Cara melatih fokus dan konsentrasi dalam diri

6 Cara Melatih Fokus dan Konsentrasi dalam Diri

Diposting pada

Cara Melatih Fokus dan Konsentrasi dalam Diri – Apakah anda adalah salah seorang yang memiliki masalah terhadap kekuatan fokus dan konsentrasi di dalam diri anda ?

Barangkali ketika anda sedang belajar dan bekerja anda sering mengalami susah fokus dan sulit berkonsentrasi. Jika iya, maka artikel ini mungkin tepat sekali untuk anda.

Saya disini akan membagikan beberapa tips kepada anda, agar anda bisa menjadi orang yang lebih fokus dan berkonsentrasi dalam melakukan hal apapun.

Penasaran dengan tipsnya?

Berikut Adalah 6 Tips Melatih Fokus dan Konsentrasi dalam Diri !!

1. Buatlah Tantangan Untuk Melatih Fokus dan Konsentrasi Anda

Mungkin pada saat anda sedang belajar ataupun bekerja anda sering mengalami susah fokus dan sulit dalam berkonsentrasi, maka cara yang pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan cara membuat sebuah tantangan.

Tantanganya seperti apa?

Jadi tantanganya adalah buatlah sebuah aturan dalam jangka waktu tertentu, anda bisa menentukanya sesuka hati anda. Misalkan selama 30 menit atau lebih, berusahalah pada waktu itu untuk tidak melakukan apapun selain dari apa yang ingin anda fokuskan.

Cara ini sangat sederhana, tentunya mudah untuk anda lakukan. Dengan begitu anda pun akan menjadi lebih fokus dalam melakukan pekerjaan anda.

Baca Juga : 7 Cara Manajemen Waktu Agar Hidup Lebih Produktif

2. Mendengarkan Suara Alunan Mendamaikan

Disaat kondisi sedang tidak stabil, biasanya dapat menyebabkan kita menjadi sulit berkonsentrasi. Untuk mengatasinya, anda bisa mendengarkan alunan musik yang mendamaikan.

Beberapa musik rekomendasi yang bisa anda dengar adalah motivational intrumental, Suara alam, Suara burung dan lain sebagainya. Intinya anda sesuaikan saja dengan kegemaran anda, kira-kira alunan musik apa yang lebih anda sukai untuk melatih konsentrasi anda.

3. Luangkan Waktu Untuk Meditasi

Bila memang anda sangat merasa kesulitan dalam berkonsentrasi dan fokus, maka cara yang ketiga ini mungkin bisa anda terapkan. Lakukanlah meditasi setidaknya selama satu jam. Latihan meditasi akan membuat pikiran menjadi frash, sehingga anda pun dapat menjadi lebih fokus dalam melakukan pekerjaan anda.

4. Atasi Stress Dalam Diri

Masalah yang sering menyebabkan seseorang sulit fokus dan berkonsentrasi adalah karena memiliki banyak pikiran (stress), entah itu masalah pribadi atau kelompok, semuanya bisa memberikan pengaruh kurang baik bagi diri seseorang.

Nah bila anda juga merasa demikian, sulit fokus dan konsentrasi karena stress yang anda alami. Bisa jadi dengan mengatasi stress itu sendiri dapat membuat anda menjadi lebih tenang. Temukan akar permasalahanya, kemudian atasi dengan cara yang baik.

Baca Juga : Cara Mengubah Stres Menjadi Energi Yang Positif

5. Hindari Multitasking

Multitasking adalah kegiatan melakukan sesuatu secara bersamaan. Misalkan ketika anda belajar anda melakukanya sambil main ponsel, chatingan dengan teman, nonton film dan yang lainya, maka itu disebut dengan multitasking.

Untuk bisa lebih fokus dan berkonsentrasi maka hindarilah mustitasking ini. Seperti yang sudah saya katakan pada poin pertama tadi, buatlah sebuah tantangan dimana anda tidak mengerjakan hal yang lain selain dari apa yang ingin anda fokuskan sesuai dengan waktu yang sudah anda tentukan.

Cara ini sangat ampuh untuk menjadikan diri anda lebih fokus dan berkonsentrasi. Silahkan anda implementasikan di dalam kehidupan anda, saya yakin anda pasti bisa.

6. Istirahat Yang Cukup

Yang terakhir ini juga harus anda perhatikan. Beristirahatlah yang cukup, ingatlah anda adalah manusia bukanlah sebuah robot, jadi anda membutuhkan istirahat.

Dengan beristirahat yang cukup anda mengembalikan energi dan tenaga tubuh anda. Sehingga ketika anda melakukan sebuah pekerjaan, anda pun akan siap dan mudah berkonsentrasi.

Kesimpulan

Semua tips yang sudah saya jelaskan diatas tidak akan memberikan dampak apa-apa bila anda hanya sekedar membacanya saja. Silahkan anda implementasikan dan buktikan sendiri dalam hidup anda, maka lihat apa yang akan terjadi. Saya yakin anda pasti akan menjadi orang yang lebih fokus dan berkonsentrasi.

Demikian 6 Cara Melatih Fokus dan Konsentrasi dalam Diri yang dapat saya sampaikan kepada anda. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Apakah anda punya cara lain yang lebih efektif untuk melatih fokus dan konsentrasi ?, Silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *