Cara Memaafkan dan Melupakan Kesalahan Orang Lain dengan Ikhlas

Cara Memaafkan dan Melupakan Kesalahan Orang Lain dengan Ikhlas

Cara Memaafkan dan Melupakan Kesalahan Orang Lain dengan Ikhlas | Belajar untuk saling memaafkan tidak hanya pas lagi musim lebaran saja. Saling memaafkan itu bisa kapan saja, dan pada saat apa saja.

Termasuk juga pada saat ini, dimana anda sedang membaca artikel ini. Bisa jadi setelah anda membacanya, anda langsung mengimplementasikan tips yang diberikan. Sehingga anda mampu ikhlas memaafkan kesalahan orang lain.

Sahabat pembaca yang budiman, terkadang dalam hati mungkin sulit untuk memaafkan kesalahan orang lain, sesaat mungkin terasa sangat berat. Meski begitu, tak ada salahnya untuk kita mencari cara mengatasinya.

Saya yakin, bila kita tetap konsisten untuk berusaha mencari cara mengatasinya, tidak ada yang tidak mungkin, semua bisa terjadi, termasuk juga kita mampu ikhlas memaafkan kesalahan orang lain.

Nah, kebetulan disini saya akan membahas topik yang sesuai dengan permasalahan anda. Topik ini membahas tips bagaimana menjadi pribadi yang lebih ikhlas, mampu memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain.

Tips Memaafkan dan Melupakan Kesalahan Orang Lain dengan Ikhlas

1. Bayangkan Bila Anda Berada Pada Posisi Dia

Cara pertama yang saya akui sangat ampuh menjadikan diri lebih ikhlas dalam memaafkan kesalahan orang lain yakni dengan memposisikan diri sebagai orang lain.

Kita tahu manusia tidak ada yang sempurna, kadang kesalahan dilakukan tanpa disengaja, semua terjadi diluar kendali diri.

Coba anda bayangkan, jika anda yang melakukan kesalahan itu, kemudian orang lain tidak mau memaafkan anda, bagaimana perasaan anda, pastinya tidak mengenakan bukan?.

Makanya, kalau ada orang yang salah, maafkan saja. Toh juga tidak di maafkan pun tidak akan ada gunanya, malah itu hanya menambah beban anda saja.

Baca Juga : 5 Kutipan Motivasi yang Membuat Anda Semangat dalam Bekerja

2. Bayangkan Bila itu Adalah Saudara Anda

Masih berat memaafkan orang lain?, Coba deh anda bayangkan, yang melakukan kesalahan itu adalah keluarga anda. Mereka adalah orang-orang terdekat anda, saya yakin anda pasti akan merasa berat bila tidak memaafkanya, sehingga anda pun mau tidak mau akan berusaha ikhlas memaafkanya.

3. Saling Memaafkan Itu Berpahala

Dalam setiap agama, pasti diajarkan sikap pribadi yang ikhlas dan saling memaafkan. Jika anda merasa diri anda masih sulit memaafkan orang lain, saran saya dekatkanlah diri anda kepada Tuhan.

Belajarlah ilmu agama lebih dalam, saya yakin anda tidak akan merasa berat untuk memaafkan kesalahan orang lain, sebab memaafkan kesalahan orang lain adalah perbuatan yang berpahala.

4. Yakinlah Suatu Saat Anda Akan Membutuhkan Mereka

Merasa berat dalam memaafkan kesalahan orang lain itu wajar. Terlebih kesalahan yang dilakukan itu sangat fatal. Namun tetap kita harus berusaha memaafkan kesalahan orang lain. Sebab di dunia kita hidup bersosial, tidak ada yang tahu mungkin suatu saat nanti kita juga membutuhkan mereka. Jadi pertimbangkanlah dan berusahalah menjadi pribadi yang ikhlas.

5. Yakinlah ini Merupakan Bagian dari Proses Hidup

Perjalanan menelusuri kehidupan sangatlah panjang, semua penuh dengan tantangan. Masalah pasti akan selalu datang, tujuanya tentu untuk menguji kita, apakah kita mampu menjadi manusia kuat atau tidak.

Ujian tentang ke-ikhlasan disini juga termasuk bagian dari proses hidup, maka dari itu kita harus senantiasa menyikapinya dengan cara yang baik, agar di hadapan Sang Pencipta kita termasuk kategori manusia terbaik.

Baca Juga : Cara Memotivasi Diri Sendiri Saat Down

Demikian beberapa tips tentang cara memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain dengan ikhlas yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga apa yang anda baca ini, dapat memberi manfaat bagi kehidupan anda.

Apakah anda memiliki tips yang lebih efektif untuk menjadikan diri lebih ikhlas? Silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

9 KOMENTAR

  1. Tapi, kadang kala mash banyak yg egois. Pinginnya si salah harus sampe mohon”. Pdhal saling memafkan itu bagus bangt. Lagian gak boleh kalo bermusuhan atau diem”an sampe lewat 3 hari ….

  2. Ini sebenarnya sulit dipraktekkan, betul-betul dilaksanakan melupakan dan memaafkan secara tulus.., benar-benar hilang dari hati dan batin.
    Terlebih kesalahannya dilakukan secara berulang.

    Tapi kembali lagi kita wajib mengingat ajaran agama untuk selalu memaafkan kesalahan orang lain ke kita.
    Dari situ kita sadar kita tidak boleh menaruh dendam.

  3. Saya termasuk tipe memaafkan tapi tidak suka memberi kesempatan.
    Tapi, dengan adanya artikel ini.
    Aku jadi tersentak ya. 🙁
    Andai aku ada di posisi dia & tidak sengaja melakukan kesalahan. Lalu, berharap mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan.
    Padahal zaman sekolah juga diajari guru untuk memaafkan dan bersahabat lagi.

    Makasih kak. Aku mau memperbaiki sikap egoisku yang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here