Cara menetapkan target agar tetap konsisten mengejarnya

Cara Menetapkan Target Agar Tetap Konsisten Mengejarnya

Diposting pada

Setiap orang perlu menetapkan target yang ingin dicapainya. Dengan adanya target maka hidup akan lebih terarah dan jelas. Pada postingan saya sebelumnya saya sudah membahas tentang tujuan hidup. Postingan itu sangat berkaitan dengan apa yang saya bahas kali ini, jika anda belum membacanya silahkan dibaca.

Baca Juga : Cara Menentukan Arah Tujuan Hidup

Sebenarnya kalau hanya menetapkan target sih mungkin itu sangat mudah. Namun menjalaninya secara konsisten, ini yang paling sulit. Saya pun merasa demikian, ketika saya mengatakan akan membuat blog, saya dengan mudahnya membuat blog. Saya cukup membeli domain dan hosting saja, blog saya pun sudah jadi.

Namun yang menjadi permasalahanya lagi, sejauh mana saya mampu konsisten mengisi postingan-postingan yang ada di blog saya.

Mungkin bila anda melihat arsip dari blog ini, dari pertama kali dibangun hingga sekarang. Postingan saya tidaklah serutin saat ini. Kalau sekarang saya berusaha mempostingnya minimal satu artikel dalam sehari. Dulu tidak demikian, saya sempat macet dan bahkan hampir tidak pernah posting artikel dalam sebulan.

Namun alhamdulillah berkat kemauan untuk belajar, maka saya pun menemukan formula yang baik agar bisa menentukan target dengan baik dan mampu menjalaninya dengan konsisten.

Bagaimana Cara Menetapkan Target Agar Tetap Konsisten Mengejarnya ?

Ada 5 tips yang bisa anda terapkan untuk menetapkan target dengan jelas supaya konsisten dalam mencapainya. Berikut adalah penjelasanya.

Tanyakan, Apa Motivasi Anda Membuat Target

Sebelum anda menetapkan target anda, sebaiknya anda pertanyakan dulu pada diri anda sendiri. Renungkan!, apa sebenarnya dasar anda dalam menetapkan target. Kira-kira motivasi anda apa. Bila sudah ada dasar dan motivasi, maka anda tidak akan pernah menyerah untuk menjalaninya walau kondisi anda sedang sulit.

Mulailah dari Target yang Kecil

Selanjutnya bila dasar sudah kuat, motivasi sudah ada. Maka mulailah untuk menentukan target anda. Menentukan target ga perlu muluk-muluk, cukup dimulai dari target yang kecil dan sederhana dulu. Asalkan target itu jelas dan mungkin untuk dicapai.

Seiring dengan berjalanya waktu, keberhasilan anda menjalani target yang kecil akan membawa anda untuk mampu menjalani target yang besar berikutnya.

Mulailah untuk Menuliskan Target Anda

Target tidak untuk disimpan dalam hati. Target haruslah ditulis. Mengapa? Sebab bila anda tidak menulisnya, anda tidak akan pernah memiliki patokan pasti yang bisa anda lihat untuk memompa motivasi anda setiap hari.

Kalau bisa, tulis dan pajanglah di tempat yang paling mudah anda temukan. Misalkan di tembok kamar, lemari, pintu dan lainya. Dengan begitu anda akan selalu ingat dengan target yang ingin anda capai.

Lakukan Evaluasi Terhadap Target Anda

Setelah membuat target, evaluasi hasil anda. Sejauh mana anda mencapai target anda. Apakah 10%, 20%, atau bahkan diatas 50%. Semuanya dapat anda lihat secara berkala, dan terus evaluasi sampai benar-benar target anda mencapai 100%.

Menerapkan Sistem Reward dan Punishment

Yang terakhir, bila anda sudah melakukan evaluasi, maka saatnya anda memberi reward dan punishment kepada diri anda sendiri. Reward adalah penghargaan, sedangkan punishment adalah hukuman.

Bila memang anda tidak bisa mencapai target, berikanlah hukuman kepada diri anda. Sedangkan bila anda berhasil mencapainya, berikan penghargaan kepada diri anda. Ini bertujuan agar anda terpacu untuk bergerak mencapai target yang ingin anda capai.

Demikian artikel saya tentang Cara Menetapkan Target Agar Tetap Konsisten Mengejarnya. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini, Semoga dapat memberikan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *