5 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

5 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

5 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat – Kuliah membutuhkan banyak persiapan, bukan hanya persiapan ekonomi saja, namun persiapan mental dalam memilih jurusan kuliah yang tepat juga perlu diperhatikan.

Kadang banyak kita temukan siswa/siswi yang kebingungan dalam memilih jurusan kuliahnya, sehingga tak sedikit diantara mereka yang salah dalam memilih jurusan.

Nah supaya tidak salah dalam memilih jurusan, maka penting sekali untuk mempelajari segala aspek terkait jurusan yang ingin dipilih. Bila anda adalah orang yang saat ini terlanjur mengalami masalah salah jurusan, sebaiknya anda membaca artikel saya sebelumnya yang membahas tentang salah jurusan.

Baca Juga : Kuliah Salah Jurusan, Solusinya Gak Harus Pindah Kok

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat dan sesuai dengan apa yang ingin di capai. Beberapa tips itu dapat anda simak pada penjelasan berikut ini.

1. Pilihlah Jurusan Kuliah Yang Sesuai Dengan Passionmu

Langkah pertama, bila ingin memilih jurusan yang tepat adalah dengan cara melihat keselarasanya dengan passion. Apakah anda memiliki passion di bidang seni, maka sebaiknya anda masuk jurusan seni. Apakah anda memiliki passion di bidang olahraga, maka sebaiknya anda masuk jurusan olahraga. Apakah anda memiliki passion di bidang keagamaan, maka sebaiknya anda masuk jurusan agama, dan setererusnya.

Jadi intinya, jurusan yang akan anda ambil harus sesuai dengan bakat / passion anda. Dengan begitu ketika kuliah pun anda akan enjoy merasa happy dalam menjalaninya.

Baca Juga : 5 Cara Agar Menemukan Potensi Diri Sendiri

2. Pilihlah Jurusan Yang Memiliki Prospek Bagus

Ketika anda dihadapkan pada pilihan jurusan kuliah, ada banyak sekali jurusan yang bisa anda pilih. Mulai dari jurusan yang peminatnya seidikit sampai dengan jurusan yang peminatnya banyak.

Jurusan yang memiliki prospek bagus adalah jurusan yang kedepanya memiliki peluang baik untuk karier anda. Misalkan contohnya begini, di kampung anda minim sekali tenaga pendidik, jumlah gurunya sangat terbatas. Maka dengan melihat peluang itu bisa jadi anda kuliah jurusan pendidikan berpeluang besar menjadi salah satu guru dikampung anda nantinya.

Contoh diatas hanyalah sebuah gambaran saja, anda bisa memberikan gambaran yang lain sesuai dengan pekerjaan yang mungkin potensial di sekitar anda.

3. Pilihlah Jurusan Berdasarkan Rekomendasi Orang Berpengalaman

Kadang juga anda perlu mendengar nasehat orang lain, mereka adalah orang yang lebih berpengalaman. Biasanya mereka memiliki pengalaman yang bisa dijadikan pembelajaran bagi anda.

Jika anda saat ini masih bingung mau masuk jurusan apa, silahkan hubungi kerabat, saudara, atau teman anda yang lebih berpengalaman daripada anda. Saya yakin mereka pasti akan merekomendasikan anda jurusan kuliah yang tepat.

4. Pilihlah Jurusan Bukan Atas Dasar Paksaan Orang Lain

Walau anda sebelumnya memilih jurusan berdasarkan pendapat orang lain, tetap anda harus mengutamakan keseuaian dengan diri anda. Jangan sampai anda memaksa diri anda, padahal sejatinya anda tidak menyukai jurusan itu. Anda harus slektif dalam menerima saran dan masukan dari orang lain, pikirkanlah dengan matang.

5. Pilihlah Jurusan Sesuai Dengan Cita-Cita dan Impianmu

Yang terakhir, bila ingin memilih jurusan kuliah yang tepat. Lihatlah dari aspek cita-cita anda. Kira-kira harapan anda suatu hari nanti ingin jadi apa. Bila anda ingin menjadi seorang dokter maka masuklah jurusan kedokteran, bila anda ingin menjadi seorang guru maka masuklah jurusan pendidikan. Mulai saat ini anda harus menetapkan cita-cita dan impian anda.

Kesimpulan

Dalam dunia kerja persaingan begitu ketat. Seseorang dituntut untuk memiliki kompetensi yang memadai. Salah satu cara menjadikan diri lebih berkompten dalam sebuah bidang adalah dengan bersekolah.

Ketika seseorang salah dalam memilih jurusan kuliah, maka untuk dapat berkompetan dalam sebuah bidang pun akan terasa sulit. Jadi penting untuk memikirkan jurusan kuliah sedini mungkin.

Demikian 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here