Cara Menentukan Arah Tujuan Hidup

Cara Menentukan Arah Tujuan Hidup

Diposting pada

Cara Menentukan Arah Tujuan Hidup – Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup. Tujuan kemana dia harus berjalan dan apa yang ingin diraihnya. Namun tidak semua orang memiliki tujuan hidup yang jelas. Kebanyakan dari mereka hanya memiliki tujuan yang abstrak dan masih belum jelas.

Misalkan gini contohnya, anda mengatakan “saya ingin sukses, saya ingin berhasil” pertanyaanya, anda ingin sukses di bidang apa dan berhasil dalam hal apa?. Ini harus dijabarkan secara jelas, agar anda dapat mencapai tujuan anda dengan baik.

Gambaran kecilnya seperti misalkan anda ingin memiliki smartphone seharga 3 juta. Anda menyisihkan uang anda setiap bulanya sebesar 5 ratus ribu, maka dalam waktu 6 bulan anda pun akan mampu membeli smartphone yang anda impikan.

Jadi intinya tujuan hidup itu harus jelas, terukur dan terarah. Banyak orang ingin berhasil dan sukses, namun tidak jelas itu dalam bidang apa. Mulailah dari sekarang untuk menentukan tujuan hidup anda dengan pasti agar anda mampu mencapainya dengan baik.

Bagaimana Cara Menentukan Arah Tujuan Hidup?

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika ingin menentukan arah tujuan di dalam hidup anda. Beberapa diantaranya sudah saya jelaskan dengan cara yang sederhana dan mudah di pahami. Silahkan disimak berikut ini.

Membuat Daftar Tujuan

Seperti halnya pada contoh yang sudah saya gambarkan diatas. Anda terlebih dahulu harus membuat sebuah daftar impian yang ingin anda capai.

Terserah itu untuk jangka panjang ataupun pendek semua tergantung diri anda. Tentukan secara spesifik, apa yang ingin anda capai dan berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk bisa mencapainya.

Semua harus anda tuliskan dengan baik. Sehingga dalam proses menggapainya dapat dilakukan dengan baik dan jelas.

Temukan Keahlian dalam Dirimu

Selanjutnya dalam menentukan tujuan hidup, anda juga harus mengetahui kelebihan yang anda miliki. Sebenarnya anda itu memiliki keahlian apa dan dibidang apa.

Sehingga dengan anda mengetahui itu, anda dapat lebih mudah menentukan arah tujuan yang ingin anda capai.

Baca Juga : 5 Cara Agar Menemukan Potensi Diri Sendiri

Menyusun Target dengan Kriteria SMART

Poin yang terakhir ini adalah yang paling penting. Anda harus menyusun target tujuan hidup anda dengan cara menggunakan kriteria SMART.

Apa itu Kriteria SMART ?

Keriteria SMART merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Archiveable, Realistic, dan Timely. Penjelasanya bisa anda baca sebagai berikut.

  • Specific : Anda harus membuat tujuan yang jelas, tidak abstrak dan mudah untuk dimengerti.
  • Measurable : Tujuan yang anda buat harus dapat di ukur. Dengan melakukan pengukuran, dapat memberikan bukti tentang apa yang sudah dicapai dan belum dicapai.
  • Archiveable : Tujuan anda harus dapat di capai. Jangan terlalu muluk-muluk dalam membuat tujuan, yang terpenting tujuan itu wajar dan bisa untuk dicapai.
  • Realistic : Tujuan anda haruslah masuk akal dan logis. Bukan hanya sebatas keinginan, namun juga dalam realnya itu logis untuk di capai.
  • Timely : Tujuan anda harus tepat waktu. Manfatkan waktu anda dengan baik, semakin anda tepat dalam mencapai tujuan, maka semakain banyak tujuan yang bisa anda dicapai.

Demikian artikel saya tentang Cara Menentukan Arah Tujuan Hidup. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya. Semoga inii dapat memberikan manfaat bagi anda sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *