cara menentukan jurusan kuliah

10 Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Cocok dengan Kita

Diposting pada

Menentukan jurusan kuliah kadang menjadi kebimbangan bagi sebagian besar siwa siswi yang baru lulus SMA/SMK. Mereka terkadang bingung, mau masuk di universitas yang mana dan jurusan apa.

Hal ini tentu wajar sering dialami, sebab siswa siswi terkadang belum mengetahui potensinya lebih dalam.

Bahkan karena kebingungan ini lah, alhasil terkadang banyak siswa yang sering salah jurusan. Sampai-sampai harus mengulang lagi dan mengambil jurusan yang berbeda.

Hal ini tentu tidaklah baik, tidak semua pelajar memiliki orang tua yang mampu membiayai kuliah semau anaknya.

Maka dari itu, perlu yang namanya pertimbangan matang. Seorang siswa harus mengenal kemampuan/potensinya lebih dalam lagi.

Sekiranya ia sudah tahu potensinya, maka ketika sudah menjadi mahasiswa ia tidak akan merasa kesulitan dalam proses belajar, bahkan setelah lulus kuliah pun ia sudah sangat matang dan berkompetensi.

Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Cocok dengan Kita

Menurut publikasi ilmiah dari Educational Psychologist oIeh IDF (Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA,) ada sekitar 87% mahasiswa Indonesia yang salah jurusan. Data tersebut membuktikan bahwa kurangnya kepedulian siswa untuk menemukan potensi diri terlebih dulu sebelum menentukan jurusan yang tepat atau sesuai.

Berikut ini adalah 10 tips agar tepat dalam menentukan jurusan kuliah.

1. Pertimbangkan Biaya Kuliah

Biaya kuliah seringkali menjadi pertimbangan banyak siswa untuk melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi. Terlebih bagi calon mahasiswa yang merantau jauh dari orang tua, tentu banyak biaya yang harus dipikirkan.

Namun jangan sampai hal ini menjadi penghalang untuk untuk kuliah di jurusan yang di inginkan. Solusinya carilah kampus yang sekiranya sesuai kemampuan orang tua kita, atau kalau bisa cobalah jalur beasiswa.

2. Cari tahu passion kita

Passion selalu berkaitan dengan minat. Kedua hal ini akan sangat menentukan. Lantas bagaimana kita bisa mengetahui jurusan yang sesuai passion kita?, jawabanya sederhana.

Cobalah untuk mengingat dan menelaah diri sendiri, apa sekiranya bidang yang kita sukai dan kita tidak merasa lelah melakukanya. Bisa jadi itu adalah passion kita.

Selanjutnya jika kita sudah tahu bidang kita, cobalah untuk menentukan jurusan yang sekiranya mirip dengan bidang yang kita sukai. Maka itulah jurusan yang tepat bagi kita.

Baca juga : 6 Cara Menemukan Passion Kamu Yang Sebenarnya

3. Jangan memilih karena ikut teman

Kesalahan fatal calon mahasiswa dalam memilih jurusan kuliah adalah ketika dia ikut-ikutan atau karena gengsi. Hampir sebagian besar calon mahasiswa selalu melakukan kesalahan ini.

Padahal potensinya tidak sama dengan teman yang dia ikuti. Hanya karena ingin terlihat sama dan gengsi jika tidak mengambil jurusan itu, sehingga banyak diantara mereka yang seolah-olah membuang diri mereka sendiri, alhasil itulah yang menyebabkanya salah jurusan.

4. Konsultasi dengan senior

Agar kedepanya tidak salah jurusan, sebaiknya kita konsultasikan dulu dengan orang-orang yang lebih berpengalaman. Bisa saja itu senior SMA kita yang lebih dulu mengambil jurusan yang ingin kita ambil.

Dengan melakukan konsultasi ini, pemahaman kita terkait jurusan yang ingin di ambil akan bertambah, bahkan bisa menjadi bahan pertimbangan kita lebih lanjut.

5. Minta pendapat orang tua

Yang paling penting dalam mengambil kebijakan adalah restu dari orang tua. Meskipun orang tua kita mungkin pendidikanya lebih rendah dibanding kita, ya setidaknya mintalah pendapat mereka.

Terlebih lagi jika memang orang tua kita pendidikanya sangat tinggi, maka wajib bagi kita untuk meminta pendapat mereka.

Kita mungkin tidak tahu kalau mereka memiliki seorang teman yang juga dulu sempat kuliah di jurusan yang ingin kita masuki. Itu akan sangat berarti sebagai bahan pertimbangan kita.

6. Lihat peluang disekitar

Memahami peluang disekitar juga menjadi faktor penting dalam menentukan jurusan kuliah. Terkadang kita tidak begitu jeli memperhatikan hal ini. Tentu peluang disekitar akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kita di masa depan.

Jika jurusan yang kita ambil jarang diambil oleh teman disekitar kita, dan ternyata lulusan jurusan itu sangat dibutuhkan disana, maka itu adalah peluang terbaik kita yang harus diambil.

7. Perbanyak browsing dan membaca informasi

Jaman sekarang media informasi internet sangat mudah dingunakan, dan sangat sering digunakan oleh banyak orang untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Kita sebagai seorang calon mahasiswa harus peka terhadap hal ini. Cobalah untuk mencari informasi sebanyak mungkin di internet. Cari tahu detail tentang jurusan yang akan kita ambil, seperti apa prospek nya dan apakah sesuai dengan personal kita.

Langkah ini cenderung sangat mudah, tidak perlu keluar rumah. Hanya duduk diam dan browsing saja kita sudah bisa menemukan banyak informasi sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah.

8. Seleksi kualitas kampus

Kondisi kampus juga sangat menentukan jurusan kuliah yang akan kita ambil. Tidak semua kampus menyediakan semua jenis jurusan dan tidak semua kampus memiliki akreditasi jurusan yang baik.

Akreditasi jurusan dalam suatu kampus akan menentukan tingkat jaminan fasilitas serta kualitas dalam mengajarnya. Jadi jangan meremehkan kampus yang akan di pilih nantinya.

9. Persiapkan mental

Bukan hanya mental fisik berupa kesehatan saja yang harus dipersiapkan dalam memilih jurusan kuliah. Namun mental pikiran dan kesiapan niat yang baik juga sangat penting. Dengan begitu calon mahasiswa akan lebih matang dan siap dalam menjalani jurusan yang dipilih nantinya.

10. Jangan lupa berdoa

Yang terakhir ini merupaka poin yang paling penting, yakni berdoa kepada Tuhan. Mintalah kelapangan dada dan kejernihan pikiran dalam memilih jurusan kuliah, tentunya agar apa yang kita ambil itu sangat sesuai dan tepat dengan diri kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *