lupa, jadi ya dimaklumi saja kalau sewaktu-waktu nge-bank saat berbicara di depan umum.

Bagaimana Mengatasi Blank Saat Public Sepaking?

Sebetulnya untuk mengatasi blank ini sendiri, ada dua cara yang bisa dilakukan. Yakni dengan melakukan antisipasi sebelum terjadinya blank dan antisipasi sesudah terjadinya blank.

Untuk antisipasi sebelum terjadinya blank, meliputi pematangan materi, jangan memikirkan kekurangan, dan menumbuhkan rasa percaya diri. Berikut akan saya uraikan lebih jelas lagi.

Pematangan Materi

Materi yang hendak anda sampaikan, harus benar-benar anda matangkan. Ingat jangan menghafal, tetapi pahami dengan baik. Karena kalau anda menghafal, itu bisa menjadi penyebab anda jadi lupa / blank.

Latihanlah sebanyak-banyaknya sebelum anda berbicara di depan umum. Dengan begitu, penguasaan anda terhadap materi yang akan anda sampaikan semakin baik.

Jangan Memikirkan Kekurangan

Setiap orang sejatinya memiliki kekurangan, begitupun dengan seorang pubic speaker. Sebaik-baiknya public speaker, pasti memiliki kekurangan juga. Jika anda merasa diri anda demikian, maka jangan terlalu di pikirkan. Karena kalau tidak, anda akan menjadi pesimis, ragu dan bisa-bisa anda BLANK saat berbicara di depan umum.

Tumbuhkan Rasa Percaya Dirimu

Kepercayaan terhadap diri sendiri menjadi penentu kesuksesan anda dalam public speaking. Sebaik-baiknya anda dalam berbicara, sepandai-pandai nya anda merangkai kata-kata, kalau anda tidak memiliki kepercayaan diri, maka anda tidak bisa sukses berbicara di depan umum.

Oleh sebab itu, sebelum anda tampil. Tanamkan kata-kata positif dalam diri anda, “saya bisa!, saya mampu, saya pasti berhasil” dengan begitu, setidaknya akan menjadikan diri anda lebih percaya diri, sehingga blank pun bisa anda hindari.

Kemudian yang selanjutnya, cara mengatasi blank ketika kondisi sudah terjadi itu bagaimana?

Ada dua tips yang bisa anda terapkan, pertama dengan melakukan improvisasi, kemudian yang kedua dengan mengajukan pertanyaan kepada audiens.

Melakukan Improvisasi

Improvisasi adalah melakukan sesuatu tanpa persiapan. Biasanya terjadi secara tiba-tiba dilihat dari kondisi dan keadaan.

Misalnya, anda tiba-tiba blank di depan umum. Maka anda harus berusaha berpikir keras untuk mencari topik lain yang bisa dibahas. Setidaknya ini dapat mengulur waktu, hingga anda dapat mengingat kembali materi yang anda lupa.

Tapi ingat!, jangan menunjukan sikap yang dapat membuat audiens berpikiran anda blank. Usahakan sebisa mungkin audiens anda tidak tahu kalau anda sebetulnya blank.

Memberikan Sebuah Pertanyaan

Langkah terkahir, bila memang Improvisasi sudah tidak mempan. Maka yang harus anda lakukan adalah mengajukan sebuah pertanyaan kepada audiens dengan gaya yang menarik dan santai.

Misalnya “teman-teman, disini saya akan menjelaskan 5 tips menjadi orang yang percaya diri, kira-kira ada yang tahu gak disini salah satunya apa?” Dengan anda mengajukan pertanyaan seperti itu, audiens anda akan merasa terpanggil untuk ikut serta dalam kegiatan public speaking anda. Dan kalau kebetulan jawaban audiens itu tepat, maka dapat membuat ingatan anda kembali.

Kesimpuan

Bagaimana? Apakah penjelasan saya diatas sudah cukup membantu anda dalam mengatasi BLANK saat presentasi atau berbicara di depan umum?, Jika iya maka saya ucapkan terimaksih, anda sudah berhasil mencerna dengan baik tulisan saya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dalam kehidupan anda sehari-hari.

Simak juga penjelasan saya dalam bentu video !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here