5 Cara Agar Menemukan Potensi Diri Sendiri

Cara menemukan potensi diri

Cara Agar Menemukan Potensi Diri Sendiri – Pada tulisan kali ini saya akan  sharing kepada anda tentang bagaimana cara agar kita bisa menemukan potensi diri sendiri.

Sebelumnya anda mungkin sudah tahu bahwa setiap orang pasti memiliki kelebihan nya masing-masing. Namun yang menjadi masalah adalah terkadang seseorang itu tidak tahu potensi, bakat atau kelebihan yang sebenarnya ada di dalam dirinya.

Pada tulisan saya kali ini, saya bukan hanya sekedar membagikan informasi, namun lebih kepada mengajak anda semua untuk belajar menggali apa yang ada di dalam diri.

Tidak perlu berlama-lama, ada 5 cara menemukan potensi diri sendiri menurut saya. Apa saja itu? Berikut adalah poin-poinya :

1. Tanamkan Niat Terlebih Dahulu

Niat adalah modal dasar untuk merubah diri sendiri. Tanpa ada niat, maka akan sulit sekali untuk kita bergerak maju.

Ada banyak orang yang mungkin ingin sekali berubah, namun karena tidak didasari oleh niat yang pasti, maka semua hanya akan menjadi sebatas keinginan saja, bukan sebuah niat yang akan segera diwujudkan.

Dari sini kita bisa tahu bahwa peran niat tentu sangat urgen (penting). Yang mana, niat dijadikan sebagai motivasi dan juga dorongan kepada kita agar segera memulai menggali potensi di dalam diri sendiri.

2. Buat Komitmen dalam Diri

Selain niat, membuat komitmen di dalam diri juga sangat penting. Berkomitmen juga adalah bentuk usaha serius kita dalam menggali potensi diri sendiri.

Tetaplah optimis dengan komitmen yang ada, biarlah waktu dan juga proses yang akan membuktikan perubahan di dalam diri kita.

3. Segera Bereksperimen (Action)

Eksperimen disini lebih kepada tindakan/action. Tanpa adanya sebuah tindakan, maka segala hal yang kita harapkan tidak akan pernah menjadi nyata.

Selain itu, bereksperimen juga adalah bagian dari usaha kita mencoba banyak hal dalam menentukan potensi yang sesuai dengan diri kita.

Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu. Ketakutan dalam mencoba justru akan memenjarakan potensi yang sebenarnya ada di dalam diri kita. Potensi itu tidak akan bisa keluar tanpa adanya eksplorasi di dalam diri (bereksperimen).

4. Amati Diri Anda

Setelah melakukan banyak eksperimen, maka selanjutnya amati diri anda. Kira-kira dari semua hal yang pernah anda coba, yang manakah passion/potensi yang sesuai dengan diri anda.

Jika ada suatu hal yang sangat senang anda lakukan, walau anda tidak digaji oleh siapapun namun anda sangat senang sekali melakukan hal itu, maka bisa jadi itu merupakan potensi/bakat anda yang sebenarnya.

Jadi silahkan lakukan banyak hal dalam hidup anda, maka potensi anda akan muncul dengan sendirinya.

5. Asah Kemampuan Anda

Yang terakhir, apabila anda sudah menemukan potensi anda, maka saatnya untuk mengasahnya. Ibarat sebuah pisau, kalau tidak diasah maka pisau tersebut tidak akan tajam dan kuat.

Begitupun dengan bakat, walau anda sudah tahu bakat anda, namun kalau tidak pernah diasah, maka bakat tersebut tidak akan menjadi kekuatan yang hebat di dalam diri anda.

Lantas, bagaimana cara mengasah bakat?

Caranya adalah dengan melakukan repetisi atau pengulangan. Latih terus bakat anda dengan rutin melakukanya setiap minggu/ bahkan setiap hari.

Maka dengan usaha keras yang dilakukan secara terus-menerus dapat membuat potensi anda menjadi sangat baik.

Beberapa poin diatas merupakan bagian dasar yang harus dilakukan. Kemudian seterusnya anda bisa menerapkan dan mengembangkanya di dalam kehidupan anda sehari-hari.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca tulisan ini. Silahkan bagikan apabila menurut anda tulisan ini bisa memberikan kontribusi positif bagi banyak orang.

3 KOMENTAR

  1. Pengen bnget ngliat kmpuan diri sendiri d bidang olahraga. Apakah ada kemampuan sya d situ? Tpi untuk melakukan semua itu tidak ada perlengkapan yg memadahi. Temen temen gk mau semua d ajak main.

    Sya barus bgaimana??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here