Cara Mengasah Kreativitas dalam diri

5 Cara Mengasah Kreativitas dalam Diri

Diposting pada

Untuk meningkatkan kreativitas dalam diri, nampaknya bukan hanya dibiarkan seperti air yang mengalir saja. Melainkan kreativitas harus di asah dan di pertajam agar mampu menciptakan suatu hal yang bernilai.

Ada banyak macam cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kreativitas dalam diri, kebetulan disini saya sudah merangkumnya dalam beberapa tips. Tips ini saya jelaskan dengan cara yang sederhana, insyaallah mudah untuk di pahami.

Sebelum anda lanjut kepada poin terpenting dari apa yang saya bahas, terlebih dulu anda harus tahu apa itu kreativitas dan mengapa kreatifitas itu sangat penting.

Apa itu Kreativitas ?

Menurut definisi, Kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru demi memberi ide kreatif dalam memecahkan suatu masalah. Kreativitas juga bisa menjadi kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan yang baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya.

Mengapa Kreativitas Sangat Penting ?

Jika anda bertanya mengapa kreativitas sangat penting, maka jawabanya sudah jelas. Kreativitas itu menjadi penting sebab dalam setiap inovasi terbaru yang dilakukan manusia dalam pengembangan produk dan lainya, semua membutuhkan kreativitas.

Hidup ini akan terus berubah, tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri. Kereativitas disini sebagai bentuk fleksible dari perubahan yang ada.

Bagaimana Cara Mengasah Kreativitas ?

Ini adalah poin yang paling penting, tentunya anda penasaran bukan?, kira-kira bagaimana cara mengasah kreativitas dalam diri. Untuk mengasah kreativitas dalam diri, anda bisa menyimaknya dalam beberapa poin yang saya jelaskan berikut.

1. Jangan Pernah Malas untuk Melakukan Sesuatu

Rasa malas terkadang bisa menjadi kendala dalam setiap langkah kita menjadi pribadi yang lebih kreatif. Katakan saja anda ingin menciptakan sebuah produk baru yang bernilai tinggi, namun satu kendala anda pada saat itu, anda sangatlah malas. Maka sudah pasti, jangankan 50%, untuk mencapai 10% pun anda tidak akan mampu mencapai sebuah progres.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rasa Malas yang berlebihan

2. Jangan Menyerah Bila Mendapat Masalah

Setiap kita melangkah, pasti akan ada banyak masalah yang akan kita temui, entah itu besar atau kecil, yang jelas pasti masalah itu akan menghampiri kita. Namun sebuah tindakan bijak yang harus dilakukan bukanlah menghindari masalah itu, melainkan menghadapi masalah itu.

Langkah kita menghadapi masalah itu adalah dengan cara “jangan pernah menyerah”. Selama kita belum berhenti untuk terus mencoba, maka kita belum bisa dikatakan gagal. Tetap berusaha menjadi pribadi yang kreatif dan jangan pernah menyerah.

3. Berpikir “Out of The Box”

Berpikir out of the box merupakan cara berpikir duluar dari kebiasaan orang biasanya. Menciptakan langkah baru, strategi baru, jalan yang baru, demi tercapainya suatu hal yang bernilai tinggi. Kita bisa memanfaatkan cara berpikir ini untuk lebih kreatif dalam menciptakan sesuatu.

Baca Juga : 5 Cara Berpikir yang Out of The Box

4. Berpikir Jauh Kedepan

Berpikir jauh kedepan, di mana kita melihat gambaran tentang peluang di masa depan. Ini sangatlah penting untuk meningkatkan kreativitas dalam diri. Dulu kita tidak mengenal internet, kini internet sudah menjadi kebutuhan penting di dalam hidup kita.

Dahulu pun internet mungkin hanya sebatas wacana dan pemikiran semata, namun berkat pemikiran yang jauh kedepan itu, akhirnya manusia mampu mengembangkan hingga sampai sebesar ini.

5. Jangan Terlalu Cepat Membuat Keputusan

Yang terakhir, dalam setiap keputusan yang akan diambil, berusahalah untuk berpikir terlebih dahulu. Apakah keputusan yang diambil akan berdampak baik atau buruk. Jangan mengandalkan ego, tapi lakukan analisis dengan cara yang lebih kreatif, maka saya yakin keretivitas di dalam diri anda akan semakin tajam.

Demikian artikel saya tentang 5 Cara Mengasah Kreativitas. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, Semoga saja ini bermanfaat untuk hidup anda semakin baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *